Biaya Bangun Kamar Mandi Dalam Berbagai Ukuran

Kamar mandi selalu terkesan dengan hal yang kurang bersih dan berbau. Namun saat ini Anda bisa merenovasinya agar rapi, indah, dan beraroma wangi. Untuk biaya bangun kamar mandi yang diinginkan tersebut memang tidak sedikit, tapi hasilnya dapat memuaskan.

Berapa Biaya Bangun Kamar Mandi?

Biaya untuk membangun kamar mandi tentunya sangat bervariasi. Hal tersebut disesuaikan dengan ukuran kamar mandi yang diinginkan. Luas dan sempitnya kamar mandi tentu saja akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan.

1. Biaya Buat Kamar Mandi 1.5 x 1.5

Ukuran 1.5 x 1.5 ini dapat dikatakan sebagai kamar mandi sederhana. Tentu saja tidak luas dan biasanya hanya berisi bak mandi, kloset jongkok, dan beberapa hal lain yang tidak banyak bisa ditambahkan di dalamnya. Untuk biaya bangun kamar mandi sederhana ini sekitar 700 – 900 ribu.

2. Biaya Kamar Mandi Budget 2 Juta

Jika ingin membangun kamar mandi dengan biaya 2 juta namun terkesan mewah ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Pertama ukurannya tidak perlu terlalu besar, misal 1,5 x 1,5 atau 2×1. Kedua Anda bisa pilih material yang unik dan terkesan elegan seperti:

  • Kloset Jongkok

Harganya cenderung murah, dan tidak terlalu banyak memakan tempat. Pilih warna yang tidak terlalu terang supaya tidak gampang terlihat kotor. Memadukan warna kloset dengan cat tembok kamar mandi juga lebih baik.

  • Shower

Budget 2 juta untuk biaya membuat kamar mandi ukuran 2×1, Anda masih bisa menambahkan shower sebagai alternatif jika tidak ingin menggunakan bak mandi. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan ember besar sebagai wadah pengisi air agar lebih hemat dari penggunaan bak tersebut.

  • Keramik Dinding dan Lantai

Pilih warna keramik dinding dan lantai sesuai selera. Menambahkan keramik di dinding memang bisa menjadikan kamar mandi lebih terang dan estik dibandingkan dengan dinding yang polos saja. Pastikan juga untuk memilih keramik lantai yang tidak licin agar mencegah terpeleset.

  • Perabotan Tambahan

Walaupun sederhana, kamar mandi harus tetap terlihat estetik dan rapi. Untuk itu Anda bisa menambahkan beberapa perabot tambahan dengan harga terjangkau seperti tempat sabun atau Shampoo, dan beberapa tanaman hias kecil yang bisa diletakkan pada tempat yang tersisa.

Baca juga: Desain Kamar Mandi Kecil tapi Elegan

3. Biaya Kamar Mandi Budget 3 Juta

Dengan 3 juta Anda bisa gunakan sebagai biaya bangun kamar mandi 2×2. Estimasi pembuatan kamar mandi budget 3 juta ini sekitar 7 hari. Untuk perhitungan biaya membuat kamar mandi sebesar 3 juta dalam 7 hari sebagai berikut.

Keramik dindingRp. 200.000
Keramik lantaiRp. 180.000
Kloset jongkokRp. 300.000
ShowerRp. 200.000
Cat tembokRp. 120.000
PasirRp. 180.000
SemenRp. 371.000 ((harga per sak Rp. 53.000) yang diperlukan 7 sak).
RakRp. 200.000
Tukang bangunanRp. 1.050.000 ( 7 hari x Rp. 150.000)
Total biaya bangun kamar mandiRp. 2.751.000

4. Biaya Bangun Kamar Mandi Lainnya

Tidak hanya biaya membangun kamar mandi yang perlu dipikirkan. Beberapa hal seperti Biaya renovasi kamar mandi juga perlu diperhatikan. Sebab tidak selamanya kamar mandi tetap sama, pasti akan ada kerusakan-kerusakan yang terjadi.

Untuk biaya yang dibutuhkan untuk renovasi tergantung dengan kerusakan yang kamar mandi. Jika parah maka harga akan lebih mahal karena perabot dan bahan lain bisa jadi harganya sudah tidak sama saat pertama kali membelinya. Namun untuk perkiraannya antara 700 ribu – 1 juta.

Jasa Bangun dan Renovasi Kamar Mandi

Bagi Anda yang ingin mencari jasa bangun dan renovasi kamar mandi, Silahkan kunjungi Suwun.co.id, dan masukan jenis layanan yang Anda butuhkan. Beberapa pilihan layanan akan muncul sesuai pencarian Anda.

Suwun juga menyediakan aplikasi yang dapat didownload dengan mudah. Download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk menikmati fitur lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan