5 Makanan Khas Ambon yang Patut Anda Cicipi

makanan-khas-ambon

Sebagai salah satu kota terbesar di kawasan Indonesia Timur, Ambon memang menawarkan berbagai hal yang menarik untuk di-eksplor lebih lanjut. Tidak hanya wisata alam dan budaya yang memesona, namun juga wisata kuliner yang sangat lezat. Lantas, makanan khas Ambon apa saja yang wajib dicoba?

Rekomendasi Makanan Khas Ambon, Populer dan Lezat

Ambon tidak hanya dikenal sebagai the city of music. Kota ini memiliki sederet pilihan makanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Daripada penasaran, berikut beberapa kuliner khas dari Ambon yang wajib masuk dalam daftar.

1. Papeda

Makanan yang satu ini memang menjadi ciri khas Indonesia bagian timur. Papeda merupakan makanan khas masyarakat Ambon sebagai pengganti nasi dan terbuat dari sagu. Teksturnya kenyal menyerupai lem menjadi daya tarik tersendiri.

Papeda akan terasa lebih nikmat dengan menambahkan dengan kuah ikan kuning yang terdiri dari ikan tongkol dan disiram dengan kuah berbumbu kunyit. Cara menyantapnya unik, yakni dengan memilin papeda menggunakan sumpit, kemudian pindahkan ke piring berisi kuah ikan kuning tersebut.

2. Pisang asar

Dalam bahasa Ambon, asar berarti bakar. Dengan begitu, pisang asar merupakan makanan khas suku Ambon yang terbuat dari olahan pisang dan dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang menggunakan sejenis oven.

Untuk membuatnya, Anda membutuhkan pisang raja yang dibelah menjadi dua bagian, kemudian oleskan campuran adonan kacang sangrai, telur, gula, mentega, dan kayu manis. Panggang di api sedang dan pisang asar siap dinikmati.

Baca juga: Makanan Khas Tangerang yang Wajib Dicoba dan Harga Terjangkau

3. Makanan khas Ambon: Sambal colo-colo

Jika ingin mencicipi rasa pedas dari kuliner Ambon, Anda wajib mencoba sambal colo-colo. Sambal ini acapkali hadir menjadi pendamping makanan yang disantap oleh warga Ambon. Sambal ini umumnya disajikan tanpa diulek.

Sambal colo-colo terbuat dari berbagai rempah khas seperti bawang merah, cabai rawit, daun seledri, dan tomat. Semua bahan tersebut dicampur dengan taburan garam dan perasan jeruk nipis sebagai penambah citarasa.

4. Rujak Natsepa

Merupakan makanan khas daerah Ambon, terutama yang ada di wilayah pantai Natsepa. Kuliner yang satu ini pada dasarnya sama seperti rujak buah lain di mana ada kedondong, mentimun, belimbing, jambu air, nanas, pepaya, dan pilihan buah lainnya.

Perbedaannya terdapat pada buah pala yang hadir ditemani irisan gula merah dan kacang tanah goreng. Selain menambah rasa gurih, campuran bumbu ini juga akan membuat buah-buahan tersebut menjadi semakin segar disantap sembari menikmati keindahan Pantai Natsepa.

5. Bubur sagu ubi

Sagu memang menjadi primadona tersendiri bagi masyarakat Ambon. Anda dapat mencoba kuliner khas lain dari sagu, yakni bubur sagu ubi yang sudah sangat populer. Makanan ini sekilas mirip dengan kolak ubi yang banyak ditemukan di Jawa.

Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan sagu lempengan yang direndam dalam air sampai lunak. Rebus gula merah, gula pasir, dan daun pandan kemudian campur dengan sagu yang telah lunak dan tambahkan ubi merah rebus. Berikan santan kental dan taburan kenari supaya makin lezat.

Itulah beberapa makanan khas Ambon yang wajib Anda cicipi. Daripada jauh-jauh ke Ambon, Anda juga bisa membuatnya sendiri atau memesannya, kok. Nah jika kesulitan, Anda dapat mencari tutor kursus memasak maupun jasa catering yang dapat dipesan langsung di Suwun.co.id.

Selain dari web, Anda juga dapat mengakses platform tersebut lewat aplikasi. Download aplikasi Suwun melalui Play Store atau App Store, temukan berbagai layanan dengan fitur yang lengkap!

Artikel yang Direkomendasikan