Focal Point: Cara Menghadirkan Fokus dalam Rumah

focal point

Dalam desain arsitektur, titik fokus atau focal point merupakan area fokus pada suatu ruang yang menjadi pusat perhatian. Hal ini karena esensi pada elemen ini lebih menonjol dan menarik perhatian dibandingkan dengan komposisi atau elemen lain di suatu hunian.

Tips Menghadirkan Focal Point dalam Hunian

Suatu titik focal biasanya berupa elemen yang menarik dan dramatis, misalnya dinding dengan warna yang lebih gelap atau mencolok. Bisa juga berupa elemen kecil seperti karya seni atau furniture, bahkan karpet dan keramik. Untuk menghadirkannya, coba beberapa tips berikut:

1. Memastikan Lokasi yang Tepat

Hal pertama yang sudah pasti harus dilakukan yakni menentukan mana lokasi yang tepat untuk dijadikan titik fokus. Salah satu caranya dengan melihat fungsi esensial dari sebuah ruangan dan menempatkan titik focal pada sisi yang paling terlihat.

Misalnya Anda ingin menciptakan fokus pada ruangan keluarga sehingga Anda dapat menciptakan fokus pada area dinding yang ada di belakang televisi. Dikarenakan bagian ini lebih sering dilihat, Anda dapat menggunakan wall panel, dekorasi, hingga pajangan di atas TV.

Baca Juga: Jenis Layanan dan Harga Jasa Arsitektur

2. Tentukan Interior Focal Point

Memastikan titik fokus pada suatu ruangan juga dapat dilakukan dengan memadukan dekorasi dan perabotan sebagai bagian dari interiornya. Perpaduan ini tentu diharapkan dapat menonjolkan sisi dan titik fokus itu sendiri.

Meski demikian, pastikan kembali interior yang terpasang tidak terlalu berlebihan. Dengan begitu, ruangan akan tetap seimbang dan menarik untuk dilihat. Tempatkan juga elemen yang diinginkan pada tempat yang strategis untuk memperkuat kesan fokus.

3. Bermain dengan Warna

Pemilihan warna juga mempunyai peranan yang cukup penting dalam menghadirkan titik fokus pada sebuah ruangan. Salah satu cara untuk menghadirkan hal tersebut yakni dengan memberikan warna yang lebih kontras pada sisi atau titik yang akan dijadikan fokus.

Cara lainnya dengan memainkan kombinasi warna cat dan perabot pada suatu ruangan yang didominasi oleh warna-warna netral. Dengan begitu, akan muncul tampilan visual yang menarik dan memberi kesan harmonis pada desain rumah Anda.

Itulah beberapa hal mengenai bagaimana menghadirkan focal point dalam sebuah hunian. Memang bukan suatu hal mudah untuk membuat titik fokus, namun jika Anda ingin membuatnya, pastikan Anda berkonsultasi dengan desainer interior yang terpercaya.

Mau order jasa arsitektur dan desain interior secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa di area Jabodetabek yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. 

Beragam jasa seperti pertukangan, wedding organizer, guru les, pelatih olahraga, PRT, pindahan, hingga perbaikan AC dan kulkas bisa Anda dapatkan semudah klik aplikasi Suwun, serta mengunjungi media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Dapatkan juga informasi seputar tips dan trik di Blog kami,  lho!

Artikel yang Direkomendasikan