Cara Mengatasi Laptop dan PC Lambat atau Lemot

jasa-service-laptop

Cara mengatasi laptop lemot bisa dilakukan dengan para jasa tukang service PC. Yuk, simak di sini!

Perangkat elektronik seperti komputer, laptop dan handphone telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar kalangan. Komputer dan laptop terutama lebih dibutuhkan, mengingat kepraktisan penggunaan dan fungsinya secara lengkap. Bagi kaum pekerja hingga anak sekolah dan kuliahan, komputer dan laptop adalah wadah untuk mengerjakan segala tugas-tugas.

Tapi, laptop atau PC yang digunakan setiap hari performanya perlahan akan semakin menurun alias jadi lemot. Menggunakan laptop atau PC yang lemot juga lama-lama akan semakin menjengkelkan, apalagi jika sedang dikejar deadline.

Umumnya, cara mengatasi komputer lemot bisa dengan cara menyesuaikan software yang diinstall dengan spesifikasi hardware yang terpasang. Anda juga dapat menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai, memasang anti-virus, memperhatikan kebersihan perangkat hardware dan sebagainya.

Sebagai solusi ada beberapa cara mengatasi laptop atau PC lemot dengan mudah yang bisa Anda coba. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Perbarui Aplikasi dan Sistema Operasi

Cara mengatasi laptop lemot bisa dilakukan dengan selalu update aplikasi dan sistem operasi yang ada di laptop atau PC kalian. Karena, sistem yang selalu up-to-date tidak hanya membuat laptop kalian lebih aman tapi juga membuat performa menjai lebih cepat.

2. Bersihkan Komputer dari Virus atau Malware

Salah satu penyebab kinerja komputer menjadi lemot biasanya karena komputer Anda mengandung virus atau malware. Serangan virus atau malware yang tidak disadari dapat memberatkan perangkat komputer yang Anda gunakan. Jenis virus dan malware juga sangat banyak jenisnya.

Cara mengatasi komputer lemot akibat virus atau malware yang paling cepat dan praktis dengan menginstal program anti virus pada perangkat yang Anda miliki. Program anti virus yang tersedia sangat beragam, baik yang berbayar maupun yang gratis.

Sebagai rekomendasi, Anda dapat menggunakan anti-virus dengan reputasi yang cukup bagus seperti Avast, Kaspersky, ESET NOD dan lainnya. Lebih disarankan bagi Anda untuk menggunakan program anti virus berbayar untuk hasil proteksi yang maksimal.

3. Hapus file pada folder temp secara rutin

File yang ada di folder temp merupakan hasil dari ekstrak aplikasi atau besar editing desain menggunakan aplikasi tertentu. Seringkali pengguna laptop lupa jika di dalam laptop yang ia gunakan ada file ini. File temp ini biasanya akan tersimpan otomatis, dan jika tidak rutin dihapus bisa menumpuk dan menyebabkan memori pada laptop berkurang.

Semakin banyak memory yang digunakan maka semakin besar juga risiko laptop menjadi lemot. Untuk itu Anda bisa menghapus file tersebut secara berkala sebagai salah satu cara mangatasi laptop lemot windows 10. Berikut ini langkah-langkah untuk menghapus file temp tersebut:

  • Tekan tombol Windows + R.
  • Ketik %temp%, lalu enter.
  • Tekan tombol kombinasi CTRL + A.
  • Terakhir, klik Shift + Del untuk menghapus file-file tersebut.

4. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Kadang kita sering mengunduh aplikasi yang jarang digunakan tanpa menyadari kalau aplikasi tersebut memakan banyak tempat di harddisk. Untuk melihat aplikasi apa saja yang ada di laptop kalian dan ukurannya, kalian bisa ke Control Panel > Programs > Programs and Features.

5. Batasi Aplikasi saat Startup

Laptop kalian kadang menjadi lemot saat dihidupkan karena beberapa aplikasi selalu menjalankan proses terpisah saat laptop dihidupkan. Untuk membatasi aplikasi apa saja yang bisa berjalan saat startup, kalian bisa buka Task Manager dan klik tab Startup. Di sini kalian bisa melihat aplikasi apa saja yang berjalan saat startup dan bagaimana dampaknya terhadap performa laptop.

6. Non-Aktifkan Visual Effect Pada Komputer

Pada Windows, visual effect berfungsi untuk mempercantik tampilan komputer ketika sedang dijalankan agar lebih nyaman dipandang. Terdapat cukup banyak visual effect pada Windows 10, yang sebenarnya malah memakan cukup banyak performa CPU komputer Anda.

Cara mengatasi komputer lemot yang selanjutnya dengan mengurangi beberapa penggunaan visual effect tersebut. Caranya, Anda bisa masuk ke Control Panel, klik System & Security, pilih System, pilih Advanced System Setting, lalu pilih tab Performance. Setelah masuk, Anda tinggal memilih opsi yang mengatur visual effect tersebut, lalu restart komputer Anda.

7. Ganti Pengaturan Baterai

Cara mengatasi laptop lemot bisa dilakukan dengan menghemat baterai dan listrik, ini tentu bukan pilihan yang tepat tapi bisa meningkatkan performa laptop kalian dengan instan. Caranya masuk ke Control Panel > System and Security > Power Options.

Setelah itu klik tanda panah di sebelah kanan untuk menampilkan “additional plans” dan pilih opsi High Performance.

8. Update Windows Secara Berkala

Program Microsoft pada umumnya perlu mengalami upgrade agar performa kerjanya tetap maksimal. Karena, dalam setiap tipenya terdapat bug yang tetap perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Mengupgrade system Windows pada komputer Anda dapat membuat beberapa bug secara otomatis diperbaiki. Cara mengatasi komputer lemot selanjutnya adalah dengan rutin mengupdate Windows 10 Anda, guna menjaga performa komputer agar tetap berfungsi dengan makasimal.

Booking jasa Service atau Perbaikan Komputer/PC melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan