Perekam Layar HP, Laptop dan Tutorial Lengkapnya

Saat ini kita bisa menggunakan aplikasi perekam layar baik untuk mengambil tangkapan layar berupa foto atau merekam layar di berbagai perangkat gadget yang sedang digunakan. Untuk konten kreator, menggunakan fitur perekam layar sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Baik untuk menjadi sebuah video konten tutorial maupun untuk merekam keseruan saat bermain game.

Tutorial Gunakan Perekam Layar di HP, Laptop dan iPhone

Kegunaan fitur merekam layar di HP, laptop atau iPhone bukan hanya digunakan untuk kepentingan konten semata. Namun juga banyak yang menggunakan fitur tersebut untuk kepentingan pekerjaan hingga proses pembelajaran. Misalnya untuk merekam layar pada waktu dilaksanakannya kegiatan pertemuan via online.

Setelah proses merekam layar dilakukan, pengguna bisa melihat, mengedit dan membagikan gambar maupun video rekaman yang dibuatnya. Berikut beberapa tutorial untuk merekam layar dengan menggunakan beberapa gadget.

1. Merekam layar dengan HP

Sudah banyak HP atau smartphone yang membekali perangkatnya dengan fitur perekam layar baik dengan screenshot atau video rekaman layar. Berikut cara merekam layar dengan HP:

  • Buka smartphone kemudian geser layar ke bawah sebanyak dua kali dari posisi bagian atas layar
  • Ketuk layar HP pada bagian fitur Rekaman layar dengan cara geser layar ke bagian kanan atau ketuk edit lalu tarik rekaman layar
  • Pilih jenis layar yang ingin Anda rekam, klik Mulai segera setelah layar berada di posisi yang ingin direkam. Rekaman layar akan dimulai setelah adanya perhitungan mundur.
  • Jika Anda ingin menghentikan perekaman layar, geser layar ke bawah dari bagian atas layar kemudian ketuk notifikasi Rekaman Layar. File rekaman akan otomatis tersimpan dan bisa Anda buka di Galeri.

2. Merekam layar dengan laptop atau komputer PC

Cara kedua bisa dilakukan dengan menggunakan laptop atau PC. Anda bisa menggunakan kombinasi tombol yang tersedia di keyboard laptop atau komputer dan aplikasi perekam layar laptop untuk memulai rekaman layar. Berikut cara merekam layar dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard.

  • Tekan tombol Windows yang ada di keyboard, kemudian tekan tombol Alt+R secara bersamaan
  • Tunggu hingga fitur rekaman layar secara otomatis merekam aktivitas yang terjadi di layar laptop atau komputer
  • Jika rekaman layar yang diinginkan sudah selesai, Anda bisa mengklik tombol Stop Record yang ada di layar untuk menghentikan proses rekaman layar yang dilakukan
  • Beri nama pada file video perekam layar PC yang dibuat dan tentukan lokasinya sehingga mempermudah untuk menemukan saat dibutuhkan

Baca juga: Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop, Dijamin Berhasil

3. Merekam layar dengan iPhone

Cara yang ketiga adalah merekam layar dengan menggunakan iPhone, iPad atau iPod Touch. Berikut cara lengkap untuk melakukannya.

  • Buka iPhone kemudian akses Pengaturan dan Pusat Kontrol, ketuk tombol Tambah (+) yang berada di sebelah Perekaman Layar
  • Buka menu Pusat Kontrol di iPhone atau iPad yang digunakan
  • Ketuk tombol Rekam dengan warna tombol abu-abu, tunggu hitungan mundur yang berlangsung selama 3 detik
  • Kemudian Anda bisa keluar dari menu Pusat Kontrol untuk merekam layar yang diinginkan
  • Jika ingin berhenti merekam, buka kembali menu Pusat Kontrol kemudian ketuk tombol Rekam. Atau bisa juga dengan mengklik status bar yang berwarna merah pada bagian atas layar dan ketuk untuk Berhenti.
  • File perekam layar iPhone akan tersimpan di app Foto di ponsel

Cara Gunakan Aplikasi Perekam Layar

Anda juga bisa melakukan rekaman layar dengan menggunakan aplikasi secara khusus. Namun sebelum menggunakannya Anda terlebih dahulu harus download perekam layar dan menginstall aplikasi perekam layar di perangkat yang akan digunakan.

Anda bisa membuat sebuah video rekaman layar menjadi video tutorial yang bermanfaat untuk orang lain. Selain melakukannya sendiri, Anda juga bisa memanfaatkan layanan jasa edit video yang bisa dengan mudah diperoleh di laman website Suwun.co.id.

Anda juga bisa mendapatkan informasi layanan jasa tersebut melalui aplikasi Suwun yang bisa didownload dan diinstall melalui Play Store atau App Store di perangkat HP yang digunakan. Yuk unduh sekarang juga.

Artikel yang Direkomendasikan