Ketahui Biaya Pindah AC dan Persiapan yang Diperlukan

biaya-pindah-ac

Salah satu alat elektronik yang banyak dibutuhkan oleh berbagai kebutuhan rumah tangga adalah AC yang didesain untuk bisa menyejukkan suhu ruangan sesuai kebutuhan. 

Hingga saat ini, AC sudah banyak digunakan di berbagai tempat seperti gedung perkantoran, sekolah, tempat publik hingga kendaraan roda empat. Selain itu banyak layanan jasa bongkar pasang AC yang siap memberikan layanan untuk pindah unit AC dengan biaya pindah AC yang terjangkau.

Jenis Kerusakan AC Dan Biaya Pindah AC

AC menjadi satu perangkat elektronik yang harus dilakukan perawatan dengan benar. Jika tidak maka besar kemungkinan akan mengalami kerusakan yang beresiko menimbulkan kerugian finansial dalam jumlah besar. Maka dari itu, banyak orang yang melakukan kegiatan pindah rumah memilih untuk menggunakan jasa bongkar pasang AC untuk mendapatkan layanan dan biaya pindah AC yang terjamin.

Sebelum mengetahui biaya untuk melakukan pindah unit AC, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis kerusakan yang bisa terjadi para perangkat elektronik AC. Hal ini umumnya baru diketahui ketika unit AC sedang dibongkar untuk dipindah ke tempat yang diinginkan.

1. AC tak bisa menyala dengan normal

Kerusakan umum yang pertama adalah ketika AC tak bisa dinyalakan seperti biasanya. Setelah melakukan cek bahwa remote AC masih berfungsi normal dan tak ada kerusakan maupun kehabisan daya baterai, maka penyebab yang paling mungkin adalah mengecek pada koneksi power di body AC dan sensornya bisa saling terdeteksi atau tidak. Kondisi ini bisa diperbaiki ketika koneksi power dipastikan terhubung dengan baik dan sensornya bisa terdeteksi secara menyeluruh dalam layanan serta biaya pindah pasang AC.

2. Muncul butiran es mini

Kemudian kerusakan umum yang berikutnya adalah ketika muncul butiran es berukuran mini yang merupakan kondisi AC tidak normal. Penyebab dari kondisi ini adalah karena komponen evaporator AC sudah kotor sehingga butuh segera dibersihkan. Atau bisa juga disebabkan karena perangkat AC kehabisan gas freon yang bermula dari sebuah pipa yang kecil. Teknisi service AC akan melakukan bongkar pasang AC dan melakukan perbaikan yang dibutuhkan.

3. AC tak kunjung dingin

Jika Anda sudah menyalakan dan menyetel perangkat AC di suhu yang diinginkan, namun setelah beberapa waktu cukup lama ternyata tak kunjung dingin seperti yang diharapkan. Penyebab utama dari kondisi tersebut adalah karena komponen freon yang ada di AC mengalami kebocoran dikarenakan ada salah satu bagian pipa yang kendur atau kurang rapat instalasinya. Solusi perbaikan yang bisa dilakukan adalah dengan mengencangkan sekrup pipa yang kendur hingga tak terjadi kebocoran freon lagi.

Itulah beberapa kerusakan umum yang kerap ditemui pada perangkat AC yang akan dipindah tempatkan. Lalu bagaimana dengan biaya bongkar dan pasang AC? Hingga saat ini, banyak masyarakat yang memberikan keterangan bahwa layanan untuk bongkar pasang AC mulai menurun tarifnya karena jumlah peminat jasa ini yang juga menurun secara signifikan. Namun pada beberapa layanan jasa bongkar pasang AC, biaya pindah AC tersebut bisa diketahui dari simulasi berikut.

Biaya bongkar AC per unit dikenai biaya sekitar 225 ribu rupiah untuk jenis AC berkapasitas 1/2 hingga 1 PK, untuk pemasangan AC per unit dikenai biaya sekitar 300 ribu rupiah untuk kapasitas pk yang sama.

Adapun biaya pindah AC rumah dengan kapasitas 1/2 hingga 1 PK dikenai biaya sekitar 325 ribu per unitnya, sedangkan untuk kapasitas 1,5 hingga 2 PK dikenai biaya sekitar 400 ribu rupiah per unitnya.

Baca Juga: Service AC Bekasi Timur Terbaik

Persiapan Penting Sebelum Melakukan Pindah Pasang AC

Setelah mengetahui apa saja jenis kerusakan umum yang ada pada AC dan perkiraan biaya yang diperlukan, berikutnya adalah untuk mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pindah pasang AC.

Dapatkan jasa teknisi AC yang berpengalaman dan profesional

Persiapan penting yang pertama adalah untuk mendapatkan jasa teknisi AC yang sudah berpengalaman dan profesional di bidang perbaikan AC. Dengan begitu selain lebih cepat untuk melakukan perbaikan, Anda pun dijamin puas dengan kinerja mereka. Biasanya layanan jasa yang sudah profesional berani memberikan jaminan atau garansi pada layanan jasa service yang mereka miliki.

Lihat testimoni klien

Cek dan lihat dengan seksama untuk ulasan serta testimoni dari para pelanggan yang sudah menggunakan layanan jasa service AC tersebut. Jika mayoritas memberikan kepuasan maka dipastikan layanan tersebut memang benar-benar berkualitas dan terpercaya meski biaya pindah AC terjangkau.

Mempunyai perlengkapan dan alat yang memadai

Bisnis jasa service alat elektronik khususnya AC pastinya harus bisa menyediakan perlengkapan dan alat yang memadai untuk melakukan tugasnya dengan baik. Hasilnya adalah layanan perbaikan yang efektif, efisien dan memuaskan.

Diskusikan sebelum perbaikan dilakukan

Setelah teknisi AC melakukan pembongkaran dan menemukan kerusakan yang dialami AC, biasanya mereka akan melaporkan serta berdiskusi terlebih dahulu dengan pemilik AC sehingga ada transparansi biaya pindah AC yang dibutuhkan. Jika disetujui maka dengan segera akan melakukan pembelian sparepart yang dibutuhkan dan melakukan perbaikan sesuai kebutuhan.

Biaya Pindah AC di Jasa Bongkar Pasang AC Terbaik

Apakah Anda sedang mencari layanan jasa untuk melakukan bongkar pasang AC dengan biaya pindah AC yang terjangkau? Silahkan kunjungi Suwun.co.id kemudian masukkan jenis jasa atau layanan yang dibutuhkan.

Tak butuh waktu lama, tampilan website akan memberikan hasil penelusuran terlengkap sesuai jenis jasa yang Anda butuhkan. Jangan lupa untuk unduh dan install aplikasi Suwun di perangkat gadget Anda untuk mendapatkan akses dan fitur lengkapnya.

Artikel yang Direkomendasikan