Panduan Desain Gudang Belakang Rumah Minimalis dan Area Lainnya

Gudang bisa dibilang merupakan ruangan yang belum terpakai atau kosong, ketika ada banyak barang yang ingin disimpan atau tidak terpakai, maka bisa disimpan di gudang kalau tidak tahu harus disimpan di mana. Tapi kalau rumah Anda berukuran minimalis, maka desain gudang belakang rumah harus dipikirkan dengan baik, karena bisa saja harus membutuhkan desain khusus.

Manfaat Desain Gudang Belakang Rumah Minimalis

Optimalisasi Ruang

Dengan desain yang tepat, gudang belakang rumah dapat diubah menjadi ruang yang optimal, mengonversi setiap inci ruang menjadi area penyimpanan yang berguna.

Fungsi Gudang yang Efisien

Dalam desain minimalis, setiap elemen memiliki fungsi yang jelas. Gudang belakang rumah minimalis tidak hanya menyediakan tempat penyimpanan tetapi juga memberikan kemudahan akses.

Penyimpanan yang Terorganisir

Melalui desain yang baik, penyimpanan menjadi lebih terstruktur dan terorganisir, memungkinkan ruang penyimpanan digunakan secara efisien.

Persiapan Sebelum Melakukan Desain Gudang Belakang Rumah dan Area Lainnya

Sebelum Anda memutuskan desain untuk gudang rumah Anda, beberapa hal berikut harus Anda persiapkan:

  1. Merancang desain

Persiapkan rancangan desain terlebih dahulu, rancangan tersebut dipengaruhi letak area kosong di rumah yang tersedia, lalu barang seperti apa yang ingin disimpan termasuk bagaimana penyusunan barang tersebut. Rancangan ini bisa dicatat dan digambar baik itu menggunakan kertas langsung atau memakai software agar bisa maksimal membuat skema atau denah gudang.

  1. Tentukan lokasinya

Kalau sudah menentukan hal-hal di atas, tentukan area mana yang ingin menjadi gudang. Kalau tidak ada tempat kosong saat melihat dalam rumah, gunakan saja ruang luar rumah, apa lagi ada berbagai desain gudang perkakas belakang rumah yang menarik diterapkan.

Bagian sudut rumah seperti area bawah tangga dan sebagainya yang memang masih tersisa juga bisa menjadi opsi lain.

  1. Barang-barang dikelompokkan

Agar memudahkan penyusunan barang di gudang, lebih baik barang-barang dikategorikan terlebih dahulu sesuai jenisnya. Dengan begitu, maka bisa memudahkan kalau nanti ada barang-barang tertentu yang ingin dicari.

Baca juga: Desain Void Belakang Rumah Paling Estetik

Desain Gudang Belakang Rumah, Loteng, Bawah Tangga dan Lokasi Lainnya

Kalau persiapan di atas sudah Anda pahami, simak desain gudang berikut ini yang dapat dipertimbangkan:

1. Belakang rumah

Kalau di dalam tidak ada ruang belakang yang bisa direnovasi menjadi gudang, gunakan saja desain gudang belakang rumah. Tambahkan saja beberapa meja atau lemari agar dapat menaruh barang-barang jika ingin memilih desain gudang penyimpanan belakang rumah ini. Dengan menaruh tanaman hijau bisa juga memberi sentuhan kesegaran agar gudang lebih enak dilihat.

2. Basement

Anda dapat gunakan basement sebagai gudang kalau rumah Anda memilikinya. Desainnya dibuat standar saja, buat rak khusus atau etalase untuk penyimpanan. Lalu hal yang terpenting adalah terlebih dahulu dibersihkan dan pastikan memiliki cukup penerangan karena basement biasanya mudah lembap, dan tidak mudah dimasuki cahaya.

3. Loteng

Ada beberapa rumah yang mempunyai area loteng, kalau bagian loteng ini kosong, maka bisa Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan barang atau gudang. Loteng cukup dirapikan saja dan lantainya usahakan yang memiliki pelindung kuat seperti kayu kuat tapi ringan agar tak mudah rusak. Tambahkan juga sirkulasi udara dengan lubang atau jendela kecil.

4. Bawah tangga

Hunian rumah yang minimalis mungkin harus mengandalkan sisa sedikit ruang di sekitar tangga terutama di bawahnya yang bisa dijadikan tempat menyimpan barang-barang. Gudang mini ini tinggal disesuaikan saja seperti memakai lemari kecil atau etalase sebagai penyangga barang-barang.

Kalau gudang mini satu ini ditata dengan rapi, maka bisa menjadi area yang bermanfaat sekaligus unik di dalam rumah.

5. Satu lokasi dengan garasi

Bagian luar lainnya yang bisa dimanfaatkan yaitu garasi, rumah-rumah di negara barat biasanya sering memanfaatkan garasi mereka sebagai ruang gudang. Garasi pun nantinya tidak sekadar menampung kendaraan tapi tempat penyimpanan berbagai barang lainnya. Tambah saja etalase atau rak supaya lebih rapi.

Kalau Anda membutuhkan jasa desain gudang belakang rumah, bisa cari melalui website Suwun.co.id ataupun aplikasi Suwun. Download aplikasinya melalui App Store atau Play Store, ada fitur-fitur yang lengkap untuk membantu Anda menemukan jasa yang sedang dibutuhkan.

Artikel yang Direkomendasikan