Membuat Contoh Nota Jasa Service Secara Mudah

contoh-nota-jasa-service

Setelah memberikan jasanya, pihak service biasanya akan memberikan nota. Hal ini tentu penting, baik bagi pelanggan maupun pemberi jasa itu sendiri. Pembuatan contoh nota jasa service juga harus dilakukan secara baik sehingga mudah dibaca dan dapat digunakan untuk keperluan pencatatan.

Tips Membuat Contoh Nota Jasa Service

Membuat nota jasa service dapat dilakukan secara mudah menggunakan tools komputer. Anda bisa menggunakan tools Office seperti Excel, Word, atau menggunakan sejumlah aplikasi online lainnya. Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan:

1. Gunakan tools yang Anda kuasai

Hal penting yang harus dilakukan saat membuat nota service sendiri tentunya menggunakan tools yang memang Anda kuasai. Misalnya dengan menggunakan Word, Anda tinggal menggunakan tabel untuk kemudian di-setting sesuai lebar dan tinggi kolom secara manual.

Umumnya, penggunaan Word untuk nota service ini memang diperuntukkan buat Anda yang ingin membuat nota yang ditulis tangan. Bagi sebagian orang, nota seperti ini sudah sangat cukup. Kalau Anda ingin lebih praktis, tidak ada salahnya menggunakan jenis pembuatan nota online.

2. Isi bagian contoh nota jasa service dengan tepat

Hal yang juga tidak boleh terlewat saat membuat nota yakni dengan memastikan seluruh bagian nota terisi secara lengkap dan tepat. Pastikan Anda mengisi nomor nota, tanggal transaksi, nama barang/jasa, harga satuan, hingga total harga.

Baca juga: Manfaat Software Kasir yang Tak Tergantikan untuk Optimasi Bisnis

Anda juga dapat mencantumkan beberapa keterangan tambahan seperti syarat dan ketentuan pengembalian barang, berapa lama masa garansi barang/jasa, dan sebagainya. Semua bagian tersebut wajib dituliskan secara tepat dan lengkap guna proses pencatatan transaksi yang lebih maksimal.

3. Buat beberapa rangkap

Pembuatan nota sebaiknya dilakukan dalam beberapa rangkap, baik nota manual maupun online. Tujuannya tentu saja supaya ada back up untuk pelaporan dan pencatatan keuangan. Kalaupun ada masalah ke depannya, Anda masih bisa mendapatkan cadangan dari rangkap nota tersebut.

Itulah tips dan cara mudah membuat contoh nota jasa service yang dapat dilakukan oleh para pemberi jasa. Meskipun saat ini sudah ada beberapa aplikasi nota online, tidak ada salahnya Anda membuat nota secara manual terutama untuk kepentingan pencatatan yang lebih optimal.

Anda ingin order pembuatan nota jasa secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda.

Beragam jasa seperti pertukangan, wedding organizer, guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, perbaikan AC dan kulkas, sangat mudah didapatkan dari aplikasi Suwun. Kunjungi media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan