Fasad: Pengertian, Material, dan Fungsi Pentingnya

jasa arsitektur

Kata fasad sendiri berasal dari bahasa Prancis façade yang artinya depan atau muka. Tidak mengherankan jika secara harfiah, fasad adalah bagian muka atau depan bangunan. Meski demikian, arti fasad rumah sendiri merupakan sisi luar dari suatu bangunan.

Fasad Adalah: Bahan Penyusun dan Fungsinya

Meskipun memiliki arti bagian depan rumah, pada dasarnya fasad merupakan wajah utama pada suatu bangunan, baik di bagian depan hingga sisi bangunan. Jika kita memandang suatu bagian luar rumah, bagian inilah yang dikenal dengan istilah fasad.

1. Bahan Penyusun Fasad

Jenis material penyusun fasad sejatinya tidak jauh berbeda dengan material bangunan secara keseluruhan. Mulai dari batu bata, kayu, bahkan keramik dengan esensi dan estetikanya masing-masing. Anda juga dapat menjadikan batuan alam dan metal sebagai bagian dari fasad.

Selain itu, komponen yang ada pada fasad juga beragam. Dengan berbagai material yang digunakan, fasad dapat terdiri dari beberapa komponen seperti pintu, dinding, jendela, kanopi, hingga bagian sun shading untuk mengurangi cahaya silau.

Baca Juga: Jasa Desain Arsitektur dan Harga Jasa

2. Fungsi Penting Fasad

Fasad rumah pada dasarnya memiliki sederet fungsi estetika. Meski demikian, bagian ini juga memiliki fungsi esensial yang akan melindungi penghuni rumah dari cuaca, menjaga privasinya, hingga membantu menstabilkan suhu di dalam ruangan yang ada di rumah tersebut.

Sebagai elemen pertama yang dilihat pada suatu rumah, fasad yang baik dan menarik tentu juga akan memberikan kesan positif bagi banyak orang. Penggunaan fasad juga dapat menjadi bagian dari identitas rumah dan ciri khas dibandingkan hunian lain di sekitarnya.

Tidak hanya itu, fasad rumah juga dapat memiliki nilai komersial. Fasad dengan desain atau arsitektur yang menarik tentu akan menarik perhatian orang-orang. Jika hunian dengan fasad yang unik dan menarik dijual, tentu nilai dan harga dari rumah tersebut dapat meningkat.

Itulah beberapa hal penting mengenai fasad rumah yang harus dipahami. Tentunya, fasad adalah bagian rumah yang perlu diperhatikan saat Anda membangun hunian. Dengan begitu, rumah tidak hanya sekadar nyaman, namun juga menonjolkan sisi estetika dan komersial.

Mau order jasa arsitektur dan tukang secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa di area Jabodetabek yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. 

Beragam jasa seperti pertukangan, wedding organizer, guru les, pelatih olahraga, PRT, pindahan, perbaikan AC dan kulkas bisa Anda dapatkan semudah klik aplikasi Suwun, serta mengunjungi media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Dapatkan juga informasi seputar tips dan trik di Blog kami,  lho!

Artikel yang Direkomendasikan