Cara Menghilangkan Noda Bandel di Baju dengan Mudah

noda-di-baju

Terkadang ketika mencuci, ada noda di baju atau pakaian yang susah dibersihkan. Cara menghilangkan noda bandel di baju ini sebenarnya tidak susah asalkan Anda tahu triknya. Berikut beberapa cara ampuh untuk membersihkan noda membandel di pakaian.

Cara Menghilangkan Noda Bandel di Baju yang Bisa Dicoba

1. Membersihkan noda keringat

Terkadang noda keringat cukup sulit untuk dibersihkan hanya dengan mencucinya seperti biasa. Anda perlu bahan lain untuk menghilangkan noda ini. Gunakan campuran baking soda, hydrogen peroxide, dan air untuk digosok pada noda keringat.

Diamkan sekitar 30 menit setelah digosok dengan larutan baking soda. Kemudian bilas pakaian dengan air bersih dan noda keringat pun hilang.

2. Membersihkan noda minyak

Noda minyak mungkin sering ditemui pada pakaian ibu-ibu yang sering memasak di dapur. Cara mudah menghilangkan noda di baju yang membandel karena minyak ini bisa memanfaatkan cairan pencuci piring.

Gunakan sikat gigi yang sudah dicelupkan ke cairan pembersih piring untuk menggosok noda minyak di baju. Setelah noda hilang, Anda bisa mencuci baju tersebut seperti biasa.

3. Cara menghilangkan noda bandel di baju karena cairan buah

Makan buah dan menetes di baju terkadang meninggalkan noda yang susah dibersihkan dengan cara biasa. Jika noda buah di baju membandel, Anda bisa menggunakan perasan lemon.

Campurkan air lemon ke dalam air untuk merendam pakaian selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan rendam kembali dengan detergen seperti mencuci biasa.

Baca Juga: Kisaran Harga Laundry Sofa JABODETABEK

4. Membersihkan noda pulpen

Seragam sekolah atau seragam kantor mungkin yang paling sering terkena noda pulpen. Terkadang noda ini tidak bisa dibersihkan hanya dengan air dan detergen.

Cara menghilangkan noda pulpen di baju yang membandel bisa menggunakan pasta gigi. Cukup oleskan pasta gigi pada noda dan gosok menggunakan sikat gigi. Selanjutnya bilas dengan air bersih dan cuci seperti biasa.

5. Membersihkan noda coklat

Jika baju kesayangan Anda terkena noda coklat yang sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan susu untuk menghilangkan noda tersebut. Pilih jenis susu berlemak dan gosokan pada noda menggunakan sikat gigi.

Lakukan secara perlahan hingga noda cokelat terangkat. Bilas dengan air dan lanjutkan cuci menggunakan air dan detergen hingga bersih.

6. Membersihkan noda tinta permanen

Noda tinta permanen tidak bisa dihilangkan dari baju Anda jika hanya mencucinya dengan air dan sabun. Anda perlu cara khusus untuk membersihkan noda tinta ini yaitu dengan menggunakan alkohol. Cara menghilangkan noda tinta di baju yang pertama adalah mengoleskan cairan alkohol pada noda dan usap-usap hingga nodanya sedikit bersih.

Selanjutnya siapkan air dan campur dengan garam untuk merendam pakaian. Tunggu sekitar 30 menit hingga 60 menit agar noda tintanya benar-benar bersih. Terakhir bilas pakaian dan cuci menggunakan sabun seperti biasa.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda bandel di baju sesuai dengan jenis-jenis nodanya. Anda tidak membutuhkan waktu lama, cukup beberapa menit saja dan pakaian bersih dari noda. Namun jika Anda sibuk, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa cuci baju untuk membersihkan pakaian kotor bahkan noda membandel sekalipun.

Tidak ada jasa cuci baju di dekat rumah? Cari saja di Suwun.co.id pasti Anda akan mendapatkan banyak pilihan layanan jasa sesuai yang Anda butuhkan. Anda juga bisa download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk menggunakan fitur dari platform ini dengan lebih mudah.

Artikel yang Direkomendasikan