Tips Mengatasi Pipa Tersumbat dengan Jasa Tukang Ledeng

jasa-tukang-ledeng

Cari jasa tukang ledeng untuk mengatasi pipa tersumbat? Simak lengkapnya di sini!

Saluran air mampat memang selalu menjadi masalah yang menyebalkan. Mulai dari air di wastafel tak kunjung surut sampai air di kamar mandi menggenang, penyumbatan pada saluran selalu membuat jengkel.

Jangan pernah menunda-nunda untuk memperbaikinya karena jika telat saluran pembuangan air bisa tersumbat sepenuhnya. Malahan lebih parahnya lagi saluran bisa bocor.

Namun tenang saja, tulisan ini akan membantu kalian mengatasi penyumbatan saluran pembuangan air dengan cara mudah dan sederhana. Lantas, seperti apa cara memperbaiki pipa yang tersumbat? Simak pembahasannya bersama-sama!

Penyebab Pipa Saluran Tersumbat

Nah, untuk menghindari hal tersebut simak artikel ini, kami akan membahas hal-hal apa saja yang harus Anda perhatikan untuk mencegah dan mengatasi pipa saluran air Anda yang mampet dan tersumbat. Jika mengalami ini, Anda bisa menggunakan jasa tukang ledeng.

1. Sampah Makanan

Sampah makanan menjadi penyebab utama dari tersumbatnya pipa paralon. Biasanya berasal dari sisa makanan pada piring yang akan dicuci. Sisa makanan seharusnya dibuang ke tempat sampah, sebelum diletakkan ke dalam wastafel pencuci piring. Bila sisa makanan ini sering dibiarkan mengalir dengan air cucian, maka tidak heran jika saluran ada sewaktu-waktu tersumbat karena sampah sisa makanan Anda yang menumpuk.

2. Endapan Sabun

Endapan sabun ternyata bisa membuat pipa wastafel Anda menjadi tersumbat. Hal ini dikarenakan senyawa sabun sangat mudah menyatu dengan material lain. Senyawa sabun yang mengendap dan menempel di dinding-dinding paralon lama-lama kelamaan akan semakin banyak sehingga akan menyumbat saluran pipa Anda. Biasanya endapan sabun ini berwarna putih.

3. Endapan Lumpur dan Kotoran

Selain dua hal di atas, biasanya Anda juga akan mencuci tangan di wastafel setelah beraktifitas di luar. Aktivitas fisik seperti berkebun tentunya akan menyebabkan tangan Anda penuh dengan tanah. Ketika Anda mencuci tangan maka tanah akan bercampur dengan air menjadi lumpur. Lumpur adalah material yang lengket, ini akan sangat mudah menyumbat pipa paralon Anda.

Baca Juga: Suwun – Aplikasi Penyedia Jasa Terpercaya!

Cara Mengatasi Pipa Tersumbat 

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik mengatasi pipa paralon yang tersumbat, Anda juga bisa menerapkannya untuk mencegah saluran air Anda mampet :

1. Gunakan Garam dan Air Panas

Selain untuk makanan, garam juga memiliki manfaat untuk mengatasi pipa tersumbat maupun menjaga kebersihan wastafel.

Kamu cukup lakukan dengan seminggu sekali untuk menuangkan garam dan sedikit baking soda.

Selanjutnya, siapkan air panas sebanyak 2 liter untuk menyiramnya dengan mudah.

2. Manfaatkan Tali 

Pipa tersumbat di rumah dapat kamu alirkan hanya dengan seutas tali saja secara cepat dan mudah.

Kamu bisa membuat gulungan plastik berukuran sedang (disesuaikan dengan diameter paralon) pastikan gulungan ini masuk dengan keadaan bebas.  Selanjutnya, ikat gulungan plastik ini menggunakan tali yang sekiranya memiliki panjang dan mencapai ujung paralon. 

Sebelum memasukkan alat sederhana ini alirkan paralon terlebih dahulu dengan air dan biarkan sejenak kurang dari satu menit, masukkan tali dengan tetap menyalakan air keran.

3. Gunakan Baking Soda dan Cuka

Baking soda bersifat basa murni sedangkan cuka bersifat asam.

Campuran keduanya akan membuat reaksi kimia berbentuk gelembung yang ampuh sekali sebagai cara mengatasi saluran air mampet.

Berikut adalah cara untuk mengaplikasikannya:

  • Tuangkan secangkir baking soda ke dalam saluran pembuangan air yang mampat;
  • Bilas dengan 2 cangkir air mendidih dan diamkan beberapa menit;
  • Tambahkan secangkir baking soda dan ikuti dengan secangkir cuka; dan
  • Bilas dengan dua cangkir air mendidih ketika gemuruh dan buih sudah hilang.

4. Pembersih Bahan Kimia

Ada beberapa pembersih kimia yang dijual dalam pasar untuk membersihkan dinding pipa dari partikel-partikel berminyak dan kotor. Hal ini tentu mempermudah, namun harga yang ditawarkan terkadang cukup mahal untuk berat kemasan sekitar 110 gram dengan harga 65 ribu ke atas. Untuk hasil cukup memuaskan, jadi tidak salahnya untuk mencoba dan menemukan solusi yang efektif. Untungnya pemebersih bahan kimia ini tidak korosif, jadi aman untuk pipa Anda.

5. Lemon dan Cuka 

Selain baking soda, cuka dapur juga bisa kamu tambahkan dengan perasan air lemon dengan asam kuat untuk mengatasi pipa tersumbat.

Kamu bisa terapkan penggunaan lemon dan cuka menyerupai teknik pembersihan dengan baking soda dan cuka dapur.

Selain fungsi membersihkan, lemon juga bisa mengurangi kadar minyak yang membandel pada wastafel sehingga jauh lebih bersih. Jika hal ini tidak bekerja dengan baik, Anda bisa panggil jasa tukang ledeng ke rumah.

6. Minuman Soda Berkarbonasi 

Meski memiliki kadar gula tinggi, minuman soda berkarbonasi ternyata menjadi salah satu cara mengatasi pipa tersumbat di rumah.

Kamu cukup tuangkan 2 liter minuman jenis ini dan biarkan selama 2 jam kemudian dibilas dengan air biasa.

7. Gunakan Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Sabun cuci piring bisa mengatasi penyumbatan pipa air yang disebabkan oleh lemak dan minyak.

Untuk mengaplikasikannya, cukup tuang sedikit sabun cair untuk cuci piring pada saluran yang tersumbat.

Setelah itu, bilas dengan air mendidih. Untuk menghindari penyumbatan di kemudian hari, lakukan proses ini setidaknya sekali dalam seminggu.

Itulah beberapa cara mengatasi pipa tersumbat dengan mudah yang bisa kamu lakukan dari rumah. 

Booking Jasa Pemasangan, Perbaikan dan Perawatan Pipa atau Tukang Ledeng (Plumber) melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan