Tahapan Renovasi Rumah: Persiapan hingga Finishing

tahapan-renovasi-rumah

Perencanaan renovasi rumah sebaiknya dilakukan secara terorganisir untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat menghambat proses renovasi. Membuat perencanaan dari awal tahapan renovasi rumah hingga selesai.

Tahapan Renovasi Rumah Lengkap yang Wajib Diketahui

Berikut ini langkah-langkah dalam memulai renovasi rumah yang penting untuk diperhatikan.

1. Pra desain

Pada tahap ini Anda bisa berdiskusi dengan anggota keluarga atau penghuni rumah lainnya untuk menentukan prioritas renovasi rumah. Tentukan juga budget maksimal yang bisa Anda sediakan untuk proses renovasi. Jangan lupa untuk mengalokasikan minimal 10% sebagai dana cadangan.

Selanjutnya, Anda bisa cari jasa renovasi atau arsitek untuk membantu membuat konsep renovasi rumah. Dengan menggunakan jasa ahli, hasil renovasi akan lebih terjamin dan sebanding dengan nilai yang Anda keluarkan.

2. Tahapan renovasi rumah membuat desain

Silahkan Anda berkonsultasi dengan jasa renovasi atau desain interior mengenai renovasi rumah yang Anda inginkan. Mereka akan menggunakannya untuk pertimbangan dalam membuat desain. Anda juga bisa memberi batasan dana sehingga desainer interior atau arsitek dapat memberikan desain sesuai keinginan dan dana yang Anda miliki.

3. Persiapan

Tentukan kontraktor yang bisa diandalkan untuk mewujudkan konsep renovasi yang sudah dibuat bersama desainer. Negosiasikan mengenai harga dan jangan lupa untuk buat perjanjian tertulis.

Pada tahap ini, Anda juga perlu memindahkan perabot atau furniture ke tempat lain agar bangunan rumah siap untuk direnovasi.

Baca juga: Yuk Simak 5 Cara Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Ketentuan

4. Tahap renovasi

Selanjutnya adalah memulai renovasi rumah sesuai dengan titik-titik yang sudah ditentukan. Misalnya Anda ingin merenovasi teras, maka dimulai dengan tahapan renovasi rumah bagian depan dengan memilih bagian yang akan dibongkar atau dibuang.

Material bongkaran bisa dibuang atau dipakai kembali tergantung kondisinya. Renovasi bisa dilanjutkan dengan membangun struktur dasar seperti pondasi, balok, dan kolom. Setelah konstruksi dasar selesai, renovasi dilanjutkan ke bagian arsitektur seperti lantai, dinding, dan plafon rumah.

Lanjut lagi ke bagian mekanikal elektrikal seperti pemasangan sambungan listrik, saluran air, dan lain sebagainya. Jika sudah terpasang semua, maka pekerjaan berikutnya adalah penutupan dengan pemasangan wallpaper, pengecatan, dan penataan furnitur.

5. Pasca renovasi

Tahapan renovasi rumah elegan lanjut ke bagian detail-detail yang lebih kecil. Tahap pasca renovasi ini antara lain memastikan tidak ada material yang membahayakan atau pengerjaan renovasi yang terlewat.

Selanjutnya pembersihan alat, lokasi renovasi, dan material sisa secara keseluruhan. Alat-alat kerja seperti kawat, paku, potongan kayu, ampelas, atau alat lainnya yang masih bisa digunakan lagi dapat Anda simpan.

Wadah cat yang sudah kosong bisa Anda bersihkan dan manfaatkan ulang sebagai tempat penampungan air atau untuk pot tanaman. Jika perlu, catat merek dan kode nomor cat agar Anda bisa mendapatkan warna cat yang sama ketika ingin mengecat ulang.

Kesimpulan

Tahapan renovasi rumah memang cukup panjang dengan beberapa jenis pekerjaan. Supaya tidak ada yang terlewat dan untuk antisipasi, sebaiknya Anda sudah memahami bagaimana tahapan dari awal hingga akhir dari proses renovasi rumah.

Pastikan Anda memilih jasa arsitek atau jasa renovasi yang terpercaya dan mendapatkan banyak review bagus dari orang-orang yang sudah pernah menggunakannya.

Anda membutuhkan jasa renovasi untuk membantu memperbaiki rumah? Silahkan kunjungi Suwun.co.id untuk mendapatkan layanan jasa renovasi terbaik sesuai kebutuhan. Selain jasa renovasi, ada banyak layanan jasa yang bisa Anda temukan melalui fitur pencarian.

Semua fitur yang tersedia di Suwun juga bisa Anda akses dengan mudah melalui aplikasi. Download Aplikasi Suwun di Play Store atau App Store dengan mudah dan gratis untuk menikmati fitur yang lebih lengkap.

Agar lebih mudah menghubungi jasa renovasi yang Anda inginkan, Anda bisa langsung hubungi melalui WhatsApp disini!

Artikel yang Direkomendasikan