Mengenal Apa Saja Kegunaan Freon pada AC

kegunaan-freon

Penggunaan AC sudah familiar terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia dengan suhu rata-rata yang cukup panas pada siang hari. Bagi pemilik AC mungkin sering mendengar istilah freon terlebih bagi yang sudah pernah service AC. Lalu apa itu freon dan apa saja kegunaan freon di dalam AC? Simak ulasannya berikut ini.

Apa Saja Kegunaan Freon AC dan Jenisnya

1. Tentang freon

Freon adalah senyawa kimia yang banyak digunakan di mesin pendingin seperti kulkas dan AC. Kebanyakan orang mungkin mengenal senyawa berbentuk gas ini sebagai penghasil udara sejuk dari AC. Fungsi freon AC yang utama memang sebagai pendingin namun tidak secara instan freon menghasilkan udara sejuk.

Fungsi freon juga beragam tergantung jenis fluida yang digunakan. Freon terdiri dari beberapa jenis fluida seperti berikut.

  • CFS (Chlorofi fluoro carbon)
  • HFC (Hydro fluoro carbon)
  • HCFC (Hydro chloro fluoro carbon)
  • HC (Hydrocarbon)

2. Apa saja kegunaan freon pada sistem kerja AC?

Peran penting freon AC adalah membantu mengatur suhu ruangan yang berbeda-beda. Refrigerant ini akan mengalir melalui saluran pendingin dengan berbagai proses.

  • Freon atau refrigerant pada AC menyerap udara panas dari ruangan.
  • Freon kemudian mengubah suhu ruangan dari gas bertekanan rendah menjadi cairan bertekanan tinggi.
  • Freon akan dikeluarkan oleh komponen AC melewati kipas (unit luar) untuk membuang udara panas.
  • Freon atau refrigerant kemudian cool down dan menjadi gas bertekanan rendah.
  • Udara dingin yang dihasilkan freon akan melalui kipas (unit indoor) dan coils yang dingin untuk mengeluarkan udara sejuk ke ruangan.

Baca Juga: Penyebab AC Bunyi Bergetar

3. Jenis-jenis freon

Perbedaan jenis freon dapat berpengaruh pada kenyamanan saat digunakan. Masing-masing jenis freon tersedia dari harga yang murah hingga mahal. Berikut beberapa jenis freon yang paling sering digunakan.

  • Freon R22

Jenis Freon R22 adalah tipe refrigerant HCFC yang ini sudah dilarang penggunaannya karena berpotensi merusak ozon.

  • Freon R32

Jenis freon R32 memiliki potensi penyebab pemanasan global yang lebih rendah dibanding R22. Refrigerant ini aman digunakan untuk AC walaupun tergolong mudah terbakar.

  • Freon R410A

Jenis freon R410A tidak memiliki potensi perusakan ozon dan banyak digunakan pada AC inverter. Namun jenis freon yang tidak mudah terbakar ini memiliki potensi pemanasan global yang cukup tinggi.

  • Freon R290

Jenis freon R290 memiliki potensi penyebab pemanasan global yang paling rendah. Namun perusahaan AC tidak menggunakan jenis freon ini karena potensi mudah terbakar yang cukup tinggi.

4. Apakah freon AC dapat habis?

Seiring penggunaannya, freon AC dapat mengalami penurunan. Freon AC juga dapat berkurang karena AC mengalami kebocoran. Jika freon pada AC tidak sesuai, kinerja mesin pendingin menjadi kurang maksimal.

Memanggil tukang service adalah cara mengatasi freon AC rusak yang paling mudah. Biasanya jika ada kerusakan, tukang service akan memberikan beberapa pilihan seperti memperbaiki kebocoran, mengisi ulang freon, atau mengganti unit AC untuk kerusakan yang tidak bisa diperbaiki.

Itulah beberapa informasi menarik seputar AC untuk Anda yang bertanya-tanya apa saja kegunaan freon pada AC. Senyawa yang tidak berwarna dan tidak berbau ini harus dijaga karena jika kekurangan atau kelebihan freon pada AC bisa mempengaruhi kinerja mesin pendingin. Apabila terjadi kekurangan freon AC, Anda bisa memanggil teknisi untuk mengisi ulang freon agar AC kembali normal.

Bingung mencari jasa service? Silahkan kunjungi Suwun.co.id dan Anda bisa mencari jasa service AC yang bagus atau jasa service lainnya yang Anda butuhkan. Platform ini akan menampilkan berbagai pilihan layanan jasa sesuai dengan pencarian yang Anda masukan. Download juga aplikasi Suwun agar semakin mudah untuk Anda menemukan jasa service terbaik.

Artikel yang Direkomendasikan