Rooftop Adalah: Pengertian dan Fungsinya

rooftop-adalah

Rooftop adalah bagian atas dari rumah yang tidak hanya untuk ditutup dengan atap yang bervariasi, namun juga bisa difungsikan sebagai lahan tambahan dalam suatu bangunan atau rumah dengan berbagai manfaat. 

Rooftop banyak diterapkan pada bangunan-bangunan modern dan jadi tempat yang cocok ruang pribadi dan public yang nyaman.

Pengertian Rooftop Adalah

Rooftop merupakan suatu atap dengan permukaan yang datar dan umumnya digunakan oleh orang sebagai tempat singgah di bagian atas bangunan. 

Rooftop secara umum berbentuk dek yang terbuat dari bahan beton. Banyak orang memanfaatkan rooftop sama halnya dengan fungsi dalam ruangan. Anda bisa menemukan rancangan rooftop pada gedung, hotel, rumah, café, atau jenis bangunan lain.

Pembuatan rooftop juga menjadi salah satu alternatif solusi untuk mengatasi kekurangan lahan. Rooftop bisa membuat suatu lingkungan berlapis sehingga jadi solusi yang baik untuk menambah ruang pada sebuah bangunan. Anda juga bisa memanfaatkan rooftop untuk area menanam dan berkebun agar area rumah tetap asri.

Fungsi Rooftop

Rooftop memiliki beberapa fungsi yang bisa diterapkan, antara lain:

1. Ruang Makan

Dengan menambah set meja dan kursi, maka Anda sudah bisa menyilap rooftop Anda menjadi area makan yang layak. Dengan desain rooftop, maka memungkinkannya untuk memasukkan beberapa perabot yang cukup berat. Area rooftop cocok untuk menikmati cuaca cerah sambil makan bersama keluarga.

Baca juga: Inspirasi Rooftop Rumah Minimalis, Buat Rumah Jadi Cozy dan Menawan

2. Ruang Bersantai

Rooftop yang berada di bagian atas dan juga cukup luas akan sangat cocok digunakan untuk bersantai. Sebagai penunjang, Anda bisa meletakkan bean bags, sofa, buku, aneka cemilan dan hal pendukung lainnya.

3. Area Kolam Renang

Rooftop juga cocok untuk Anda jadikan area kolam renang di rumah, sama halnya dengan yang ada di hotel. Anda harus melakukan perencanaan dan memperhitungkan segalanya dengan baik agar fungsi kolam renang di rooftop tidak akan menemukan banyak kendala.

4. Ruang Pertemuan

Ini banyak diterapkan di perkantoran yang memiliki rooftop. Memiliki ruang pertemuan di rooftop adalah hal yang bisa memberikan kesan tenang karena area ini ada di bagian atas dan lebih terpisah, sehingga Anda bisa lebih fokus saat menjalani suatu pertemuan.

Mau order jasa arsitektur secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan