Cara Merawat TV agar Awet dan Tahan Lama

jasa-service-tv

Cara merawat TV bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yuk, simak tipsnya di sini!

Televisi atau TV merupakan perangkat elektronik yang pasti ada di setiap hunian. Bahkan kini TV tidak hanya dijadikan sebagai sumber hiburan, tapi juga sebagai dekorasi yang membuat ruangan tampak elegan.

Jenis TV pun semakin beragam, salah satunya ada TV LED yang kian digandrungi di masa kini. TV LED merupakan salah hasil produk pengembangan dari teknologi TV LCD, yakni dengan menggunakan backlight sebagai pengganti cahaya fluorescent atau teknologi yang terdapat pada TV LCD

Anda pasti ingin memiliki barang yang awet dan tidak mudah rusak agar tidak mengeluarkan uang lebih banyak, termasuk barang elektronik, sebab produk elektronik mudah sekali rusak jika tidak dirawat dengan baik. Diperlukan pengetahuan agar Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikan yang lebih banyak, bahkan beberapa kasus ada yang biaya reparasinya hampir setara dengan harga pembelian.

Jika sudah begitu, lebih baik membeli produk baru daripada Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Oleh sebab itu Anda harus mengetahui cara merawat televisi agar lebih awet. Berikut adalah beberapa cara merawat tv agar awet, yaitu :

1. Letakkan di Tempat yang Sesuai

Agar TV awet, letakkan pada bidang yang datar dan rata. TV juga harus diletakkan di tempat yang tidak mudah terkena debu. Sebab, debu bisa menutupi lubang sirkulasi udara pada TV hingga menyebabkan suhu dalam TV jadi panas.

Anda juga bisa meletakkan TV yang berukuran cukup besar di wall bracket yang sesuai agar bisa menopang TV dengan baik. Pilih juga posisi yang jauh dari sinar matahari langsung agar terhindar dari radiasi yang bisa membahayakan kondisi layar TV.

2. Bersihkan TV Secara Rutin

Jika Anda ingin TV di rumah tahan lama, bersihkan TV secara rutin. Trik ini tidak hanya membuat TV terlihat bersih, tapi supaya debu tidak merusak komponen dalam TV. Anda juga tidak boleh menunggu sampai debu menumpuk untuk membersihkannya.

Jika kondisi layar sudah nampak kotor, segera bersihkan menggunakan cairan pembersih optik. Jangan gunakan sembarang cairan pembersih karena bisa merusak layar TV. Namun jika ingin membersihkan bagian dalam TV, sebaiknya minta tolong pada ahli servis elektronik atau membawanya ke dealer resmi jika khawatir debu di dalam dapat merusak kinerja TV.

3. Perhatikan Daya Listrik

Kualitas listrik memang tidak selalu bisa diandalkan dan bisa naik turun kapan saja hingga berisiko tinggi merusak komponen dalam TV. Agar TV terbebas dari hal ini, pasangkan UPS atau stabilizer untuk menjaga kondisi listrik lebih stabil.

Agar tidak terlalu boros listrik, Anda bisa mengatur kecerahan pada TV agar tidak terlalu terang dan bisa membuat layar jauh lebih awet. Anda juga bisa mencabut colokan listrik. Namun pastikan untuk mematikan TV menggunakan remote terlebih dulu dan setelah TV benar-benar mati, cabut colokan listriknya.

4. Suhu ruangan

Letakkan TV LED di tempat dengan suhu normal. Adapun suhu yang terlalu tinggi dan suhu yang terlalu dingin dapat menyebabkan tidak berfungsinya atau bahkan merusak TV LED.

Suhu 10 derajat celcius atau lebih rendah kemungkinan akan memengaruhi kualitas dan kecerahan gambar. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Suhu yang terlalu tinggi juga berpotensi merusak dan mengurangi masa pakai TV LED Anda.

5. Matikan TV saat tak ditonton

Menyalakan TV tapi tidak ada yang menontonnya adalah pemborosan. Selain itu, hal tersebut juga memengaruhi masa pemakaian TV.

Hindari menyalakan TV LED tanpa ditonton dalam waktu lama.

6. Jauhkan dari magnet

Jangan pernah menyimpan perangkat magnetik di dekat TV LED Anda. Selain itu, jauhkan televisi Anda dari benda-benda yang mengandung elektromagnetik atau listrik statis seperti kipas angin, ponsel, GPS, dan peralatan listrik lainnya karena dapat mengganggu gambar dan juga berpengaruh pada memori flash TV.

7. Jauhkan TV dari handphone

Cara lain untuk membuat TV awet adalah menjauhkannya dari handphone. Sinyal atau gelombang yang ada dari handphone bisa merusak sistem kerja TV.

Itu dia beberapa cara merawat TV agar tetap awet. Semoga membantu dan selamat mencoba, ya!

Booking jasa service atau perbaikan TV atau Electronik lainnya melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan