Referensi Biaya Service Backlight TV Led dan Penyebabnya

TV LED merupakan jenis tv yang banyak digunakan di zaman canggih seperti sekarang ini. Tak dapat dipungkiri memang jika TV ini mampu memiliki beberapa kecanggihan yang tak dimiliki TV jenis lain. Namun dalam urusan perawatan jenis ini pun sangat riskan karena jika tidak benar maka dapat menyebabkan kerusakan dengan biaya ganti backlight tv led yang begitu mahal.

Banyak kasus TV LED tidak memiliki gambar namun terdapat suara di dalamnya. Hal ini terjadi karena ada komponen TV yang berfungsi untuk mengganti cahaya fluorescent pada LCD TV. Jika komponen ini rusak maka menyebabkan TV tak mampu menampilkan gambar.

Penyebab Backlight TV LED Rusak

Ada beberapa Penyebab backlight TV LED mati yang sering ditemui mengapa TV LED mengalami kerusakan. Berikut salah satu penyebab yang juga mungkin dirasakan:

Tegangan TV

Penyebab pertama yang paling sering ditemui merusak backlight TV adalah tegangan. Seperti diketahui jika tenaga yang dihasilkan dari lampu LED ini membutuhkan tegangan untuk dapat menyuplai kinerjanya. Jika tegangan yang dialirkan tidak sesuai maka dapat menyebabkan kerusakan dan bahkan menyebabkan kematian.

Lampu LED sendiri setidaknya disupply oleh tegangan dengan kekuatan kisaran 135 volt. Kekurangan tegangan dapat menyebabkan komponen mengalami kerusakan hingga akhirnya berujung kematian.

Terputusnya Rangkai Seri

Penyebab kedua lampu backlight mati adalah terputusnya rangkaian seri. Seperti diketahui rangkaian seri merupakan rangkaian yang jika terjadi kematian di salah satu lampunya maka akan berakibat pada kematian secara keseluruhan rangkaian.

Komponen backlight sendiri terdiri atas 45 rangkaian lampu yang disusun secara seri. Jika satu lampu saja tak dapat menyala maka akan menyebabkan lampu lain tak bisa menyala. Pada saat backlight mati maka efeknya akan sangat berbahaya pada komponen TV Anda.

Lampu backlight berfungsi sebagai sumber cahaya pada panel. Otomatis jika sumbernya mati maka panel tidak akan mendapatkan cahaya sehingga gambar tidak akan bisa terlihat. Itulah sebabnya banyak bermunculan TV dengan suara tanpa adanya gambar.

Cara Mengatasi Backlight Mati

Jika keadaan tersebut terjadi maka Anda harus segera mengatasinya agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut. Caranya adalah dengan mengganti lampu tersebut melalui tukang service tv terpercaya. Pasalnya bagian yang rusak tak mungkin lagi digunakan dalam menghasilkan pencahayaan yang optimal sehingga Anda harus mengetahui Ciri Backlight TV LED rusak untuk mencari solusi terbaik.

Namun sebelum menggantinya Anda harus memastikan terlebih dahulu jika sumber utamanya berasal dari lampu LED tersebut. Ditakutkan jika kerusakan bukan dari bagian lampu hanya saja dianggap dari bagian lampu.

Baca juga: Warna TV Dominan Merah dan Biru: Ini Penyebabnya

Biaya Ganti Backlight TV Led yang Harus Diketahui

Setelah mengetahui penyebab backlight mati maka Anda juga harus mempertimbangkan cara memperbaikinya. Salah satunya adalah dengan membawa ke teknisi atau tukang untuk melakukan diagnosis apa yang sebetulnya terjadi. Perlu diketahui saat melakukan pengecekan ini maka Anda harus mempersiapkan biaya sekitar 50 hingga 75 ribu hanya untuk melakukan pengecekan.

Sementara biaya service backlight TV LED yang tidak ada gambar nantinya akan dikembalikan pada seberapa besar kerusakan yang terjadi serta merk dan ukuran tv yang Anda miliki.

Biaya Service Backlight TV LED

Saat ini kisaran biaya perbaikan TV LED tak bergambar bekisar dari 100 hingga 150 ribu untuk ukuran 19 inch. Sementara itu semakin tinggi ukurannya maka Biaya service TV LED LG layar gelap akan semakin besar. Diperkirakan untuk ukuran 42 inch maka Anda akan dikenai biaya lebih dari 300 ribu.

Biaya Ganti Backlight TV Led

Sementara biaya untuk penggantian komponen ini dibilang cukup tinggi. Untuk Harga lampu Backlight TV LED LG 32 INCH maka akan dikenai biaya 300 hingga 400 ribu. Sementara untuk ukuran paling besar yakni 42 inch akan dikenai harga 2 hingga 3 juta.

Setelah mengetahui biaya ganti backlight TV LED maka Anda harus mempertimbangkan jasa service yang sesuai dengan budget Anda. Jika membutuhkan referensi jasa service LED maupun TV, maka Anda dapat mengunjungi Suwun.co.id.

Suwun merupakan tempat terbaik untuk mencari segala macam jasa yang Anda butuhkan. Tinggal klik dan cari jasa yang Anda butuhkan, Anda akan mendapatkan rekomendasi jasa sesuai kategori dengan layanan terbaik. Yuk download aplikasi Suwun sekarang juga!

Artikel yang Direkomendasikan