Persiapan Renovasi Rumah yang Penting Dilakukan

persiapan-renovasi-rumah

Renovasi rumah menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghadirkan hunian yang nyaman sesuai keinginan. Anda perlu membuat persiapan renovasi rumah agar biaya yang Anda keluarkan tidak membengkak.

Persiapan Renovasi Rumah agar Hasilnya Maksimal

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu dilakukan sebelum renovasi rumah.

1. Rencanakan konsep atau desain renovasi secara matang

Langkah awal untuk merenovasi rumah adalah membuat perencanaan. Anda bisa berkonsultasi kepada jasa renovasi atau pihak-pihak yang ahli di bidang desain, konstruksi, dan interior.

Perencanaan awal ini diperlukan untuk menentukan seperti apa desain rumah yang diinginkan dari proses renovasi. Anda bisa melihat gambarannya melalui sketsa 2D atau 3D.

Selain desain rumah, persiapan sebelum renovasi rumah juga perlu dilakukan untuk pemilihan material yang akan digunakan. Material yang dipilih memiliki peranan untuk menjaga keindahan dan kondisi rumah lebih awet setelah renovasi.

Biasanya dengan perencanaan material yang akan digunakan, Anda bisa mengetahui estimasi biaya yang diperlukan untuk renovasi rumah. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, Anda bisa mencari referensi lain yang bisa dijadikan perbandingan sehingga dari segi biaya dan struktur atau desain rumah bisa sesuai dengan yang diharapkan. 

2. Persiapkan anggaran renovasi rumah

Setelah Anda mendapatkan gambaran secara detail mengenai desain dan biaya renovasi, Anda bisa mulai menyiapkan anggaran sesuai yang dibutuhkan. Bagi Anda yang menggunakan jasa renovasi, arsitek, atau kontraktor, biasanya akan mendapatkan informasi mengenai rancangan anggaran untuk material bangunan dan jasanya.

Secara umum biayanya dihitung berdasarkan volume pekerjaan dan harga satuan. Volume pekerjaan biasanya dihitung dari luas bangunan dan harga satuan adalah biaya tenaga kerja dan material.

3. Persiapan renovasi rumah dengan mengenali luas lahan dan bangunan

Luas lahan atau bangunan akan menentukan besarnya biaya renovasi yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memahami lebih detail tentang bangunan rumah Anda yang akan direnovasi.

Dengan lebih mengenal detail rumah, Anda mungkin bisa memilih konsep renovasi yang sesuai. Misalnya perbaikan sebagian atau merekonstruksi ulang dari nol yang lebih efisien dari segi biaya.

Baca juga: Desain Renovasi Rumah Bagian Depan dan Estimasi Biayanya

4. Persiapkan dana tak terduga

Persiapan renovasi rumah adat tidak jauh berbeda dengan rumah tapak biasa. Selain biaya utama untuk renovasi, ada baiknya Anda juga menyiapkan dana tak terduga sebagai cadangan. Dana ini akan dibutuhkan apabila ada hal-hal di luar rencana yang menyebabkan biaya renovasi lebih besar.

Faktor luar seperti perubahan harga bahan bangunan, faktor alam yang memaksa penundaan renovasi, atau masalah tenaga kerja yang membuat biaya ikut terkuras. Sebaiknya, Anda siapkan dana tak terduga untuk renovasi rumah dengan besaran sekitar 10% hingga 20% dari budget utama.

Kesimpulan

Sebagian orang mungkin sudah memiliki tukang langganan yang diandalkan untuk pengerjaan renovasi rumah. Namun, ketika tukang yang biasa digunakan ternyata tidak memiliki waktu yang sesuai yang Anda butuhkan, Anda bisa menggunakan jasa tukang yang lain.

Pilih jasa renovasi yang dapat membantu Anda untuk menyusun persiapan renovasi rumah seperti hal-hal yang sudah disebutkan di atas. Anda bisa cari rekomendasi dari tetangga atau dari internet untuk jasa renovasi yang bagus.

Bingung mencari jasa renovasi rumah yang bagus? Silahkan kunjungi Suwun.co.id untuk mendapatkan layanan jasa renovasi terbaik sesuai kebutuhan Anda.  Ada banyak layanan jasa yang bisa Anda temukan melalui fitur pencarian yang tersedia.

Semua fitur Suwun juga sudah tersedia di aplikasi yang bisa Anda download dengan mudah dan gratis. Download Aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk menikmati fitur yang lebih lengkap.

Agar lebih mudah menghubungi jasa renovasi yang Anda inginkan, Anda bisa langsung hubungi melalui WhatsApp disini!

Artikel yang Direkomendasikan