Apa Itu Drop Ceiling? Ini Kelebihan dan Inspirasi Desain Ruangan Elegan

drop ceiling

Drop ceiling adalah kunci dalam mempercantik ruangan dengan kesan yang lebih privat dan juga hangat. Terbuat dari panel gypsum atau plastik dalam rangka baja atau kayu, backdrop ini sangat cocok diterapkan pada ruangan tertutup seperti pada ruangan perkantoran, sekolah, rumah sakit dan lain sebagainya.

Apa Kelebihan dari Drop Ceiling?

Drop ceiling menjadi pilihan banyak orang karena keunggulan yang dimilikinya. Berikut keunggulan dari drop ceiling adalah:

a. Pemasangan Mudah dan Dipelihara

Panel drop ceiling terdiri dari tirai atau tali yang terhubung langsung dengan suspensi sehingga mudah untuk dipasang dan juga dipelihara. Selain itu, apabila terjadi kerusakan atau kotor maka mudah untuk diperbaiki dan dibersihkan.

b. Estetik dan Modern

Desain drop ceiling dibuat lebih modern sehingga cocok diterapkan untuk beberapa ruangan seperti gedung perkantoran, sekolah dan rumah sakit. Dengan begitu, penampilan ruangan akan semakin estetik dan kekinian. Anda juga dapat menerapkannya pada hunian Anda sehingga akan memperoleh tampilan atap yang cantik.

c. Kedap Suara

Plafon drop ceiling dapat menyerap suara dengan baik sehingga sangat cocok diterapkan pada ruangan dengan tingkat kebisingan yang tinggi. Apalagi jika Anda tinggal di dekat jalan raya atau kawasan industri tentu suara bising tersebut tidak dapat dihindari.

Baca Juga: Jasa Desain Arsitektur dan Daftar Harganya

d. Akses ke Sistem Instalasi Semakin Mudah

Adanya drop ceiling dapat memudahkan sistem instalasi seperti kabel dan pipa yang berada di atas plafon. Dengan begitu, apabila terjadi kerusakan dapat dilakukan perbaikan secara mudah.

e. Memperbaiki Akustik

Drop ceiling mampu memperbaiki akustik dengan mengalirkan suara secara merata pada seluruh ruangan. Hal ini dikarenakan plafon drop ceiling dapat menyerap suara dengan baik.

Meskipun banyak kelebihannya, dalam pemasangan drop ceiling juga perlu mempertimbangkan kekurangannya seperti membutuhkan biaya instalasi yang besar, rentan rusak terhadap cuaca ekstrim dan tidak semuanya cocok dengan gaya arsitektur.

Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu pada pihak profesional mengenai drop ceiling adalah kunci dalam memperoleh tampilan yang sempurna. Namun, perlu dipertimbangkan juga budget yang Anda miliki.

Mau order jasa arsitektur secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan