Tips Mendesain Kamar Tidur agar Tampak Lebih Nyaman

jasa-tukang-bangunan

Tips mendesain kamar dilakukan supaya ruangan lebih nyaman. Yuk, simak informasi lengkapnya di sini!

Desain interior kamar tidur memang perlu mempertimbangkan semua pilihan guna memberikan kenyamanan kepada penghuni. Kamar tidur sendiri merupakan tempat yang sangat pribadi. Di sinilah kita bisa dan biasa melakukan berbagai aktivitas yang pribadi sifatnya.

Tidak hanya itu, di kamar tidur kita juga bisa mendapatkan kenyamanan dan kesegaran setelah lelah melakukan berbagai aktivitas kehidupan. Selain memerlukan kecermatan dan ketelitian, desain interior kamar tidur juga membutuhkan naluri dan jiwa seni tersendiri. Namun, itu sangat tergantung dari referensi dan selera yang dimiliki oleh masing-masing orang.

Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendesain dan menata kamar tidur Anda agar tampak lebih indah, tertata, dan membuat nyaman penghuninya :

1. Tentukan tema dan gaya kepribadian

Tema yang Anda pilih dalam mendesain interior kamar tidur akan menentukan gaya kepribagian Anda. Jadi, berhati-hatilah dalam mempertimbangkan desain kamar tidur sederhana dan murah agar tetap sesuai kaidah desain yang Anda pilih. Berikut ada beberapa pilihan gaya interior kamar tidur yang dapat Anda pertimbangkan, contoh nya seperti : Minimalisme Scandinavian, Keceriaan Eklektik, Inspirasi Retro, Tradisional Rustic, Kesederhanaan Midcentury, Pesona Asia

2. Pemilihan warna cat dinding

Satu hal yang perlu diingat adalah pemilihan warna, mengingat ada atmosfer ketenangan dan relaksasi sesuai fungsi ruangan sebagai ruang untuk beristirahat. Sangat mungkin warna favorit kita tidak sesuai untuk desain kamar tidur idaman, apalagi kita menyukai warna pink, kuning terang, hijau pupus, atau warna-warna ngejreng lainnya. Alangkah baiknya bila warna yang dipilih adalah warna-warna netral seperti abu-abu, putih, atau beige.

Bila tidak punya banyak waktu untuk mengganti warna cat dinding, cara simpel lainnya untuk mengupdate desain kamar tidur adalah dengan memasang kertas dinding alias wallpaper.

3. Perhatikan ventilasi dan jendela

Ventilasi tidak hanya untuk aksesori namun juga memiliki fungsi untuk kesehatan mental dan fisik. Ventilasi yang baik akan memudahkan sirkulasi udara bisa dengan lancar masuk dan keluar. Ini akan membawa dampak yang postif bagi kesehatan. Demikian halnya dengan jendela kamar tidur. Untuk lebih menambah nilai keindahan, Anda bisa menghiasi jendela dengan tirai. Warna putih dan krem bisa menjadi pilihan warna yang tepat karena bisa mewakili gaya modern ataupun klasik.

4. Tips Mendesain Kamar Tidur dengan foto atau gambar

Foto orang-orang tercinta, tempat wisata yang pernah dikunjungi, atau gambar cocok sebagai hiasan kamar tidur. Untuk menciptakan atmosfer tenang dan tidur yang lebih nyenyak, sebaiknya foto menampilkan suasana yang tenang juga. Lebih baik lagi bila dicetak dengan warna lembut, monokrom, atau hitam putih.

Demikian juga dengan gambar. Obyek dalam foto atau gambar sebaiknya tunggal dan tidak menunjukkan aktivitas yang sangat aktif. Selain itu, frame atau bingkai juga perlu diperhatikan. Bentuk frame sebaiknya lurus dan simpel, tidak terlalu banyak detil pada tepiannya.

Untuk kamar tidur sebaiknya gambar atau foto yang dipasang tidak terlalu banyak agar suasana tenang tetap terjaga.

5. Tips Mendesain Kamar Tidur dengan Sentuhan pada Langit-langit

Langit-langit tinggi berlapis panel kayu menonjolkan desain kamar tidur sempit yang indah ini sehingga terlihat lebih lapang. Sekali lagi, warna putih pada dinding dan tempat tidur memberikan suasana menenangkan dan mengundang sehingga tidak mengalihkan perhatian dari pemandangan di luar.

Anda bahkan bisa memaksimalkan atap joglo dengan mendesain langit-langit dengan lapisan panel kayu yang cantik. Trik ini akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda karena kenyamanan yang ditawarkan oleh desain kamar tidur unik ini.

6. Cahaya bikin desain kamar tidur tampil beda

Cahaya adalah elemen penting untuk segala jenis ruangan. Namun unsur ini menjadi sangat penting bila kita hendak menciptakan desain kamar tidur yang mengundang dan menenangkan.

Meletakkan lampu di samping tempat tidur sudah biasa dilakukan. Biasanya lampu ini diletakkan di atas nakas atau meja samping tempat tidur. Bila ingin sesuatu yang beda, kita bisa mencari alternatif lain seperti lampu yang digantung di samping tempat tidur seperti contoh. Atau bisa juga lampu tempel dinding yang saat ini tersedia dalam beragam pilihan bentuk dan warna.

Sebaiknya pilih lampu yang tidak memancarkan cahaya menyilaukan, agar penghuni kamar tidak sulit memulai tidur. Warna bisa disesuaikan dengan warna kesukaan si penghuni kamar tidur. Sedangkan untuk lampu tempel dinding warna-warni cocok untuk kamar tidur anak atau mereka yang berjiwa muda.

7. Gunakan pengulangan pola

Trik untuk mengakali desain kamar tidur sempit adalah menggunakan pengulangan pola (repetitive pattern). Seperti pada gambar di atas, Anda bisa memasang wallpaper  berpola chevron dan mengulangi pola dan warna yang sama pada sarung bantal dan selimut atau elemen dekoratif lainnya. Keren, bukan?

8. Desain kamar tidur lebih cantik dengan sedikit barang

Ini bukan lantaran terinsipirasi gaya minimalis yang sedang kekinian. Saat hendak pergi tidur kita harus dalam kondisi tidak memikirkan apa-apa. Bahkan ujaran pada diri sendiri untuk segera memejamkan mata pun sebaiknya tidak. Yang kita lakukan adalah pergi tidur begitu saja.

Ini mungkin tidak akan bisa kita lakukan bila kamar tidur kita terlalu penuh dengan barang. Ada buku-buku, pakaian berserakan, atau tas kantor yang bergeletakan. Bisa-bisa kita tidak jadi mengantuk karena mendadak teringat pekerjaan yang belum selesai. Oleh karena itu, menjaga kerapian kamar tidur itu penting.

Namun ada juga hal lain yang lebih penting, yaitu mengurangi jumlah barang yang diletakkan di kamar tidur. Kursi atau karpet lama masih bisa digunakan lagi bila sudah dicuci agar warnanya yang tertutup debu dan kotoran muncul kembali.

Mengganti kain pelapis kursi juga bisa dilakukan agar tampilan desain kamar tidur juga terlihat baru. Jika ingin cara yang lebih ekonomis, kita bisa letakkan kain polos atau bermotif sebagai aksen sederhana. 

Berikut beberapa tips untuk mendesain kamar tidur yang super nyaman yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat, ya!

Booking jasa Desain Interior untuk Rumah/Kantor/Ruangan Anda melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan