Cara Cuci Sepatu yang Benar agar Awet dan Bersih

cara-cuci-sepatu

Apakah Anda masih berusaha untuk mencari cara mencuci sepatu atau menghilangkan bau sepatu Anda? Tidak ada yang lebih menyenangkan bagi Anda penggemar sepatu selain membuka sepatu baru. Wangi fresh dari sepatu baru menjadi hal yang memuaskan. Tapi setelah dibuka dan dipakai di luar ruangan, apa pun bisa terjadi pada sepatu Anda, mulai dari goresan, noda, tumpahan minuman hingga debu dan partikel kecil lainnya. Jadi bagaimana agar sepatu  Anda tetap dalam kondisi terbaik?

5 Tips Mudah Cuci Sepatu yang Kena Banjir

Mungkin terderngar sepele, namun cara mencuci sepatu yang salah ternyata bisa bikin alas kaki kesayanganmu cepat rusak. Supaya enggak salah lagi, yuk langsung simak step mencuci sepatu berikut ini.

1. Sikat kotoran dengan teknik cuci kering terlebih dahulu

Hilangkan kotoran berlebih pada bagian luar sepatu menggunakan sikat berbulu halus. Bisa juga menggunakan sikat sepatu atau sikat gigi halus yang sudah tidak terpakai. Gosoklah kotoran berlebih pada bagian luar sepatu, dan boleh juga menggunakan tusuk gigi atau kapas pentol agar bisa menjangkau bagian-bagian yang sulit.

Manfaat Pasta Gigi Untuk Membersihkan Sepatu Putih – Elsozo

Oleskan sedikit larutan pembersih pada spons, lap lembut, atau sikat, dan gosoklah bagian luar sepatu. Hal ini membutuhkan sedikit usaha dan beberapa kali percobaan, tergantung kondisi kebersihan sepatu.

Larutan pembersih sepatu atau campuran sederhana yang terdiri dari air hangat dan sedikit sabun cuci cair untuk menghasilkan campuran bersabun, juga dinilai sebagai cara membersihkan sepatu agar tidak mudah rusak. 

Jika warna putih pada sepatu sudah mulai luntur, gunakanlah pasta gigi pada bagian sepatu yang berwarna putih. Kemudian bilas dengan air. Cara ini dapat bekerja sangat efektif mengembalikan warna putih yang sudah menguning atau kotor pada sepatu anda. 

2. Cuci sepatu dengan teknik berbeda sesuai bahannya

Setiap sepatu terbuat dari bahan-bahan yang berbeda. Inilah yang membuat kamu juga harus melakukan perawatan dan cara mencuci sepatu yang berbeda pula. Untuk sepatu berbahan kanvas atau kain bisa dicuci dengan cara digosok menggunakan sikat dan detergen.

Bila sepatumu terbuat dari bahan suede, sangat tidak disarankan mencuci sepatu dengan merendamnya. Cukup sikat menggunakan sikat khusus untuk bahan suede atau sikat gigi dengan bulu halus.

Sementara untuk membersihkan sepatu berbahan leather atau kulit bisa dilakukan dengan mengelap menggunakan spons. Bisa juga disikat dengan sikat halus secara berlawanan dengan arah permukaan kulitnya. Jangan lupa untuk mengelap sepatu hingga kering jika sudah selesai dibersihkan.

3. Jangan lupa bersihkan bagian sol sepatu

Tips mencuci sepatu yang benar agar tidak rusak – sepatuoriku.id

Step satu ini mungkin masih sering kamu lupakan. Padahal membersihkan area sol sepatu juga penting, lho! Sol yang bersih membuat sepatu terlihat bersih layaknya sepatu baru. Cukup gosok secara perlahan hingga semua kotoran hilang agar tidak merusak sol sepatumu.

4. Hindari menjemur sepatu di bawah paparan sinar matahari langsung

Keringkan sepatu, tali sepatu, dan sol sepatu dengan meletakkannya pada tempat dengan kondisi cahaya yang cukup dan suhu ruangan yang tidak terlalu kering. Jangan letakkan di tempat yang panas atau terpapar di bawah sinar matahari langsung karena bisa merusak sepatu.

Salah satu cara mencuci sepatu agar tidak mudah rusak adalah jangan pernah mengeringkannya menggunakan pengering mesin cuci, karena itu akan membuat keadaan sepatu melengkung dan merusak permukaan luarnya.

cara mencuci sepatu

Bagaimana? Kamu masih sering melakukan kesalahan cara mencuci sepatu di atas? Mulai sekarang segera hindari, ya! Apakah anda sedang mencari jasa Cuci Sepatu atau mengetahui Cara Cuci Sepatu ?

Artikel yang Direkomendasikan

Promo April Suwun 2022 untuk Area Jabodetabek

promo-suwun-april