Tips Menghemat Baterai Smartphone Android yang Jarang Disadari

menghemat-baterai

Menghemat baterai adalah hal yang perlu dilakukan agar HP awet. Yuk, simak tipsnya!

Saat ini smartphone Android memiliki beragam macam fungsi seperti memutar video, berinteraksi di media sosial, mencari rute ke suatu tempat, hingga bermain game online.

Tentunya, fungsi smartphone yang komplit itu bakal menguras baterai lebih cepat.  Baterai HP atau smartphone cepat lowbat atau cepat habis bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Salah satunya banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Di sisi lain, ada sejumlah cara agar baterai HP awet meski kapasitas baterainya rendah.

Jika mematikan ponsel tidak bisa dilakukan, Anda perlu trik untuk menghemat baterai sebanyak mungkin. Kendati demikian ada beberapa langkah mudah yang dapat diterapkan agar baterai smartphone Android Anda bisa bertahan lebih lama.

Cara menghemat baterai smartphone Android

cara menghemat baterai

Untuk menghemat baterai HP, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

1. Turunkan resolusi

Layar resolusi tinggi dapat menguras baterai. Jadi jika Anda menggunakan 4K, 2K atau HD+, kemungkinan besar Anda dapat menurunkan pengaturan ini ke resolusi yang lebih rendah untuk menjaga ponsel bertahan lebih lama.

Tentu saja, konten tidak akan terlihat bagus, tapi itu harga yang murah untuk membayar stamina baterai.

Smartphone baru terkadang memiliki tampilan 90Hz atau 120Hz, yang menyegarkan layar berkali-kali per detik, namun pengaturan ini juga menghabiskan daya dengan sangat cepat. Sehingga, turunkan ke 60Hz untuk memperpanjang waktu penggunaan smartphone Anda.

2. Matikan fitur GPS

Fitur GPS memiliki kemampuan untuk melacak lokasi secara real-time. Namun, jika diaktifkan secara terus-menerus, fitur ini nyatanya dapat menguras daya baterai. Karena itu, sangat disarankan untuk hanya mengaktifkan fitur GPS apabila Anda memang sedang benar-benar membutuhkannya, seperti ketika sedang mencari rute ke suatu lokasi.

6 Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Root & Cepat | Gadgetren

Untuk dapat menonaktifkan fitur ini, pergi ke menu Settings, pilih Location dan geser toggle Location Service. Fitur GPS juga dapat dimatikan dengan memilih opsi yang ada di menu-bar yang terletak di halaman utama smartphone.

3. Turunkan kecerahan

Layar yang lebih cerah menggunakan lebih banyak daya bateri. Jadi, menurunkan kecerahan dapat membuat ponsel Anda bekerja lebih lama, dan itu bisa sangat terlihat jika sering menurunkannya.

Namun, ponsel android modern memiliki kecerahan otomatis, yang mengubah seberapa membutakan tampilan agar sesuai dengan lingkungan. Ini sangat berguna, tetapi jika Anda berada di area yang terang, itu akan membuat layar Anda lebih cerah. Hal itu bisa merusak upaya Anda untuk menghemat baterai.

Sehinggga, Anda bisa mematikan pilihan kecerahan otomatis jika ingin ponsel bertahan selama mungkin. Anda bahkan dapat mengubah berapa lama layar tetap aktif. Di bawah pengaturan tampilan pada ponsel Anda, atur ke memudar menjadi hitam setelah beberapa detik. Masuk ke pengaturan notifikasi untuk menonaktifkan notifikasi dari aplikasi tertentu, sehingga ponsel Anda tidak menyala setiap kali ada peringatan baru.

4. Hindari Widgets dan Wallpaper Bergerak

Live Wallpaper tentu terlihat menarik karena mampu menampilkan animasi bergerak. Namun, pemakaian fitur ini sebaiknya dihindari jika Anda ingin baterai smartphone lebih awet.

Selain itu, fitur Widget yang hadir di layar homescreen juga berpotensi bisa meningkatkan konsumsi daya baterai. Periksalah widget mana yang tidak terlalu dibutuhkan, lalu non-aktifkan. Langkah ini bisa membantu menghemat pemakaian baterai.

5. Aktifkan Power Saving Mode

Cara Mengatasi Kecerahan Layar Hp Tidak Berfungsi (Work) - SemutImut -  Tutorial Hp dan Komputer Terbaik

Apabila baterai smartphone Android berada dalam keadaan kritis, Anda dapat mengaktifkan Power Saving Mode. Mode khusus ini dapat memperpanjang pemakaian daya baterai dengan mengurangi pemakaian CPU, penggunaan jaringan, dan tingkat kecerahan layar.

6. Matikan notifikasi yang tak penting

Jangan anggap remeh notifikasi, karena tetap akan memakan daya baterai. Pastikan notifikasi yang menyala hanya dari aplikasi yang penting.

7. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Daya Baterai Hampir Habis, Berikut 9 Cara Hemat Baterai Bagi Pengguna  Android - Sriwijaya Post

Pengembang aplikasi berusaha keras untuk memastikan aplikasi berjalan seefisien mungkin. Tetapi banyak yang akan terus berjalan di latar belakang, bahkan saat Anda tak menggunakannya.

Itu tentu saja akan memakan data dan daya baterai seiring waktu. Anda dapat mengelola aplikasi di pengaturan telepon. Di dalam bagian Aplikasi di Pengaturan, Anda dapat memilih aplikasi satu per satu, lalu mengizinkan atau menonaktifkan aktivitas latar belakang atau mengoptimalkan penggunaan baterainya.

Perlu diingat bahwa aplikasi tidur dan tidur lelap tidak akan menerima pembaruan kecuali sedang digunakan, jadi Anda mungkin perlu memperbarui secara manual. Sebaiknya, periksa secara berkala aplikasi yang menghabiskan baterai Anda.

Booking jasa service atau perbaikan Smartphone melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan