Pagar Roster Minimalis, Desain dan Cara Perawatan

Roster atau kerap disebut dengan breeze block adalah jenis material bangunan yang banyak digunakan sebagai ventilasi dan dekorasi rumah. Pagar roster minimalis kini menjadi pilihan desain pagar multifungsi sehingga bisa membuat tampilan rumah terlihat lebih menawan dan mempunyai ciri khas. Roster dibuat dengan berbagai macam motif yang jika disusun dengan benar bisa membentuk satu pola yang unik dan menarik.       

Inspirasi Desain Pagar Roster Minimalis

Di toko bangunan, harga bahan roster terbilang cukup terjangkau sehingga bisa digunakan oleh semua kalangan masyarakat. Pembuatan pagar yang menggunakan bahan roster juga lebih cepat sekaligus hemat biaya. Berikut ini adalah beberapa inspirasi desain untuk desain dari pagar roster rumah minimalis namun tetap terlihat elegan dan bergaya.      

1. Pagar roster bata merah

Inspirasi desain yang pertama adalah yang menggunakan bata merah. Pembuatan pagar dengan menggunakan roster bata merah bisa diaplikasikan hampir di seluruh bagian pagar. Penggunaan roster bata merah bisa memberikan kesan tema industrial yang membuat tampilan rumah terlihat lebih keren.

Banyak yang menambahkan tanaman hias di tepi pagar untuk membuat pemandangan rumah terlihat lebih asri. Sebagai referensi tambahan, Anda bisa memadukan roster bata merah dengan menggunakan pagar besi warna coklat atau pagar roster beton minimalis.

2. Pagar roster segitiga atau kotak

Desain roster yang berikutnya adalah roster segitiga. Bentuk roster yang unik sangat cocok untuk dipadukan dengan tiang horizontal dan pagar yang terbuat dari bahan baja. Penggunaan roster segitiga ini bisa membuat rumah Anda terlihat lebih berkesan modern minimalis.

Selain roster segitiga, banyak juga yang menggunakan bentuk roster kotak. Penggunaan bentuk kotak biasanya untuk memberikan kesan tema industrial sehingga banyak digunakan pada bangunan kantor atau gedung publik.

3. Pagar roster minimalis dengan tanaman

Desain pagar roster minimalis yang berikutnya adalah roster yang dipadu padankan dengan tanaman hias yang merambat. Selain bisa membuat pemandangan terlihat lebih asri, penggunaan tanaman merambat bisa menjadi salah satu spot untuk bersantai penghuni rumah.

Maka pagar roster bukan hanya dibuat sebagai pembatas bangunan saja, namun juga sebagai dekorasi rumah dan membuat sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih maksimal.

Itulah beberapa desain pagar roster yang minimalis. Untuk finishing pembuatan pagar roster Anda bisa menggunakan roster apa adanya sehingga menampilkan warna alami dari bahan roster yang digunakan.

Baca juga: Rumah Lebih Menarik dengan Desain Pagar Roster

Cara Merawat Pagar Roster Minimalis

Pagar roster sekilas terlihat mudah dan praktis untuk dibuat, namun ternyata pagar ini juga memerlukan perawatan sehingga tampilannya bisa selalu menawan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan perawatan pada dinding pagar roster minimalis di rumah.

  • Gunakan cat pelapis air dengan warna bening (tanpa warna). Tujuannya untuk melindungi roster dari air sehingga tidak berubah warna.
  • Khusus untuk roster granit bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan kain lap atau kemoceng
  • Beri lapisan coating agar pengendapan air hujan yang terjadi tak merusak bahan roster
  • Lakukan cat ulang jika bahan roster mengalami perubahan warna
  • Cek dan beri tambahan mortar setidaknya setahun sekali untuk menghindari terjadinya pengeroposan mortar yang bisa merusak pagar roster.

Demikian ulasan tentang pagar roster minimalis, ide desain dan cara perawatan yang terbaik. Pagar roster terletak di bagian luar rumah sehingga memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang optimal. Namun ada juga yang mengaplikasikan model pagar roster minimalis di bagian dalam rumah sehingga perawatannya lebih ringan.

Jika Anda membutuhkan layanan jasa pembuatan pagar roster minimalis, kunjungi saja website Suwun.co.id. Tersedia ada banyak layanan jasa yang terdekat dari tempat tinggal, yang bisa Anda pesan secara online sesuai kebutuhan.

Jangan lupa untuk unduh dan install aplikasi Suwun di ponsel Anda melalui Play Store atau App Store untuk dapatkan kemudahan dalam genggaman tangan.

Artikel yang Direkomendasikan