Tips Memilih Pemandu Wisata Berkualitas

jasa-pemandu-wisata

Berlibur ke tempat asing mungkin menyulitkan. Karena kamu tidak kenal dengan tempat, merasa tidak familiar dengan penduduknya, serta mungkin saja tidak mengerti bahasa lokal yang digunakan. Alhasil menggunakan pemandu wisata menjadi salah satu solusi yang paling sering digunakan. Tapi untuk itu, kamu harus tahu kriteria memilih pemandu wisata yang tepat, untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan saat melakukan perjalanan.

Bagi banyak wisatawan, menyewa pemandu wisata pribadi adalah sebuah kemewahan. Dengan panduan yang baik, kamu akan belajar dan juga melihat hal-hal baru yang tidak kamu temukan baik di internet atau buku.

Tentu saja ongkos yang harus kamu keluarkan untuk jasa seorang guide pribadi akan sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan. Agar hal itu tidak terjadi, berikut beberapa tips memilih tour guide berikut ini.

1. Memilih agen travel profesional

Tips memilih tour guide  yang pertama adalah profesional. Pemandu wisata profesional punya keterampilan komunikasi yang baik dan mengetahui destinasi yang akan dikunjungi secara detail. Sahabat bisa meminta rekomendasi dari teman atau keluarga untuk mendapatkan agen travel yang profesional. Agen travel profesional tak hanya mengejar transaksi sekali saja, tapi juga membangun hubungan jangka panjang dengan klien.

2. Gunakan pemandu yang tersedia di tempat wisata

Banyak museum dan landmark di dunia menawarkan tur pribadi yang dipimpin oleh pemandu dengan pengetahuan luas tentang atraksi obyek-obyek tersebut.

Biasanya para pemandu harus melewati serangkaian pelatihan sebelum akhirnya bertugas. Merekrut salah satu dari mereka adalah pilihan terbaik saat kamu ingin lebih dalam mengenal situs-situs tertentu.

3. Bersikap Sopan dan Santun

Dari tutur kata dan tingkah pola, pemandu wisata harus mampu menunjukkan pembawaan yang sopan. Untuk itu pilihlah pemandu wisata yang mampu memperlakukan tamunya sesuai dengan adat dan istiadat serta norma-norma umum yang berlaku. Hal ini berguna agar kamu dapat merasa aman dan nyaman, sehingga perjalanan pun terasa lebih menyenangkan.

4. Berwawasan luas

Memiliki wawasan yang luas terkait tempat seperti sejarah maupun budaya adalah salah satu kemampuan yang harus pemandu wisata miliki. Sebab dengan mengetahui hal ini, mereka dapat memuaskan keingintahuan tamu yang diantar. Kamu bisa mengetahuinya dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi sebelum melakukan reservasi.

5. Cari pemandu wisata dari agen travel dengan jaringan luas

Agen travel dengan jaringan luas menunjukkan bahwa mereka benar-benar kredibel. Pastikan Sahabat memilih agen travel yang punya koneksi dengan industri pariwisata seperti asosiasi agen travel, jaringan hotel, operator tempat wisata, jasa rental kendaraan, kapal pesiar, dan maskapai penerbangan.

6. Jangan tergoda harga miring

Persaingan menyebabkan agen travel berusaha menawarkan harga murah dan berbagai promo. Tetapi Sahabat jangan buru-buru tergoda dengan tawaran paket murah. Perhatikan dengan teliti rincian paket meliputi transportasi, logistik, akomodasi, lama perjalanan, dan tempat-tempat yang didatangi. Yang paling penting, fasilitas memadai dan tidak menyusahkan.

7. Kenali apa kebutuhkanmu

Sebelum mencari tour guide, sebaiknya identifikasi kebutuhanmu terlebih dahulu. Apakah ingin melihat landmark populer? Atau punya minat khusus pada sejarah? Bagaimana dengan atraksi seni, fotografi dan kuliner/makanan?.

Ada banyak pemandu yang memiliki keahlian seperti yang kamu butuhkan. Luangkan sedikit waktu untuk menemukan mereka. Jika benar-benar ingin mencari pemandu yang potensial, lebih spesifik tentang apa yang diinginkan dari suatu tur akan sangat berguna.

Demikian tips memilih pemandu wisata demi kenyamanan dan keamanan serta kepuasan Anda selama berwisata. Utamakan Anda teliti sebelum memilih, agar tidak menyesal kemudian.

Booking jasa Pemandu Wisata untuk Liburan Anda melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan