Warna TV Dominan Merah dan Biru: Ini Penyebabnya

tv-merah-biru

Permasalahan warna TV yang hanya menampilkan dominan warna tertentu seperti merah, hijau, dan biru biasanya terjadi karena kerusakan pada RGB atau IC Croma. Jika warna TV dominan merah dan biru, maka bisa difokuskan untuk mengatasi Red (merah) dan Blue (biru) saja. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasan selengkapnya mengenai penyebab dan cara mengatasi warna TV yang dominan merah dan biru.

Cara Memperbaiki Warna TV Dominan Merah dan Biru

Mungkin bisa diatur dengan remote TV saja jika masalahnya hanya pada saturasi warna. Namun untuk TV yang tampilannya sudah merah dan biru secara keseluruhan, maka perlu tindakan lebih lanjut seperti berikut.

1. Menganalisis penyebab kerusakan

Anda mungkin perlu membongkar unit TV apabila warna tampilannya dominan merah dan biru yang terlihat di seluruh layar. Silahkan untuk cek pada matrix atau RGB. Caranya dengan mengukur tegangan mesin RGB pada setiap katoda R, G, dan B atau Anda bisa fokuskan pada bagian R dan B saja.

Tegangan katoda RGB masing-masing sekitar 125 VDC dan tegangan heater FBT mencapai Heater agar mesin RGB bekerja dengan baik. Jika tegangannya kurang, Anda bisa cek komponen sejalur karena mungkin ada transistor atau resistor yang rusak.

2. Mengatasi kerusakan matrix atau RGB

Apabila penyebabnya memang tegangan pada katoda R, G, dan B yang bermasalah, maka cara mengatasinya adalah mengganti komponen yang rusak pada bagian mesin tersebut. Anda bisa membeli komponen yang baru untuk mengganti komponen yang sudah rusak. Setelah di ganti, seharusnya masalah warna TV ini bisa teratasi dan TV dapat menyala dengan normal.

Baca Juga: Layanan Jasa Service TV Jakarta Barat

3. Warna TV dominan merah dan biru disebabkan IC Croma rusak

Jika hasil dari pengukuran tegangan katoda R,G, dan B tidak bermasalah, berarti Anda perlu langkah berikutnya yaitu mengecek bagian IC Croma. Caranya yaitu mengukur tegangan transistor penguat RGB. Tegangan pada transistor ini sekitar 4 VDC untuk dapat bekerja dengan baik.

Apabila ada salah satu transistor penguat yang tidak memiliki tegangan, Anda bisa mengecek komponen yang sejalur dengan transistor tersebut. Kalau memang ada yang rusak, berarti Anda harus menggantinya. Seandainya tidak ada komponen yang rusak, berarti yang bermasalah adalah bagian transistornya.

4. Mengatasi kerusakan IC Croma

Kalau hasil pengecekan ternyata transistor yang rusak, Anda dapat menggantinya dengan yang baru. TV pasti kembali normal dengan menampilkan jenis warna TV yang lengkap, merah, biru, dan hijau dengan benar. Pastikan bagian RGB dan IC Croma ini tidak bermasalah agar TV Anda kembali berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa langkah untuk memperbaiki warna TV dominan merah dan biru agar kembali normal. Lebih baik jika Anda mengganti 3 transistor sekalian meski yang rusak hanya pada satu warna saja. Hal ini bertujuan agar tidak muncul kerusakan yang sama setelahnya.

Jika hanya mengganti pada warna yang error saja, bisa saja akan muncul kerusakan pada warna lain. Anda tentu harus membongkar TV lagi dan menyita waktu untuk memperbaiki TV yang belum lama diperbaiki.

Bingung untuk memperbaiki TV yang rusak? Tenang, cari saja jasa tukang service TV di Suwun.co.id dan masukan jenis layanan atau jasa yang Anda butuhkan. Nanti akan ditampilkan beberapa pilihan jasa yang sesuai dengan pencarian yang sudah Anda masukan.

Download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur yang lebih lengkap!

Artikel yang Direkomendasikan