Biaya Service Laptop Asus Berdasarkan Kerusakan

jasa-service-asus

Memiliki kendala dengan laptop ketika sedang digunakan tentu menjadi hal yang menyebalkan, sementara biaya service laptop Asus sendiri tidaklah murah. 

Lalu, berapa rata-rata biaya service asus yang perlu  dikeluarkan? Berikut informasi lengkapnya

Biaya Service Laptop Asus

Setiap jenis kerusakan pada laptop Asus Anda memiliki biaya yang berbeda-beda. Anda bisa melakukan service laptop Asus Anda di Asus service center. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat dan rinci rata-rata biaya service Asus berdasarkan jenis kerusakannya.

Install ulang

Masalah instal ulang laptop Asus hanya kerusakan yang berhubungan dengan sistem operasi. Umumnya terjadi karena banyaknya data sehingga membuat kinerja laptop menjadi lebih lambat.

Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk instal ulang sekitar 50-150 ribu saja.

Ganti LCD

Biaya yang dikeluarkan untuk ganti LCD tentu saja tidak murah. Masalah yang sering terjadi pada LCD adalah layer bergaris, buram dan pecah.

Biaya rata-rata untuk mengganti LCD Asus anda sekitar 700 ribu sampai 1,5 juta rupiah.

Memperbaiki hardisk

Memperbaiki harddisk membutuhkan biaya sekitar 200 ribu. Namun, harddisk yang disservice umumnya akan mengalami kerusakan lagi. Oleh karena itu Anda disarankan untuk menggantinya saja.

Biaya untuk ganti harddisk rata-rata sekitar 400 ribu untuk harddisk bekas kapasitas 500 GB, sedangkan untuk harddisk baru sekitar 600 hingga 800 ribu.

Mengganti Baterai

Baterai menjadi komponen penting bagi laptop, mengganti baterai laptop membutuhkan biaya sekitar 150 hingga 500 ribu rupiah.

Flash bios

Flash bios hampir mirip dengan instal ulang karena keduanya berhubungan dengan sistem operasi. Perbedaannya adalah instal ulang menyimpan sistem operasi di hard drive sedangkan flash bios di motherboard.

Biaya untuk flash bios di kota besar seperti service center Jakarta sekitar 100 hingga 300 ribu rupiah.

Ganti RAM

Ketika laptop muncul tulisan “Memory Error” itu artinya terjadi masalah pada RAM Asus Anda. Bias karena kendur, tidak pas pemasangannya, atau memang telah rusak.

Harga RAM dengan kapasitas 2GB sekitar 250 ribu, sedangkan kapasitas 4GB mulai 400 ribu rupiah.

Baca Juga: Suwun, Aplikasi Penyedia Jasa JABODETABEK

Mengganti speaker

Kerusakan pada speaker bias disebabkan karena dua hal yaitu pada sistem atau speaker itu sendiri. Jika kerusakannya karena pada sistem, cukup memasang ulang driver di laptop dengan harga sekitar 50 ribu rupiah.

Jika harus mengganti speaker, Anda perlu menyiapkan dana mulai 300 ribu rupiah untuk mendapatkan speaker baru.

Ganti keyboard

Untuk service keyboard, rata-rata membutuhkan biaya hanya 80 hingga 150 ribu. Sedangkan untuk mengganti keyboard Anda perlu menyiapkan dana mulai 300 hingga 500 ribu rupiah.

Mengganti motherboard

Service motherboard laptop membutuhkan biaya paling tinggi dibandingkan dengan service jenis kerusakan lain. Hal ini karena motherboard merupakan bagian paling penting pada laptop yang berisi komponen-komponen kecil.

Biaya service motherboard mencapai 3 juta rupiah untuk kerusakan yang fatal. Anda akan disarankan untuk membeli laptop baru dengan harga yang lebih murah daripada memperbaikinya.

Mengganti kipas laptop

Kipas laptop yang bunyi disebabkan oleh berbagai hal, seperti kipas kotor, terdapat kotoran atau debu yang nyangkut atau terdapat salah satu kipas yang patah.

Jika kipas hanya kotor dan perlu dibersihkan, hanya membutuhkan biaya service 50 hingga 175 ribu. Namun, jika harus menggantinya karena patah Anda perlu menyiapkan dana 100 hingga 250 ribu rupiah.

Itulah biaya service laptop berdasarkan kerusakan yang bisa Anda jadikan referensi. Untuk melakukan perbaikan atau service Asus. Anda dapat mengunjungi suwun.co.id untuk mendapatkan informasi tempat service Asus di kota Anda. suwun.co.id sendiri merupakan jasa penyedia layanan service terlengkap dan terpercaya. Disini Anda akan mendapatkan berbagai informasi mengenai tempat service seperti elektronik terdekat di kota Anda.

Artikel yang Direkomendasikan