Keuntungan Gunakan Tenda Baja Ringan

keuntungan-baja-ringan

Penggunaan tenda baja ringan kini mulai banyak diaplikasikan pada pembangunan berbagai gedung atau rumah. Selain memiliki banyak keunggulan, baja ringan juga memiliki ukuran yang bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan sesuai dengan anggaran biaya yang ada. 

Berikut adalah ulasan singkat tentang pertimbangan untuk menggunakan baja ringan dan keunggulan yang dimilikinya.

Faktor Pertimbangan untuk Menggunakan Tenda Baja Ringan

Diketahui tenda dari baja ringan merupakan jenis bahan material yang dipakai untuk menjadi penopang sebuah konstruksi atap pada bangunan. 

Saat ini penggunaan baja ringan mulai banyak diminati karena terbentuk dari bahan baja yang memiliki massa ringan, tipis sehingga jauh lebih mudah untuk dipasang. Meski beratnya ringan, kekuatan baja ringan ini tak perlu diragukan lagi karena bisa menopang dengan sangat kokoh.

Di bawah ini ada beberapa faktor pertimbangan yang bisa digunakan untuk memutuskan menggunakan tenda baja ringan atau tidak.

1. Faktor biaya

Faktor pertimbangan yang pertama adalah faktor biaya. Terdiri dari faktor daya beli dan biaya pemasangan yang cukup terjangkau jika dilakukan dengan menggunakan material bahan baja ringan. Bahkan diketahui menggunakan baja ringan bisa menjadi penopang yang lebih kuat dibandingkan bahan kayu serta memiliki daya tahan yang lebih lama. 

Sedangkan pekerjaan untuk bagian atap bukan hanya untuk memasang di bagian penopang saja, namun masih ada bagian bangunan lainnya yang tentu butuh bahan material dan biaya lagi untuk prosesnya.

 2. Faktor ketahanan bahan baja ringan

Jika dibandingkan dengan penggunaan bahan kayu sebagai penopang atap, maka spesifikasinya bisa berbeda. Untuk bahan kayu, resiko yang paling besar dialami adalah ketika kayu terkena air sehingga mudah lapuk atau terkena rayap sehingga rapuh. 

Sedangkan untuk tenda rangka baja ringan, resiko yang paling berat adalah mudah berkarat, maka disarankan untuk menggunakan bahan baja ringan dengan jaminan anti karat selama 25 tahun sehingga bisa awet tahan lama kurang lebih sekitar 50 tahun lamanya.

3. Faktor kemudahan pemasangan

Kemudian faktor pertimbangan yang terakhir adalah untuk faktor kemudahan pemasangan penopang tenda baja ringan. Jika dengan menggunakan penopang atap yang terbuat dari kayu membutuhkan pengerjaan yang terlampau lama, berbeda dengan bahan baja ringan. 

Anda bisa mendapatkan pengerjaan atap dengan cepat dan berkualitas jika menggunakan bahan baja ringan.

Baca Juga: Biaya Perbaikan Atap Bocor pada Rumah

Ketahui Keunggulan Gunakan Baja Ringan Untuk Penopang Atap

Mengingat baja ringan menjadi bahan favorit untuk kerangka atap rumah, menjadikan banyak produsen baja ringan yang membuatnya dengan berbagai jenis kualitas sesuai dengan ukuran dan biaya yang dimiliki calon pembeli. Berikut ini ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh bahan tenda baja ringan.

  •  Ringan namun kokoh

Penggunaan bahan baja ringan sebagai konstruksi bagian atap selain mempermudah pemasangan, juga akan mempermudah akses transportasi untuk mendistribusikan baja ringan sesuai daerah yang membutuhkan.

  •  Daya topang kuat

Penggunaan bahan baja ringan bahkan diklaim lebih kuat dibandingkan jika Anda menggunakan bahan konstruksi konvensional yang selama ini digunakan. Bahwa baja ringan bisa menopang dengan kokoh tanpa resiko keruntuhan yang berujung pada kehancuran. Konstruksi atap yang menggunakan bahan baja ringan dipercaya bisa menerima beban kejut secara maksimal, kelenturan dan beban geser yang menjadikan bentuk struktur yang dimilikinya pun jauh lebih fleksibel.

  •  Tahan lama, anti rayap dan hemat waktu

Penggunaan bahan tenda baja ringan juga bisa memberikan keuntungan diantaranya adalah bisa awet tahan lama, anti rayap sehingga tak mudah rapuh atau lapuk serta bisa dilakukan pemasangan dengan mudah dan cepat.

Jasa Pasang Tenda Baja Ringan Terbaik

Temukan layanan jasa pasang tenda baja ringan yang terpercaya hanya di Suwun.co.id. Kunjungi website nya untuk menggunakan fitur dan layanan di dalamnya demi mendapatkan informasi jasa sesuai kebutuhan Anda. Atau bisa juga dengan mengunduh dan install aplikasi Suwun di smartphone Anda melalui PlayStore atau AppStore untuk dapatkan layanan serta fitur yang lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan