Teras Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

teras-adalah

Membuat sebuah teras adalah sebuah ide yang bagus untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan juga pencahayaan alami di rumah Anda. 

Anda juga bisa menggunakannya untuk tempat istirahat dan bersantai menghirup udara luar rumah yang lebih segar. Area ini juga bisa digunakan sebagai area penyambutan tamu.

Pengertian Teras Adalah

Teras adalah suatu area dengan lahan yang terbuka, datar, dan terkesan luas yang terletak di sebuah bangunan, contohnya rumah. 

Berdasar fungsinya, teras tidak hanya bisa dibangun di area lahan depan rumah, tapi juga bisa di bagian atap rumah seperti balkon. Tapi bedanya, teras akan punya ukuran lebih besar dibandingkan balkon. 

Teras bisa dirancang dengan banyak cara, seperti dibuat kanopi, dikelilingi pagar atau dinding, terbuka atau tertutup.

Manfaat Teras

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari pembuatan teras rumah, antara lain:

  1. Bisa memperoleh suplai udara dan angin segar lebih besar daripada yang didapat di dalam rumah atau kamar.
  2. Sinar matahari yang terpapar secara langsung dan alami.
  3. Bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan dan bersantai di sekitarnya.
  4. Bisa digunakan sebagai area untuk menjemur pakaian.

Baca juga: Inspirasi Model Teras Rumah Panjang

Jenis-Jenis Teras

Berikut ini adalah beberapa jenis teras yang umum digunakan:

1. Teras Atap Romantis

Ini adalah jenis teras yang umum dengan atap tertutup, di mana satu sisi ditopang tiang, dan sisi lainnya ditopang oleh tembok.

2. Teras Tempered Glass

Teras yang dibuat dengan atap yang menggunakan kaca bening atau buram yang kokoh, dan akan memberikan Anda suplai cahaya yang cukup sehingga area teras Anda tetap nampak cerah.

3. Teras Tirai

Teras ini biasanya dibangun dengan kayu yang kokoh dengan atap dari kayu, kain, atau kaca. Tirai biasanya akan dipasang di area teras yang terbuka.

4. Teras Atap Baja

Ini adalah jenis teras yang tengah banyak diminati karena bisa melindungi area depan rumah dan teras Anda dari serangan terik matahari dan derasnya hujan. Bentuknya biasanya seperti baja yang mengambang.

5. Teras Modern

Teras adalah hal yang mengikuti zaman, Anda bisa menemukan yang atapnya bisa dikendalikan dengan remote untuk membuka dan menutup. Ini memungkinkan pemilik rumah untuk mengatur luas atap teras sesuai dengan situasi dan kondisi.

Mau order jasa arsitektur secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan