Cara Menghemat Listrik saat Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci

cara-mencuci-pakaian

Mesin cuci sudah menjadi bagian hidup bagi banyak rumah tangga karena sangat praktis dan menghemat waktu Anda. Menggunakan mesin cuci memang akan menaikkan tagihan listrik Anda karena peralihan dari mencuci dengan tenaga manusia ke tenaga mesin. Namun ini tidak berarti tagihan listrik dan air Anda akan melonjak signifikan terutama jika Anda tahu cara memakai mesin cuci secara bijak untuk menghemat listrik. Masih banyak yang bertanya bagaimanakah cara menghemat listrik pada penggunaan mesin cuci. Dalam artikel ini, Suwun akan membantu menjawabnya.

Saat ini sudah banyak jenis mesin cuci yang diciptakan dengan pemakaian watt kecil namun hasilnya untuk membersihkan pakaian tetap maksimal. Oleh karena itu, kamu perlu memilih membeli mesin cuci yang benar-benar hemat listrik dan pemakaian air dengan bertanya kepada penjual atau mengumpulkan informasi di internet.

Jika kamu telah terlanjur memiliki mesin cuci dengan watt yang tidak terlalu rendah, lalu bagaimana cara menghemat energi tapi tetap bisa menggunakan mesin cuci untuk membantu keperluan rumah tangga? Ada banyak cara menghemat listrik pada mesin cuci. Rahasianya adalah mengetahui apa saja yang mengonsumsi banyak energi listrik pada mesin cuci dan bagaimana menyiasatinya.

Tips menghemat listrik pada saat mencuci

Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda terapkan agar mesin cuci yang Anda gunakan lebih hemat listrik :

1. Mengatur temperatur mesin cuci

Ada beberapa jenis mesin cuci yang memiliki desain pengaturan suhu pada saat mencuci dan pada saat pengeringan. Agar upaya penghematan listrik dapat Anda lakukan, Anda bisa mengatur suhu mesin cuci yang disesuaikan dengan jumlah cucian yang dimasukkan. Selain cara menghemat listrik pada mesin cuci, upaya yang satu ini dapat Anda gunakan untuk menjaga agar serat kain tetap lembut dan tidak mudah rusak.

2. Mengatur durasi putar mesin

Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk menghemat pemakaian listrik dan air pada saat menggunakan mesin cuci adalah mengatur durasi putar mesin. Namun demikian, dalam melakukan hal tersebut ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti: Tingkat kotor pakaian. Ketika pakaian yang Anda pakai tidak cukup kotor, cukup putar mesin sebentar mesin dan lanjutkan dengan pembilasan manual. Jumlah pakaian yang dimasukkan kedalam mesin cuci. Jika Anda mencuci pakaian tidak cukup banyak, salah satu metode yang bisa Anda lakukan untuk menghemat listrik adalah memutar mesin hanya untuk pembilasan selama 5-10 menit. 

Jenis bahan pakaian, Pada saat Anda merendam dan memutar pakaian dalam mesin cuci, perhatikan pula bahan pakaian yang Anda rendam. Jika bahan pakaian yang Anda rendam mudah rusak akan lebih baik jika Anda mengerjakan pencucian secara manual, sedangkan jika pakaian yang Anda cuci adalah sejenis dalaman, cukup putar mesin sekitar 5-10 menit untuk perendaman selanjutnya dibersihkan dan dibilas secara manual.

3. Kurangi volume pencucian baju

Agar Anda bisa menghemat pemakaian air dan listrik pada mesin cuci, gunakan mesin cuci tersebut sekitar seminggu atau dua minggu sekali. Jangan lupa pula gunakan sabun cuci yang bebas detergen atau busa untuk lebih menghemat pemakaian air. Untuk memaksimalkan penggunaan mesin cuci hanya pada waktu tertentu, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti: Menggunakan pakaian yang sama setidaknya 2 kali seminggu, terutama jika baju tersebut tidak terlalu basah oleh keringat. Menggunakan bahan pakaian seperti jeans atau rok yang bisa digunakan lebih dari sekali pakai dalam satu minggu.

4. Detergen berkualitas

Pilihan detergen berpengaruh besar terhadap penghematan listrik dan air. Detergen yang bisa mengangkat noda dan kotoran secara efektif serta mudah dibilas merupakan pilihan yang tepat untuk menghemat energi. Kualitas deterjen mudah larut di air sehingga daya cucinya maksimal, bahkan di air dingin sekalipun. Detergen yang mudah larut juga berarti memerlukan siklus cuci dengan sekali bilas saja.

5. Suhu air rendah

Apa pun yang mengeluarkan energi panas biasanya mengonsumsi banyak listrik. Demikian juga dengan fitur pemanas air pada mesin cuci. Oleh sebab itu, memilih suhu air rendah atau dingin merupakan langkah penghematan listrik yang paling signifikan.

6. Keringkan secara alami

Beberapa mesin cuci dilengkapi fitur pengering cucian, selain memeras. Fitur ini juga menyerap banyak listrik karena untuk mengeringkan cucian mesin perlu menghasilkan panas. Oleh karenanya, akan lebih menghemat listrik jika Anda mengeringkan cucian secara alami di udara terbuka. Jika perlu sekali menggunakan pengering, gunakan sebentar saja sekitar 10-15 menit kemudian jemur cucian di udara terbuka. Manfaat menjemur cucian adalah cucian beraroma lebih segar dan juga tidak kusut jika dijemur secara benar.

Semoga pertanyaan tentang bagaimanakah cara menghemat listrik pada penggunaan mesin cuci telah terjawab.

Booking jasa service atau perbaikan Mesin Cuci atau Electronik lainnya melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan