Biaya Perbaikan Atap Bocor Pada Rumah Anda

Perbaikan atap bocor tentu membutuhkan perhitungan yang akurat. Simulasi perhitungan mudah ini bisa Anda terapkan untuk mengetahui biaya perbaikan atap bocor.

Ketika musim penghujan tiba, hal yang sering dikeluhkan kebanyakan orang adalah atap rumah yang bocor. Seperti yang diketahui atap yang bocor memang bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor cuaca, posisi atap yang terlalu miring, adanya retak kecil di sela-sela atap, loteng yang panas terkena sinar matahari atau letak genting yang melorot.

Nah jika hal ini terjadi maka kebanyakan orang akan banyak memilih untuk memanggil tukang untuk memperbaikinya. Nah sebelumnya Anda bisa mengetahui terlebih dahulu biaya perbaikan atap bocor.

Langkah-Langkah Perhitungan Biaya Perbaikan Atap Bocor

Ketika Anda akan melakukan rincian biaya yang harus dikeluarkan simak informasi di bawah ini.

Menulis hal-hal yang diperlukan

Agar teratur dan terstruktur, Anda harus menulis terlebih dahulu hal-hal apa saja yang diperlukan untuk perbaikan atap yang bocor. Karena jika tidak Anda tuliskan terlebih dahulu ditakutkan akan ada yang ketinggalan. Selain itu Anda juga bisa memperkirakan biaya perbaikan atap rumah yang bocor yang akan dihitung nanti untuk keperluan apa saja.

Contoh hal-hal yang biasanya diperlukan untuk memperbaiki atap yang bocor adalah Anda bisa mencatat luas plafon rumah Anda, luas atap, jumlah genteng bocor yang diperlukan, multipleks yang dibutuhkan hingga ongkos jasa tukang.

Mempertimbangkan biaya plafon yang perlu diperbaiki

Seperti yang dicontohkan tadi, yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu adalah menghitung luas plafon beserta biayanya. Simulasinya yaitu jumlah plafon yang Anda butuhkan adalah dengan membagi luas plafon rumah Anda dengan luas multipleks yang akan Anda pasang. Misalnya luas plafon Anda sebesar 40 m2 maka menghitungnya yaitu:

Jumlah plafon = 40 : (1,2 x 2,4)

Jumlah plafon = 40 : 2,88

Jumlah plafon = 13,8

Jadi kira-kira jika dibulatkan, lembar multipleks (1,2 x 2,4 m) yang Anda butuhkan sebanyak 14 lembar dengan biaya sekitar 100 ribu per lembarnya. Biaya = 14 x 100.000 = 1.400.000

Baca Juga: Jenis dan Satuan Cat Tembok Warna

Menghitung jumlah genteng bocor yang diperlukan beserta biaya perbaikan atap bocor

Selanjutnya jika atap Anda bocor lumayan parah dengan banyaknya genting yang kira-kira hampir semuanya maka Anda perlu menghitung luas atap Anda. namun jika ternyata hanya beberapa genting saja yang terjadi bocor maka Anda bisa mengganti beberapa genting yang bocor saja. Jika Anda akan mengganti genting yang cukup banyak maka Anda perlu menghitung luas atap dengan cara:

Luas atap rumah = (panjang rumah + 2 m) x (lebar rumah x 2 m) : cos 30

Luas = (6 +2) x (5+2) : 0.83

Luas = 56 : 0.83

Luas = 67,4 m2

Cos 30 ini dihitung berdasarkan sudut kemiringan atap kira-kira 30 derajat. Selanjutnya biayanya untuk per lembarnya sebesar 1000 rupiah. Jika setiap 1 m2 membutuhkan 9 genting maka jumlah genting untuk luas atap rumah Anda = 67,4 : 9 = 606,6 = 607 lembar. Biayanya = 607 x 1000 = 607.000

Mengkalkulasi total keseluruhannya

Jika Anda hitung secara total maka diperoleh nilai 1,4 juta + 607 ribu + 800 ribu (kisaran biaya tukang) = 2,8 juta. Itulah simulasi biaya perbaikan atap bocor yang bisa diterapkan jika Anda akan memperbaiki atap rumah Anda yang bocor.

Jangan lupa untuk mencari jasa layanan perbaikan apapun hanya di Suwun.co.id karena menyediakan jasa yang profesional dan terpercaya. Download aplikasi Suwun di App Store maupun Play Store sekarang juga!

Artikel yang Direkomendasikan