7 Tips Renovasi Rumah Kecil Agar Bisa Terlihat Lebih Luas

renovasi-rumah

Renovasi rumah ukuran kecil bisa dilakukan dengan kreatif. Yuk, simak tips di bawah ini!

Masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan padat penduduk mengalami permasalahan yang sama tentang tempat tinggal. Seringkali, masalah ini diakali dengan membeli ataiu membangun rumah kecil yang sesuai bujet sebagai hunian keluarga.

Membeli atau membangun rumah kecil sebetulnya tidak masalah apalagi untuk anak muda yang baru memulai keluarga atau tinggal sendiri, memiliki rumah kecil dengan sedikit ruangan tidak akan menjadi sebuah permasalahan. Lagipula, dengan kapasitas ruangan yang sangat terbatas, rumah kecil bisa terlihat besar, asalkan pemilik rumah cermat dan tahu bagaimana cara menata interior rumah kecil dengan tepat.

Dengan sejumlah trik renovasi rumah mudah, rumah sempit Anda bisa tampak lebih luas serta tentunya fungsional dan nyaman pula. Desain rumah mungil yang tepat, ruang-ruang dalam yang sempit dan terbatas tetap dapat terlihat lebih luas. Berikut tips yang dapat Anda terapkan pada rumah mungil sehingga terkesan lapang.

1. Pasang Cermin Pada Dinding

Pernahkah Anda pergi ke suatu restoran atau pusat perbelanjaan dengan terpasang cermin pada area dinding ruang dalam mereka? Itu adalah trik yang sengaja digunakan untuk menciptakan kesan ruangan yang besar. Anda juga dapat menerapkan trik semacam ini pada rumah Anda. Semakin besar cermin yang Anda gunakan, rumah Anda akan terasa jauh lebih luas. Tidak jarang cermin yang dipasang memiliki ukuran yang sama dengan satu bidang dinding sehingga ruang terasa terhubung dengan pantulan.

2. Warna Cerah untuk Dinding

Kamu pasti sudah sangat sering mendengar atau membaca tentang bagaimana warna warna cat rumah yang cerah membuat ruangan atau rumah kecil terkesan lebih luas dan lapang. Cara klasik renovasi rumah ini bekerja dengan efektif. Para ahli arsitektur dan desain interior merekomendasikan cat berwarna putih dan warna cerah lainnya untuk diaplikasikan pada ruangan atau rumah kecil.

Dengan warna cerah, rumah kecil akan terasa lapang, segar, dan terang. Mengaplikasikan cat berwarna gelap pada ruangan akan membuat rumah kecil terlihat lebih nyaman, tetapi membuat rumah kecil semakin kecil. Bukannya memantulkan cahaya, warna cat gelap malah menyerap sumber pencahayaan yang masuk, alhasil rumah terlihat suram.

3. Furnitur Multifungsi Sebagai Solusi

Meletakkan lemari kecil dan meja di ruang sempit pada rumah kecil malah akan membuat rumah kecil terasa penuh dan sesak. Mengapa tidak menggunakan meja berlaci atau kabinet multifungsi yang dapat difungsikan sebagai lemari bersamaan? Saat ini, meja multifungsi tersedia banyak di pasaran dengan harga bervariasi.

Interior Mungil, Kuncinya Proporsional

Dengan memanfaatkan furniture multifungsi, kamu telah menghemat ruang pada rumah kecil yang kamu huni. Jika kamar tidur sempit dan kamu membutuhkan ekstra ruang untuk menyimpan peralatan, beli kasur yang memiliki laci di bawah tempat tidur yang dapat difungsikan sebagai lemari penyimpanan.

Ada juga meja kantor yang memiliki lemari penyimpanan, seperti meja belajar anak-anak, tapi kapasitas penyimpanannya dapat kamu manfaatkan untuk membuat rumah kecil kamu terasa besar.

4. Pencahayaan yang baik

Dekorasi seperti lampu gantung atau lampu yang dramatis dapat memberi efek besar di ruang yang mungil. Selain itu, menambahkan lampu yang dekoratif pun tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Ingatlah, menjaga kamar dan ruangan lainnya di rumah Anda tetap terang juga akan membuatnya terasa lebih luas.

5. Kurangi Sekat dan Pintu

Desain Interior Rumah Kecil Minimalis Modern - Cara Bisnis Properti,Desain  Rumah Minimalis,Cara KPR Rumah,Investasi Properti

Jika Anda memiliki lahan yang sempit, cobalah untuk renovasi rumah tak terlalu banyak memberikan sekat atau batasan antara ruangan satu dengan ruangan yang lain. Dengan tidak adanya sekat antar ruang, rumah Anda akan terlihat jauh lebih luas dan lapang. Atau, jika sebuah ruangan tetap membutuhkan sekat, gunakan partisi dengan celah atau lubang sehingga tetap ada kesinambungan antara ruangan satu dengan ruangan yang lain.

6. Pasang Jendela dan Tirai Besar

Keberadaan jendela besar dapat membuat sebuah ruangan terlihat semakin luas. Pasalnya jendela besar yang menghadap ruang luar mampu memberi rasa ruang yang seakan berlanjut ke luar. Selain itu, jendela besar dapat membuat intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah semakin banyak. Lalu, penggunaan tirai besar membantu memberi kesan langit-langit rumah lebih tinggi sehingga ruangan yang kecil akan terlihat lebih luas secara vertikal.

7. Hias plafon dengan stiker atau wall art

Bentuk desain plafon atau langit-langit rumah juga akan menentukan luas tidaknya sebuah ruangan. Di lahan yang terbatas, cobalah untuk membuat jarak antara lantai dengan langit-langit setinggi mungkin. Hal ini tentunya akan membuat ruangan menjadi jauh lebih lapang. Dan seperti halnya dinding, penggunaan warna putih atau warna-warna cerah lainnya pada langit-langit rumah Anda dapat memberi kesan ruangan yang lebih luas.

Mengapa plafon perlu dihias dengan stiker dinding? Dengan menghias plafon, mata akan terdistraksi untuk melihat ke atas dan menciptakan ilusi ruang vertikal yang lebih tinggi, sehingga rumah kecil kamu terlihat luas. Menggunakan prinsip ilusi perspektif untuk menciptakan kesan rumah kecil yang lebih luas ternyata efektif, lho!

Itulah 7 tips yang dapat Anda coba terapkan pada hunian Anda agar terasa lebih luas. Menata dan memilih interior rumah kecil memang perlu berhati-hati agar tidak semakin sesak. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih jenis furnitur serta warna yang ingin kamu terapkan pada sebuah rumah kecil!

Booking jasa Arsitek untuk Desain Rumah, Kantor, Bangunan melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan