Cara Menghilangkan Bau Kulkas Agar Bisa Kembali Segar

Tempat untuk menyimpan bahan makanan supaya awet dan tetap segar adalah kulkas. Penggunaan kulkas bisa menjadi masalah kalau sudah tercium aroma tidak sedap saat Anda membuka pintu kulkas tersebut. Agar hal seperti itu tidak terjadi pada Anda, penting tahu seperti apa cara menghilangkan bau kulkas.

Pentingnya Memahami Cara Menghilangkan Bau Kulkas

Bau yang tidak sedap di kulkas bisa saja mencemari semua isi di kulkas tersebut dengan cepat karena ada dalam kondisi tertutup. Kondisi ini bisa menjadi pertanda juga terdapat jamur atau bakteri di dalam yang berkembang.

Jika dibiarkan, maka bakteri tersebut bisa berbahaya untuk kesehatan anggota keluarga. Dampak lainnya yaitu cita rasa makanan bisa berubah juga karena terdapat aroma tajam.

Beberapa Cara Menghilangkan Bau Kulkas

Aroma kulkas yang tidak sedap tentu bisa sangat mengganggu, dampaknya bisa membuat makanan di dalamnya menjadi tidak segar atau tercemar. Banyak cara bisa Anda lakukan agar menghilangkan bau tersebut. Berikut beberapa tips atau cara menghilangkan bau kulkas tak sedap:

1. Memakai ekstrak vanila

Bukan hanya bisa menghilangkan aroma busuk saja, cara ini bisa membuat kulkas di rumah menjadi wangi vanila. Vanila itu sendiri bisa dibeli di toko terdekat yang menjual bahan-bahan kue, harga ekstrak vanila juga murah.

Anda bisa coba meneteskan vanila tersebut di kapas, lalu letakkan di kulkas. Pakai alas seperti piring kecil atau mangkuk supaya nantinya tidak meninggalkan bekas atau mengotori dalam kulkas.

2. Pakai kertas koran

Ada cara menghilangkan bau busuk di kulkas lain yang bisa Anda coba dan mungkin cara satu ini tidak banyak orang yang tahu. Anda bisa manfaatkan kertas koran, kertas koran mempunyai tekstur lebih ringan, daya serapnya pun lebih tinggi, sehingga bisa menyerap bau.

Anda cukup masukkan saja koran bekas tersebut ke kulkas, biarkan aroma busuk terserap kertas koran tersebut.

Baca juga: 15 Cara Merawat dan Menggunakan Kulkas Baru dengan Benar

3. Gunakan kantong teh

Agar lebih praktis, Anda bisa gunakan kantong teh. Tak hanya murah saja, teh mudah juga didapat bahkan di rumah Anda sekarang mungkin tersedia kantong teh. Cara menghilangkan bau kulkas memakai teh, bisa coba pakai teh celup. Alternatif lainnya yaitu memakai teh tubruk.

Anda bisa letakkan teh celup beberapa kantong saja di kulkas. Kalau Anda ingin memakai teh tubruk, maka Anda bisa coba memasukkannya terlebih dahulu ke mangkuk. Tidak perlu Anda menyeduh segala untuk cara menghilangkan bau kulkas dengan teh ini. Biarkan beberapa jam teh yang tidak diseduh di kulkas agar nantinya bisa menyerap aroma.

4. Menggunakan baking soda

Baking soda seperti yang banyak orang tahu memang sangat serba guna. Bukan hanya bermanfaat dalam membuat kue saja, kerap juga baking soda digunakan menjadi bahan pembersih. Baking soda ternyata bisa juga menyerap aroma-aroma.

Memakai baking soda tidak sulit sebagai cara menghilangkan bau amis di kulkas, masukkan saja baking soda tersebut ke gelas dan taruh di kulkas. Perlahan-lahan serbuk putih tersebut mampu menyerap bau sekaligus menetralkan aroma untuk seisi kulkas.

5. Pakai campuran cengkeh & buah lemon

Bahan-bahan tersebut bisa Anda pakai terpisah tetapi bisa juga pakai bersamaan agar efeknya maksimal. Kedua bahan ini memang sangat berbeda, tapi bisa bermanfaat untuk menyerap bau dan pada akhirnya mampu menghadirkan aroma menyegarkan baik dari aroma lemon maupun cengkeh.

Untuk Anda yang memiliki masalah pada kulkas atau ingin rumah Anda bersih terawat, Anda bisa memesan jasa service AC rumah melalui aplikasi Suwun dan website Suwun.co.id. Sekian bahasan mengenai cara menghilangkan bau kulkas kali ini, semoga bermanfaat.

Artikel yang Direkomendasikan