Apa Itu Bordes? Ini Fungsi dan Kegunaannya!

cat-eksterior-rumah-warna-coklat

Bordes adalah istilah yang mungkin cukup asing bagi sebagian besar orang. Padahal, keberadaannya memiliki fungsi dan tujuan penting. Sebagai elemen penting dalam konstruksi tangga, keberadaannya tentu dijumpai di berbagai jenis tangga.

Fungsi Bordes Adalah?

Dalam menaiki anak tangga, tentunya Anda akan merasa lelah dan ingin berhenti sejenak. Area yang terdapat pada tangga guna istirahat sejenak tersebut dikenal dengan istilah bordes.

Bordes adalah anak tangga dengan ukuran yang lebih besar dan luas. Hal ini tentu memiliki fungsi tersendiri dalam penggunaannya seperti:

1. Tempat Istirahat

Fungsi utama dari bordes ini adalah sebagai tempat istirahat. Dalam menaiki anak tangga, Anda dapat berhenti sejenak dalam menghilangkan rasa lelah dan merelaksasi kaki. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi resiko kram kaki pada saat menaiki tangga.

2. Belokan Tangga

Hadirnya bordes pada tangga juga dapat dibuat sebagai belokan. Adanya bordes ini dapat menjangkau seluruh area yang berada di atasnya apabila panjang dari tangga tersebut tidak mencukupinya.

Baca Juga: Jasa Desain Arsitektur dan Daftar Harganya

3. Mengurangi Resiko Terjatuh

Bordes menjadi elemen yang cukup penting pada tangga karena mampu mengurangi resiko terjatuh. Jatuh dari tangga merupakan kecelakaan yang dapat menyebabkan seseorang terluka dan bahkan cacat fisik. Untuk itu, dalam membuat tangga pastikan memperhatikan adanya bordes.

Mengingat ketiga fungsi tersebut, bordes termasuk elemen penting pada bangunan rumah atau kantor sehingga perlu diperhatikan dalam pembuatannya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat bordes adalah:

  • Bordes dapat dibuat apabila tangga bangunan tersebut memiliki lebih dari 12 anak tangga.
  • Ukuran bordes cukup bervariasi, idealnya 80,100 dan 120 cm.
  • Perhatikan maksimal sudut kemiringan 40 derajat dan minimal pada 25 derajat.
  • Dengan mempertimbangkan kenyamanan, luas bordes dapat dibuat dengan lebar 1 meter.
  • Perhatikan ukuran panjang pijakan tangga yang akan dibuat. Sebaiknya pijakan tangga berukuran 20-30 cm dan jarak antara anak tangga sekitar 15-29 cm.

Agar tidak salah langkah dalam membuat bordes pada tangga, pastikan Anda menggunakan jasa profesional yang telah berpengalaman dalam membuat konstruksi bangunan.

Mau order jasa arsitektur secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan