Menghitung Biaya Bikin Rumah 2 Lantai

biaya-rumah-2-lantai

Saat ini banyak orang yang membuat rumah dua lantai sebagai solusi keterbatasan lahan. Dengan membuat rumah dua lantai maka bisa memiliki ruangan yang lebih banyak. Namun jika Anda ingin membangun rumah perhitungkan terkait dengan biaya bikin rumah 2 lantai dengan detail.

Keunggulan Membuat Rumah Dua Lantai

Sebelum ke pembahasan penghitungan biaya bikin rumah 2 lantai, perlu mengetahui keuntungan yang didapatkan.

1. Area Lebih Luas

Jika bicara mengenai luas lahan sebenarnya tidak ada perbedaan. Hanya saja dengan membangun rumah dua lantai maka bisa mendapatkan area ruangan yang lebih banyak. Artinya, luas area rumah adalah dua kali luas lahan.

2. Privasi Lebih Terjaga

Khususnya di area perkotaan, membangun rumah di lahan yang sempit menjadi hal yang biasa. Namun supaya privasi lebih terjaga maka bisa berinisiatif dengan memilih rumah dua lantai. Apalagi jika tinggal bersama keluarga kecil, bisa memberikan ruang kamar yang berbeda untuk anak-anak.

3. Penampilan Rumah Menarik

Perlu diketahui saat ini rumah minimalis 2 lantai lebih banyak diminati karena unik dan menarik. Jika dilihat dari desain arsitektur, ternyata tipe rumah 2 lantai memiliki penampilan luar yang cenderung lebih estetik.

4. Biaya Lebih Terjangkau

Jika dibandingkan membangun rumah satu lantai, biaya bikin rumah dua lantai memang cenderung lebih besar. Namun jika diperhitungkan cara keseluruhan, membangun rumah dua lantai jauh lebih efisien karena tidak perlu membeli lahan lagi untuk menambah ruangan.

Baca Juga: Jasa Renovasi Rumah Solo Berkualitas

Panduan Menghitung Biaya Bikin Rumah 2 Lantai

Setelah mengetahui beberapa keuntungan tersebut, selanjutnya yaitu perlu mengetahui tentang panduan biaya bikin rumah 2 lantai.

  • Biaya Tanah Tidak Digabung Dengan Biaya Bangunan

Ada dasarnya, biaya tanah berbeda halnya dengan biaya bangunan. Apabila digabungkan, maka cenderung akan terlihat sangat besar padahal sebenarnya tidak sebanyak itu. Jadi tidak seharusnya menggabungkan biaya tanah dengan biaya bangunan sehingga akan terasa lebih ringan.

  • Biaya Tukang Lebih Mahal Dari Biaya Material

Banyak yang tidak menyadari bahwa harga bikin rumah 2 lantai ternyata lebih mahal untuk membayar tukang dibandingkan biaya untuk membeli material bangunan. Bahkan biaya jasa tukang bisa setengah dari total pengeluaran. Oleh karena itu, pastikan memilih jasa tukang yang berpengalaman dan terpercaya.

  • Memilih Bahan Sesuai Trend

Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan yaitu pemilihan bahan atau material. Jangan ragu untuk belajar mengetahui tentang tren bangunan terbaru. Pasalnya, dengan mengetahui trend terbaru maka dapat lebih terbantu saat membuat RAB bangunan.

Misalnya untuk penggunaan material rangka aluminium atau rangka kayu. Harga keduanya tidak jauh berbeda tetapi rangka aluminium lebih awet dan dapat bertahan hingga lebih dari 10 tahun. Jadi material yang dipilih adalah rangka aluminium karena dapat menekan biaya membuat rumah 2 lantai menjadi lebih hemat.

  • Jasa Kontraktor Sebagai Pilihan

Menggunakan jasa kontraktor bukanlah sesuatu yang wajib dalam membangun rumah hunian. Apabila lebih fokus dalam hal penghematan budget tanpa mempertimbangkan hal lainnya jasa kontraktor bukanlah pilihan apabila persiapan biaya bikin rumah 2 lantai terbatas.

Namun jika mempertimbangkan secara keseluruhan, baik dari kepuasan hasil bangunan, proses pengerjaan, dan berbagai hal lainnya, jasa kontraktor patut untuk dipilih. Meskipun harus mengeluarkan biaya yang sedikit lebih tinggi, tetapi sudah dipastikan hasilnya sesuai dengan keinginan.

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, mulailah untuk memperhitungkan biaya bikin rumah 2 lantai dari sekarang. Untuk proses pembangunan supaya lebih efektif dan efisien maka bisa menggunakan jasa tukang bangunan atau jasa kontraktor sesuai kebutuhan.

Rekomendasi Jasa Tukang Terbaik agar Biaya Bikin Rumah 2 Lantai Tidak Membengkak

Bingung mencari jasa tukang bangunan profesional? Tidak perlu khawatir, langsung saja kunjungi Suwun.co.id untuk mendapatkan layanan atau jasa yang dibutuhkan.

Tinggal masukkan saja jasa atau layanan sesuai kebutuhan, kemudian akan ditampilkan beberapa pilihan dan rekomendasi terkait. Download Aplikasi Suwun di App Store dan Play Store untuk mendapatkan fitur lengkap lainnya.

Artikel yang Direkomendasikan