Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Dan Berkilau

jasa-perawatan-rambut

Penasaran bagaimana tips merawat rambut agar tetap sehat? Yuk, simak langkahnya di sini!

Ada beragam cara merawat rambut agar sehat dan berkilau. Beberapa cara mudah yang bisa dilakukan tanpa harus ke salon, adalah dengan memilih produk perawatan rambut yang sesuai, menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik yang mendukung kesehatan rambut, serta menutrisi rambut dari dalam melalui asupan makanan sehat.

Rambut yang terlihat indah jika dilihat dari jauh belum tentu tanpa masalah. Karena seiring berjalannya waktu, rambut bisa saja menjadi kering, rontok, atau bercabang. Sinar matahari, iklim, dan polusi diduga berperan terhadap perubahan dan kerusakan rambut. Belum lagi pemakaian blow dry, pelurus atau catokan (flat iron), pengeriting, dan pewarna rambut. Yuk, simak berbagai cara merawat rambut agar mahkota Anda selalu sehat dan indah berikut ini.

Cara merawat rambut agar kuat, sehat, dan bersinar

Tips Merawat Rambut Menggunakan Strawberry Agar Tetap Terlihat Cantik dan  Sehat

Dengan usaha dan komitmen, Anda bisa menerapkan cara-cara merawat rambut agar sehat berikut ini :

1. Memotong ujung rambut secara rutin

Ujung rambut merupakan bagian yang paling rentan mengalami kerusakan. Jika Anda membiarkan bagian (ujung rambut yang rusak) itu tetap tumbuh, maka kemungkinan kerusakan juga bisa merambat ke bagian rambut lain (yang masih sehat).

Untuk mengatasi masalah ini, Anda disarankan untuk memotong ujung rambut secara rutin. Biasanya, waktu ideal untuk memotong ujung rambut adalah setiap 10-12 minggu sekali. Sedangkan, jika Anda sering menggunakan catokan waktu ideal memotongnya adalah setiap 6-8 minggu sekali.

2. Gunakan sampo yang cocok dengan rambut

Seperti kulit, rambut pun memiliki beragam jenis seperti berminyak, normal, atau kering. Pastikan Anda mencari produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan, bukan berdasarkan harga yang paling mahal. Selain itu, carilah produk yang tidak menggunakan zat berbahaya untuk helaian rambut Anda, seperti ammonium lauryl sulfat atau natrium/sodium lauryl sulfat. Anda bisa bereksperimen terkait seberapa sering untuk keramas karena tiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda.

3. Gunakan kondisioner untuk merawat rambut

Mengaplikasikan kondisioner penting agar rambut menjadi lebih lembut, bersinar, dan mudah disisir. Anda bisa mencoba kondisioner yang satu merek dengan sampo, atau malah dapat berbeda, tergantung pada kecocokan.Untuk mengaplikasikan kondisioner, Anda bisa menerapkan cara berikut:

a. Setelah bersampo, takarkan kondisioner sesuai rekomendasi kemasan

b. Sebarkan merata di ujung rambut. Jika Anda memiliki rambut panjang, sebarkan dari tengah ke bawah. Jangan oleskan kondisioner ke kulit kepala.

c. Anda bisa menggunakan sisir di ujung rambut untuk meratakan kondisioner.

d. Tunggu selama 1-3 menit, kemudian bilas rambut dan keringkan.

Seperti sampo, kebutuhan untuk mengaplikaskan kondisioner akan berbeda bagi masing-masing individu.

4. Jangan berlebihan dalam melakukan perawatan

Saat rambut basah, rambut cenderung rapuh. Dengan demikian, Anda disarankan, saat mengeringkannya dengan handuk, lakukanlah dengan lembut. Rambut yang basah juga sebaiknya tidak disisir berlebihan. Begitu pula saat menggunakan produk perawatan rambut, seperti sampo. Prinsipnya yakni “less is more”, atau secukupnya dan tak berlebihan.

Baca Juga: Tips Memilih Jasa Tukang Bangunan Borongan dan Harian

5. Batasi catokan dan pengering rambut

Memang rasanya sulit untuk tidak menggunakan catokan ataupun pengering rambut. Namun menggunakan alat-alat tersebut dapat melemahkan rambut, terutama bagi Anda dengan rambut yang halus, kering, dan rapuh. Jika Anda menggunakan pengering rambut, para ahli menyarankan agar alat tersebut berjarak sekitar 15 cm dari permukaan rambut. Senantiasa gerakkan pengering dan jangan terkonsentrasi pada satu titik.

Hindari penggunaan catokan atau pengering rambut setiap hari. Anda bisa membatasi penggunaan alat-alat tersebut 2-3 kali dalam seminggu, untuk memulihkan kekuatan rambut setelah dicatok. Sementara itu, jika ingin mewarnai rambut, Anda disarankan untuk memilih shade yang masih dekat dengan warna rambut.

6. Perhatikan Makanan dan vitamin rambut

Apa yang Anda konsumsi juga berpengaruh terhadap kesehatan dan keindahan rambut. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sarat protein (telur, susu, kacang, ikan, unggas, daging), zat besi (kacang-kacangan, kerang, tiram, biji labu, bayam), asam lemak omega-3 (salmon, sarden, keju, yoghurt). Anda juga bisa mengonsumsi suplemen biotin untuk membantu mengurangi atau mencegah kerontokan rambut.

Perawatan rambut di malam hari - MerahPutih

Selain mempraktikkan berbagai cara merawat rambut di atas, akan lebih sempurna jika Anda berkonsultasi ke dokter untuk membantu merawat rambut agar tetap indah dan sehat. Terlebih jika Anda memiliki keluhan terkait kesehatan rambut.

Yuk, cari jasa perawatan rambut di Suwun!

Artikel yang Direkomendasikan