Jasa Tukang Taman untuk Menciptakan Halaman Minimalis Jadi Indah

jasa-tukang-taman

Jasa tukang taman bisa membantu Anda menciptakan halaman minimalis agar jadi indah. Yuk, simak informasinya di sini!

Tertarik membuat taman minimalis di depan rumah tetapi terhalang oleh lahan eksterior yang terbatas? Tak usah khawatir, kamu bisa mengikuti tips membuat taman minimalis di lahan sempit pada artikel dibawah ini!

Meskipun berada di lahan sempit bukan berarti Anda tidak bisa menciptakan taman yang indah. Memang dalam konsep rumah minimalis, berbagai sudut ruangan memiliki ukuran mungil. Tak terkecuali sisa lahannya. Anda tetap bisa menciptakan suasana yang asri dan sejuk dengan taman mungil di belakang atau depan rumah. Yang terpenting adalah bagaimana penataan tamannya sehingga tetap enak dipandang meskipun berada di lahan yang terbatas. Maka dari itu Anda mesti tahu bagaimana cara membuat taman mungil ini di lahan sempit.

Sebagaimana menata ruangan sempit, Anda juga mesti menerapkan konsep tersebut pada area taman. Yakni dengan menempatkan tanaman, aneka perabot, hingga hiasan yang tidak terlalu berlebihan. Meskipun dalam kondisi ruangan terbuka, aneka tanaman dan perabot taman yang berlebihan akan menyebabkan tampilan ruang hijau ini tidak sedap dipandang dan terkesan sesak. Nah, berikut ini ulasan selengkapnya untuk tips membuat taman minimalis di lahan sempit.

Tips Membuat Taman dengan Lahan yang Sempit

Berikut kami telah merangkum beberapa tips yang dapat dilakukan saat membuat taman rumah minimalis di lahan sempit.

1. Memilih Lokasi Taman

Membuat taman di rumah bukan hanya perihal menghadirkan tanaman hias eksterior di sembarang tempat. Pasalnya, dalam membuat taman itu harus memperhatikan lokasi yang bisa menyerap pencahayaan secara optimal. Dengan begitu, penting untuk kamu membuat taman di lokasi yang terkena cahaya matahari, ya.

2. Sesuaikan desain dengan selera pemilik rumah

Saat membangun rumah, kamu tentunya harus menentukan terlebih dahulu gaya arsitektur rumah yang diinginkan. Jika gaya arsitekur rumahmu adalah minimalis, maka desain taman juga perlu menyesuikan dengan rumah minimalis sederhanamu.

Taman yang baik adalah taman yang memberikan kesinambungan antara ruang dalam dengan ruang luarnya. Maka dari itu, sebelum hendak membuat taman, tentukan terlebih dahulu desain taman yang sesuai dengan selera dan dana yang dimiliki.

3. Tambahkan rumput

Rumput bermanfaat untuk menyamarkan halaman yang sempit. Halaman akan terasa lebih luas berkat gradasi warna yang diciptakan oleh tanaman mungil ini. Anda bisa memilih rumput Jepang yang akan menambah estetika taman. Ada pula jenis rumput gajah yang memiliki ukuran lebih besar namun tak kalah menariknya dibandingkan dengan rumput Jepang. Tanam rumput di seluruh halaman atau di beberapa sudut taman.

4. Menghadirkan Batu Alam

Tips membuat taman minimalis di lahan sempit lainnya adalah mengombinasikan tanaman dengan penggunaan batu alam. Sebagaimana yang sudah diketahui, batu alam memiliki motif yang beragam dan tampilannya pun dapat memberi estetika tinggi pada taman.

Ya, elemen batu alam memang bisa menjadi unsur pelengkap yang sangat cocok bagi taman di rumah.

5. Menentukan jenis tanaman yang cocok

Perlu diketahui bahwa tidak semua tanaman dapat tumbuh berkembang dengan baik dikondisi iklim yang berbeda. Jenis tanaman yang dipilih juga perlu menyesuaikan dengan iklim tempat tinggal, serta kondisi tanah di taman rumah.

Sebagai tips pemilihan tanaman, jangan hanya memilih satu jenis rupa saja. Namun padukan dengan berbagai tanaman yang lain, mulai dari harmonisasi warna, bentuk tanaman dan sebagainya. Dengan begitu pemandangan taman rumahmu pun akan menjadi lebih menarik.

6. Menggunakan Pola Horizontal-Vertikal

Mengingat lahan taman di rumahmu sangat terbatas, kamu perlu cermat dalam menyiasati masalah tersebut. Adapun salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pola sistem vertikal dan horizontal.

Sistem vertikal biasanya menempatkan tanaman yang menjulang ke atas, sedangkan horizontal adalah sebaliknya.Bila kamu menggunakan sistem horizontal, lahan yang tersedia dapat kamu manfaatkan untuk menanam sayuran, seperti terong, rempah daun, dan lainnya.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan alat penunjang lainnya, seperti rak aluminium, pot bunga beton, dan sebagainya.

8. Tambahkan kursi/bangku

Anda juga bisa menambahkan bangku atau kursi sebagai tempat duduk di taman. Tidak perlu yang berukuran besar. Ukuran kecil pun sudah cukup untuk menjadikan taman rumah Anda terlihat lebih menawan. Kursi atau bangku taman ini sangat cocok jika memiliki material kayu. Namun jika ingin memilih material dari besi pun tidak terlalu masalah. Anda bisa menggunakan jasa tukang taman terdekat untuk bangun halaman rumah impian.

Demikian beberapa tips mendesain taman minimalis di lahan sempit. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Booking jasa tukang Taman atau jasa Membuat Taman melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan