Permasalahan Kerusakan Kulkas yang Sering Terjadi

jasa-service-kulkas

Apa saja permasalahan kerusakan kulkas yang sering terjadi? Simak di sini!

Rusaknya unit kulkas di rumah umumnya termasuk dalam kategori permasalahan paling tidak menyenangkan bagi para pemilik hunian. Peran kulkas bisa dibilang krusial mengingat fungsinya sebagai wadah menyegarkan sekaligus mendinginkan makanan khususnya minuman yang kita butuhkan sehari-harinya.

Baik itu pada bagian lemari penyimpanan atau freezer, sumber permasalahan kulkas biasanya ada pada bagian pipa yang bocor, tabung gas Freon yang terisi terlalu sedikit atau bahkan terlalu banyak, kumparan motor yang rawan korsleting, hingga kompresor yang bocor.

Penyebab umum yang disebutkan di atas berdampak pada jenis permasalahan pada kulkas berikut ini pembahasan permasalahan pada kulkas yang akan disertai dengan solusinya juga!

1. Kulkas Mati Total

Top 4 Reasons Your Fridge Might Be Leaking | Appliance Repair Coquitlam

Umumnya ini terjadi karena aliran listrik tidak dapat masuk pada komponen-komponen yang ada di dalam kulkas. Pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan kabel untuk memastikan mereka berfungsi dengan baik. Lebih baik lagi jika Anda memiliki Ohm Meter di rumah untuk menguji kelayakan fuse. Jika kedua hal ini sudah Anda lakukan dan masih tidak ada juga tanda-tanda kehidupan pada kulkas, segera konsultasikan masalah ini pada tenaga jasa profesional sebelum kerusakan menjadi semakin parah.

2. Chiller Tidak Dingin

Simak Ulasan GLITZMEDIA.CO Pada Produk Lemari Es Ini|Glitzmedia.co

Kadangkala, chiller yang tak dingin sangat merepotkan ya? Ternyata, penyebab utama masalah ini adalah karena timer dan heater yang tak berfungsi dengan baik. Masalah yang timbul tersebut dapat menyebabkan adanya penumpukan endapan kotoran sisa makanan hingga bunga es. Bila terus dibiarkan, lama kelamaan penumpukan endapan tersebut akan menyebabkan adanya penyumbatan dan kemudian merusak kulkas. Cara pertama untuk mengatasinya, cobalah bersihkan saluran udara khususnya pada bagian penghubung freezer dan chiller. Bila masih belum berhasil, lebih baik konsultasikan pada jasa servis profesional.

3. Freezer Dingin Tapi Tak Merata

Berapa Lama Ayam Bisa Disimpan dalam Kulkas? - kumparan.com

Salah satu kerusakan kulkas yang sering terjadi adalah freezer tidak berfungsi merata. Freezer kulkas yang dinginnya tak merata bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, karena refrigan yang tersumbat, kompresor rusak, kurangnya oli pada komponen utama, hingga kinerja kondensor yang tak maksimal. Tak hanya itu, kemungkinan lainnya seperti evaporator yang kotor atau bahkan suhu lingkungan yang terlalu tinggi pun bisa jadi penyebab timbulnya masalah ini. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Melihat berbagai kemungkinan yang ada, cobalah mulai dari memeriksa jalur refrigannya karena ini adalah elemen utama dari sebuah kulkas. Bila tak yakin dapat memperbaikinya sendiri, menghubungi jasa servis profesional selalu jadi cara penyelesaian terbaik.

Baca Juga: Cara Memilih Jasa Service Kulkas Terdekat

4. Kulkas Tidak Dingin

Safety-Sign-Indonesia-Kulkas-Lemari-Es-Kosong-Bikin-Boros-Listrik - Safety  Sign Indonesia

Kulkas yang tidak dingin memiliki banyak kemungkinan penyebab. Bisa berasal dari refrigran yang mengalami kebocoran, kerusakan kompresor karena tidak dapat dialiri oleh listrik secara layak, hingga rusaknya kapasitor. Solusi paling bijak adalah dengan menggunakan jasa profesional untuk melakukan pengecekan terhadap komponen-komponen pada kulkas berhubung kemungkinan penyebab yang disebutkan sebelumnya tergolong sensitif. Hal ini juga dapat menghindari kerusakan lebih jauh jika Anda, terutama yang awam dalam hal elektronik, turun tangan sendiri.

5. Pintu Kulkas Tak Tertutup Rapat

javanews.tv — JAVA NEWS TV

Masalah ini terkesan sepele ya? Tapi jangan pernah sepelekan hal ini lho karena ternyata akibatnya bisa cukup fatal bagi kulkas Anda! Permasalahan utamanya biasanya terletak pada karet pintu kulkas yang sobek atau sudah tak rata lagi bentuknya. Akibatnya, udara dingin di dalam kulkas tak maksimal karena bertukar dengan udara panas dari luar. Makanan di dalam kulkas jadi tak terawetkan dengan baik dan konsumsi listriknya pun makin boros deh! Cara mengatasinya? Tentu saja dengan mengganti karet pintunya dengan yang baru.

6. Mesin Kulkas Tidak Bekerja

Service Kulkas Surabaya - Segala Kerusakan dan Merk

Masalah kerusakan kulkas paling mengkhawatirkan ketika unit kulkas tidak bekerja sama sekali saat dicolokkan ke sumber listrik. Jika hal ini terjadi, Anda juga tidak akan dapat mendengar pergerakan motor pada mesin kulkas begitu juga dengan kompresornya. Cara terbaik untuk jenis kerusakan ini adalah dengan menggunakan tenaga profesional untuk melakukan pengecekan menyeluruh dan membantu Anda mencari dimana titik permasalahannya.

Itu dia 6 masalah umum kulkas yang sering kali terjadi. Semoga ulasan di atas bermanfaat untukmu. Yuk, cari jasa service kulkas di Suwun.co.id!

Artikel yang Direkomendasikan