Desain Void Belakang Rumah Paling Estetik

Cara untuk membuat hunian memiliki banyak pencahayaan ke area di belakang rumah adalah dengan menerapkan desain void belakang rumah. Istilah void asalnya dari Bahasa inggris yang artinya adalah tidak terisi atau kosong.

Void ini biasanya diletakan di lantai atas dan bawah. Meskipun masih jarang yang menggunakannya di Indonesia tetapi void mempunyai berbagai manfaat.

Tidak hanya sebatas untuk memberikan pencahayaan secara alami ke hunian Anda, tetapi juga melancarkan sirkulasi udara. Hal ini sangat baik untuk membuat suhu di dalam ruangan tetap sejuk.

Pada dasarnya, void rumah biasanya disebut dengan plafon ganda. Maksudnya adalah ruang kosong terbuka yang letaknya berada di antara lantai satu dan dua. Void ini bisa mengubah interior rumah menjadi lebih estetik.

Bahkan penerapannya juga tidak hanya bisa dilakukan pada desain void rumah 2 lantai, tetapi juga satu lantai. Syaratnya adalah rumah satu lantai ini mempunyai plafon tinggi.

Inspirasi Desain Void Belakang Rumah

Lebih lanjut, berikut ini inspirasi desain void yang bisa Anda terapkan untuk hunian nyaman Anda.

Desain Void Belakang Rumah dengan Jendela Kaca

Anda bisa menghadirkan jendela kaca di area void ini agar hunian bisa memperoleh pencahayaan secara alami. Tetapi perlu diperhatikan bahwa Anda harus menggunakan jendela kaca yang diletakkan sesuai arah masuk dari cahaya matahari.

Dengan menghadirkan jendela ini, ruangan Anda dijamin akan tampak lebih terang dan bersih. Bahkan sirkulasi udara yang ada di dalamnya pun tetap terjaga.

Desain Void Area Halaman

Bagi Anda yang ingin menerapkan hunian dengan gaya green living, Anda bisa menerapkan clean garden dengan cara memanfaatkan void.

Adanya void ini memberikan kesan skylight dengan memberikan cahaya yang cukup. Sehingga bisa menghadirkan udara yang sejuk serta estetika ruangan semakin bertambah.

Baca juga: Harga Batu Alam Dinding Teras Depan Rumah Terbaru dan Terlengkap

Desain Void Area Dapur

Konsep void yang diterapkan di area dapur bisa memberikan kesan estetik dengan tampilan yang lebih minimalis. Adanya void ini bisa mempermudah sirkulasi udara masuk, terlebih ketika Anda memasak.

Sehingga momen ketika Anda berkumpul bersama dengan keluarga di meja makan akan semakin hangat dan menyenangkan. Apalagi jika Anda menghadirkan nuansa putih baik dari cat dinding ataupun furniture sehingga suasana ruangan semakin terang.

Desain Void Ruang Keluarga

Ruang keluarga juga bisa menggunakan desain void untuk menampilkan hunian yang lebih nyaman dan elegan. Anda bisa meletakkan kaca dengan ukuran besar yang ada di lantai satu dan lantai dua.

Sehingga ketika siang hari, ruang keluarga sudah terasa terang tanpa harus menyalakan lampu. Hal ini tentu saja sangat baik untuk lebih hemat energi listrik. Selain itu, semakin menambah kehangatan di ruang keluarga ketika Anda berkumpul. Anda juga bisa menambahkan desain atap void rumah.

Manfaat Void untuk Bangunan Rumah

Manfaat adanya void di bangunan rumah secara umum adalah untuk memberikan pencahayaan secara alami ke dalam rumah, yang bisa menembus langsung beberapa lantai. Kemudian memberi kesan yang lega dan luas di ruangan rumah.

Selain itu, memperlancar jalannya sirkulasi udara yang bisa menembus semua lantai. Selanjutnya menjadi ventilasi silang alami yang membuat suasana menjadi lebih sehat, mencegah kelembaban di dalam rumah dan mencegah jamur tumbuh. Lebih lanjut, bisa untuk menghemat energi dan memperindah desain rumah.

Itulah desain void belakang rumah yang bisa Anda adopsi untuk menghadirkan hunian yang lebih estetik dan nyaman. Untuk memudahkan Anda dalam membuat desain void maka bisa mencari jasa desain rumah di Suwun.co.id. Kunjungi situsnya lalu pilih jasa yang dibutuhkan atau bisa juga download aplikasi Suwun di Play Store serta App Store.

Artikel yang Direkomendasikan