Harga Pasir 1 Truk Berdasarkan Jenisnya

harga-pasir

Salah satu material yang penting dalam pembangunan rumah atau bangunan lainnya adalah pasir. Di pasaran ada beragam jenis pasir dengan harga yang bervariasi. Berikut kisaran harga pasir 1 truk untuk masing-masing jenis pasir yang paling umum digunakan.

Jenis Pasir

Pertama-tama, yang perlu dipahami adalah jenis-jenis pasir yang tersedia di Indonesia. Ada beberapa jenis pasir yang umum digunakan dalam konstruksi, antara lain:

Jenis Pasir Beton

Pasir beton biasanya digunakan untuk campuran beton yang akan digunakan dalam proyek konstruksi bangunan.

Mortar

Pasir mortar digunakan untuk membuat campuran mortar yang nantinya akan digunakan untuk mengisi celah di antara batu bata atau batu-batu lainnya dalam konstruksi.

Pasang

Pasir pasang biasanya digunakan untuk membuat struktur konstruksi seperti tembok atau pondasi.

Tipe Pasir Laut

Pasir laut biasanya digunakan dalam proyek-proyek reklamasi pantai atau proyek yang berhubungan dengan pesisir.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Pasir 1 Truk

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga pasir 1 truk di Indonesia.

Jenis Pasir

Setiap jenis pasir memiliki harga yang berbeda-beda. Pasir beton biasanya lebih mahal dibandingkan dengan pasir pasang atau pasir laut.

Lokasi Proyek

Harga pasir 1 truk juga dipengaruhi oleh lokasi proyek. Biasanya, semakin jauh proyek dari sumber pasir, maka semakin mahal harga pasir per truknya.

Jumlah Pembelian

Jumlah pembelian juga mempengaruhi biaya pembelian pasir 1 truk. Semakin besar jumlah pembelian, maka semakin murah harga pasir per truknya.

Waktu Pembelian

Waktu pembelian juga mempengaruhi tarif pasir 1 truk. Jika pembelian dilakukan di musim penghujan, maka harga pasir cenderung lebih mahal karena pasokan pasir yang terbatas.

Kisaran Pasir 1 Truk di Indonesia

Berikut adalah kisaran harga pasir 1 truk di Indonesia per tanggal April 2023:

Jenis Beton

  • Pasir beton di Jakarta: Rp. 1.800.000 – Rp. 2.200.000 per truk
  • Pasir beton di Surabaya: Rp. 1.600.000 – Rp. 2.000.000 per truk
  • Pasir beton di Medan: Rp. 1.700.000 – Rp. 2.100.000 per truk

Pasir Pasang

  • Pasir pasang di Jakarta: Rp. 1.500.000 – Rp. 1.900.000 per truk
  • Pasir pasang di Surabaya: Rp. 1.300.000 – Rp. 1.700.000 per truk
  • Pasir pasang di Medan: Rp. 1.400.000 – Rp. 1.800.000 per truk

Tipe Pasir Laut

  • Pasir laut di Jakarta: Rp. 2.500.000 – Rp. 3.000.000 per truk
  • Pasir laut di Surabaya: Rp. 2.300.000 – Rp. 2.800.000 per truk
  • Pasir laut di Medan: Rp. 2.400.000 – Rp. 2.900.000 per truk

Karakteristik dan Harga Pasir 1 Truk di Pasaran

1. Harga pasir sungai

Pasir sungai adalah material yang didapat dari endapan sungai. Biasanya terbentuk dari pengikisan bebatuan sungai. Karakteristik pasir sungai kuat dan tahan lama sehingga banyak digunakan untuk campuran pondasi rumah.

Jika Anda ingin menggunakan pasir sungai, kisaran harga pasir bangunan 1 truk yaitu Rp 2.050.000. Harga pasir juga sangat bervariasi tergantung pembeliannya, seperti per karung, per kubik, atau per colt.

2. Harga pasir 1 truk untuk pasir beton

Jenis pasir berikutnya adalah pasir beton yang memiliki karakteristik sangat lembut dan halus. Jadi ketika dipegang, pasir ini akan kembali terurai seperti sifat liquid. Warnanya abu-abu hingga gelap kehitaman.

