Update Harga Seng, Jenis, Fungsi, dan Keunggulannya

atap-rumah-harian

Ada banyak jenis material bangunan yang dibutuhkan dalam konstruksi, salah satunya adalah seng. Bagi Anda yang akan membangun rumah hunian, perlu mengetahui fungsi, jenis, dan harga seng sehingga dapat menyiapkan anggaran.

Harga Seng dan Jenis-Jenis Materialnya untuk Rumah

Sebelum membeli seng, ada baiknya Anda mengetahui 2 jenis seng yang sering dijual di pasaran.

1. Standing Seam

Standing seam atau sering disebut dengan atap datar merupakan jenis seng yang paling sering digunakan untuk bangunan modern. Hal ini dikarenakan desain dari jenis seng yang satu ini juga kekinian dan menyerupai material dari tanah liat.

2.Corrugated Sheet

Jenis yang satu ini lebih sering dikenal dengan istilah atap gelombang karena bentuknya bergelombang. Di Indonesia, jenis seng atap gelombang merupakan atap seng yang paling banyak digunakan. Pasalnya, harga seng jenis ini ternyata lebih terjangkau dan bentuk gelombangnya pun mudah untuk menutup bagian atap yang luas maupun sempit.

Fungsi, Kegunaan, Update Harga Seng Atap Gelombang

Pelindung Anti Korosi

Siang ini berfungsi sebagai pelindung anti korosi sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu puluhan tahun lamanya. Selain itu, seng ini juga menjadi bahan pelindung, jadi banyak orang yang menggunakan material seng untuk keperluan lainnya seperti untuk membuat pondokan kecil.

Penyerap Panas

Seng merupakan material yang bisa menyerap panas dengan baik. Meskipun fungsinya bisa menjadi penyejuk ruangan, tetapi Anda bisa mendapatkan harga seng terjangkau sesuai dengan budget yang dimiliki.

Perlu diketahui bahwa kemampuan daya serap panas material seng bisa mencapai 70%. Bahkan untuk beberapa jenis seng tertentu daya serapnya dapat mencapai 90%. Hal inilah yang membuat bangunan dengan atap seng tidak mudah panas serta membuat penghuninya merasa nyaman.

Baca Juga: Tips Renovasi Rumah Hemat Anggaran

Keunggulan Material Seng Untuk Atap Rumah

Jika Anda menggunakan seng sebagai material atap rumah ada beberapa keunggulan yang didapatkan antara lain sebagai berikut.

1. Daya Tahan Cukup Baik

Material seng memiliki daya tahan cukup baik karena merupakan salah satu jenis metal dengan tingkat korosi rendah. Jadi penggunaan material seng untuk atap hunian bisa tahan lama hingga puluhan tahun.

2. Fleksibel

Atap seng gelombang sangat mudah digunakan karena sifatnya yang fleksibel sehingga bisa mudah disesuaikan tanpa harus dipotong. Dengan begitu lembaran seng yang telah dipakai pun dapat digunakan di waktu mendatang jika dibutuhkan.

3. Harga Murah

Jika Anda ingin membangun rumah Anda juga perlu mengetahui cara menghitung harga seng sehingga dapat mempersiapkan anggaran. Kamu tidak perlu khawatir, karena salah satu keunggulan dari seng gelombang yaitu murah dari sisi harganya yang murah.

4. Mudah Didapatkan

Perlu diketahui bahwa seng gelombang sangat mudah didapatkan di berbagai toko bangunan. Bahkan di kota besar maupun kota kecil hingga pelosok desa sekalipun, tidak sulit untuk mendapatkan seng gelombang.

Berapa Harga Seng Gelombang Per Lembar?

Jika Anda ingin menghitung anggaran untuk membeli material seng atap rumah, Anda harus mengetahui berapa harga seng per lembarnya. Namun perlu digaris bawahi bahwa harga material seng gelombang dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasar, jenis, dan kualitasnya.

Untuk update harga seng terbaru per lembar seng gelombang standar 100 cm dengan ketebalan 0,25 mm yaitu Rp50.000. Harga satuan per lembar juga sesuai ketebalan seng yang dibeli. Untuk ketebalan seng paling tinggi yaitu 0,50 mm harga satuan per lembar yaitu Rp105.000.

Harga tersebut juga menyesuaikan dengan lebar seng. Semakin lebar ukuran seng, harga per lembarnya pun semakin tinggi. Meskipun demikian, harga setiap toko bangunan juga berbeda-beda.

Saat ini pemilihan material atap rumah dan pemasangan bisa diserahkan kepada tukang profesional. Kunjungi Suwun.co.id untuk mendapatkan jasa pemasangan seng rumah hunian sesuai dengan kebutuhan.

Anda juga akan mendapatkan rekomendasi harga seng terbaik dari ahlinya sehingga hasilnya optimal. Download juga Aplikasi Suwun di Play Store dan App Store untuk menikmati fitur lengkap dan kemudahan akses untuk mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan.

Artikel yang Direkomendasikan