Perbandingan Pintu Sliding dan Pintu Folding

penggantian-pintu-kamar-mandi

Pintu sliding dan pintu folding merupakan dua jenis pintu yang kerap digunakan pada desain interior atau eksterior rumah. Meski keduanya memiliki cara membuka dan menutup pintu yang berbeda, namun ada sejumlah perbedaan yang dimiliki.

Kedua jenis pintu ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga bagi Anda yang ingin memilihnya harus melihat perbandingannya. Nah, di bawah ini merupakan beberapa perbandingan antara pintu sliding dengan pintu folding secara umum.

Baca Juga: Jenis Layanan dan Harga Arsitektur

Perbedaan Pintu Sliding dan Pintu Folding

Perbandingan antara pintu sliding dengan pintu folding yang perlu Anda ketahui adalah:

Ruang yang Dibutuhkan

Bagi Anda yang sedang bingung memilih jenis pintu sliding atau folding, perlu memperhatikan ruangan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Pintu sliding membutuhkan lebih banyak ruangan pada sebelah samping pintu untuk membuka pintunya.

Sedangkan, pintu folding tidak memerlukan ruangan banyak dan lebih fleksibel pada pengaturan ruangan, jadi lebih cocok untuk ruangan kecil maupun membutuhkan banyak perubahan tata letaknya.

Keamanan

Dilihat dari sisi keamanannya antara pintu sliding dan pintu folding, biasanya pintu sliding lebih sulit dijebol oleh orang lain sebab mempunyai banyak panel pintu yang perlu dilewati agar bisa masuk ke dalam. Sedangkan, jenis pintu folding lebih mudah dijebol sebab memiliki banyak panel yang memungkinkan dibuka satu persatu.

Kemudahan Penggunaannya

Pintu sliding biasanya membutuhkan sedikit usaha untuk membuka atau menutup pintunya. Apalagi jika ada masalah di jalur geser atau relnya, sehingga akan menyebabkan pintu sulit digunakan. Pada pintu folding membutuhkan sedikit usaha untuk membuka serta menutup pintunya.

Estetika

Pintu sliding kerap digunakan untuk memberikan kesan modern dan minimalis. Sementara itu, pintu folding digunakan untuk memberi kesan tradisional dan klasik.

Biaya Pembuatan

Dilihat dari segi biaya pembuatannya, pintu sliding dan folding bisa jadi mahal karena tergantung dengan bahan serta ukuran pintu yang dipilih. Dalam fleksibilitas, jenis pintu folding lebih unggul sebab bisa mengakomodasi kebutuhan ruangan secara berbeda dan bisa dilakukan penataan ulang dengan mudah.

Seperti itulah beberapa perbandingan antara pintu sliding dan pintu folding yang harus Anda ketahui sebelum memilihnya.

Mau order jasa arsitektur secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan