Jasa Service Power Steering Terbaik

service-power-steering

Fungsi power steering cukup penting pada mobil, apapun jenis mobilnya. Jika power steering mengalami kerusakan maka akan sangat membahayakan pengemudi berikut penumpang mobilnya. Sehingga harus segera diperbaiki. Segera kontak jasa service power steering yang terbaik.

Apa itu Power Steering

Power steering adalah bagian dari suatu sistem kemudi. Fungsinya untuk mempermudah pengendara saat mengendarai mobil, terutama ketika hendak berbelok. Adanya power steering mampu meringankan beban dari gaya yang dihasilkan mobil ketika berbelok. Jadi ketika mengalami kerusakan maka perlu untuk segera menghubungi bengkel guna membetulkannya. Tak perlu khawatir dengan biaya service power steering nya, karena akan sebanding dengan hasilnya. Menyetir bisa dilakukan dengan lebih mudah, ringan dan aman.

Berbagai Jenis Power Steering

Pada saat ini setidaknya terdapat hingga tiga jenis power steering yang dipergunakan pada sistem kemudi mobil, yang berbeda cara kerjanya dan juga komponen-komponennya.

Hydraulic power steering

Hydraulic power steering bekerja dengan memanfaatkan tekanan fluida seperti minyak untuk bekerja. Jenis ini banyak dipergunakan pada mobil seri pertama dan juga pada mobil truk. Cara kerja Hydraulic Power Steering adalah secara manual.

Electronic Power Steering (EPS)

Jenis ini adalah yang terbaru yang menggunakan sistem otomatis dengan motor listrik. Beberapa mobil keluaran terbaru sekarang ini telah mempergunakan jenis power steering yang seperti ini. Cara kerja EPS adalah dengan secara otomatis.

Hydro Electric Power Steering

Jenis yang ketiga ini adalah hasil gabungan antara sistem hidrolik dengan elektrik.

Perbedaan antara ketiga jenis sistem power steering tersebut bisa mempengaruhi besaran harga service power steering nya.

Biaya service untuk power steering hidrolik biasanya lebih murah, jika dibandingkan dengan biaya service.power steering elektrik. 

Tanda Power Steering Perlu Perbaikan

Jika setir mulai terasa berat dan apalagi kalau ada bunyi yang aneh di roda depan terutama ketika hendak berbelok dan jangka pemakaiannya memang sudah lama atau sehabis mengalami tabrakan misalnya maka itu adalah tanda bahwa power steering perlu di cek dan mendapat perbaikan serta perawatan agar bisa berfungsi secara normal lagi. Sebaiknya segera hubungi jasa service power steering dengan secepatnya agar bisa mendapat penanganan dengan secara cepat dan tepat. Jangan tunda hingga kerusakannya makin parah, lalu biayanya pun akan membengkak. Masalah yang biasanya dialami pada power steering elektrik, adalah akibat ausnya rack dan pinion yang akan ditandai dengan bunyi khas yang timbul akibat besi yang beradu.

Baca Juga: Apa Itu Suwun? Simak Lengkapnya di Sini!

Komponen Power Steering

Sesuai jenisnya maka berikut ini komponen-komponennya.

Hydraulic Power Steering

Komponen-komponennya ada Reservoir Tank, dan Vane Pump juga Control Valve dan power Cylinder serta steering Gear dan Steering Linkage serta Steering Hose juga

Oli Power Steering dengan fungsinya Masing-masing dan yang bisa rusak pada salah satunya atau lebih atau bahkan hingga keseluruhannya sehingga perlu diganti total secara menyeluruh. Tergantung pada tingkat kerusakannya.

Electronic Power Steering (ESP)

Komponen-:komponen yang ada pada electronic power steering sangat jauh berbeda dengan komponen-komponen yang ada pada power steering jenis hidrolik. Hal ini disebabkan cara kerjanya yang berjalan dengan secara otomatis dan tidak menggunakan fluida ataupun minyak. Beberapa komponen electronic power steering tersebut antara lain ada Electronic Control Module (ECM) dan Motor Listrik serta Vehicle Speed Sensor dan Torque Sensor juga Steering Clutch maupun Noise Suppressor dan On board Diagnostic, dengan fungsinya masing-masing. Bisa salah satunya saja yang rusak atau beberapa diantaranya ada yang perlu diganti dengan yang baru atau bahkan seluruhnya perlu diganti dengan yang baru, tergantung pada seberapa parah kerusakannya.

Hydro Electric Power Steering

Komponennya merupakan gabungan antara sistem hidrolik dan sistem otomatis, karena cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan fluida ataupun minyak yang digerakkan oleh pompa dengan menggunakan motor listrik, tidak lagi menggunakan mesin. Yuk, cari service power steering di suwun.co.id.

Artikel yang Direkomendasikan