Di pasaran, harga pasir ini lebih mahal dibanding pasir sungai. Anda memerlukan budget yang lebih banyak karena untuk harga pasir cor 1 truk kurang lebih Rp 5.690.000. Selain untuk cor pondasi, jenis pasir ini juga biasa digunakan untuk plester dinding atau campuran perekat batu bata.

3. Harga pasir pasang

Ada lagi jenis pasir pasang yang biasa digunakan juga untuk campuran pasir cor. Karakteristik pasir ini memiliki butiran pasir yang cukup halus dan kecil. Namun saat dipegang, pasir pasang akan menggumpal.

Pasir pasang dapat dicampur dengan pasir cor untuk bahan plester dinding. Butiran pasir yang halus dari pasir pasang ini cocok untuk dinding rumah agar lebih halus. Bagi Anda yang penasaran berapa harga pasir 1 truk untuk pasir pasang, kisaran harganya Rp 1.980.000.

Baca Juga: Daftar Harga Keramik Terbaru dan Terlengkap

4. Harga pasir merah

Ada lagi jenis pasir merah yang memiliki karakteristik butirannya yang lebih kasar. Warnanya memang merah dan banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, seperti Sukabumi dan Cianjur. Pasir dapat menggumpal ketika digenggam dengan tangan.

Karakteristik pasir yang menggumpal ini membuat pasir merah biasanya digunakan untuk campuran dengan pasir beton atau pasir cor. Harganya sekitar 1.750.000 untuk satu truk atau satu colt pasir. Mungkin Anda bisa membeli dengan harga yang lebih murah untuk ukuran karung atau ukuran pick up yang lebih kecil dari truk.

5. Harga pasir elod

Pasir elod berbeda dengan pasir lain yang biasa digunakan untuk material bangunan. Jenis pasir elod lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan batako. Karakteristik dari pasir ini memiliki butiran yang kecil dan bahkan lebih halus dari pasir beton atau pasir cor.

Namun pasir elod memiliki kandungan tanah sehingga tidak cocok untuk bahan plasteran. Pasir elod dapat dikenali dari ciri khas warnanya yang berwarna abu-abu gelap.

Itulah beberapa informasi mengenai jenis dan harga pasir 1 truk yang ada di pasaran untuk bahan bangunan atau kebutuhan lainnya. Anda bisa membeli pasir dengan kualitas yang sesuai dengan anggaran yang disiapkan. Jangan lupa juga siapkan tukang bangunan untuk menangani pasir yang Anda beli tersebut.

Cara Membeli Pasir 1 Truk

Setelah mengetahui kisaran harga pasir 1 truk, langkah selanjutnya adalah membeli pasir tersebut. Berikut adalah cara membeli pasir 1 truk yang benar:

  1. Tentukan jenis pasir yang dibutuhkan
  2. Cari penjual pasir terpercaya di dekat lokasi proyek
  3. Hubungi penjual pasir untuk menanyakan harga, jumlah pembelian, dan waktu pengiriman
  4. Pastikan harga pasir yang ditawarkan sudah sesuai dengan kisaran harga pasir 1 truk di daerah Anda
  5. Periksa kualitas pasir yang diterima sebelum membayar

Tips Membeli Pasir 1 Truk yang Murah

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membeli pasir 1 truk dengan harga yang lebih murah:

  1. Beli pasir dalam jumlah besar agar mendapatkan harga yang lebih murah per truk
  2. Beli pasir dari sumber pasir yang dekat dengan lokasi proyek
  3. Lakukan pembelian pasir di musim kemarau, karena pasokan pasir biasanya lebih banyak dan harga pasir cenderung lebih murah

Masih bingung mencari jasa atau tukang bangunan? Kini Anda bisa mencarinya dengan mudah melalui situs Suwun.co.id yang menyediakan berbagai pilihan jasa terbaik. Anda bisa mendapatkan jasa tukang bangunan atau jasa lain hanya dengan memasukkan pilihan ke kolom pencarian. Langsung saja download aplikasi Suwun melalui Play Store atau App Store bagi Anda yang mencari jasa tukang bangunan atau lainnya.

Artikel yang Direkomendasikan