9 Cara Memilih TV yang Bagus dan Awet

jasa-service-tv

Bagaimana cara memilih tv yang bagus? Simak di sini!

Teknologi terus berkembang tanpa pernah berhenti dalam kehidupan manusia. Satu teknologi yang dianggap maju pada masanya, akan terasa kuno ketika ada teknologi yang lebih modern.

Perkembangan teknologi ini juga menyentuh televisi. Jika 10-15 tahun yang lalu TV tabung masih banyak dijual di toko-toko penjual barang elektronik, maka sekarang sebagian besar sudah diganti dengan TV LED (light-emitting diode).

Bicara soal memilih, tentu tidak terlepas dari kaedah-kaedah tertentu. Seperti memilih model yang sesuai selera, ukuran atau dimensi yang menyesuaikan luas ruangan, dan lain sebagainya. Nah, supaya Anda paham bagaimana cara menentukan TV yang baik dan cocok untuk rumah Anda, maka simaklah beberapa tips penting di bawah ini!

Tips Memilih Televisi LED

Bagi kamu yang ingin membeli televisi LED, ada sejumlah tips memilih TV LED yang bisa dilakukan agar tidak salah dalam memilih.  Berikut kami memberikan tips memilih TV LED yang baik, apa saja yang harus dilakukan. 

1. Resolusi Layar 

Kelebihan utama tv LED dibanding tv tabung adalah punya rasio ketajaman gambar yang jauh lebih tinggi. Bahkan dengan tv LCD saja, tv LED punya rasio yang jauh lebih tinggi. Karena itu perhatikan poin ini saat Anda memilih tv LED.

Resolusi gambar tv LED akan mencapai jutaan. Ini artinya, tingkat ketajaman gambar sudah sangat baik. Pastikan tv LED yang Anda pilih sudah memiliki resolusi full HD 1080p. Ini untuk memastikkan bahwa tv LED yang dibeli akan menyajikan gambar yang tajam dan jelas. Akan lebih baik lagi jika resolusi yang tinggi ini dilengkapi dengan fitur digital support. Seperti mampu menangkap siaran tv digital tanpa menggunakan alat bantu.

Dengan demikian, Anda pun bisa menikmati tayangan digital yang punya gambar lebih tajam dan bebas dari goyangan laiknya gambar yang ditangkap dengan menggunakan sistem analog.

2. Spesifikasi dan Fitur TV

Setelah memilih tv LED dengan harga penawaran terbaik, periksa spesifikasi dan fitur yang dimiliki. Pastikan Anda melakukan perbandingan harga pada seri dan merek tv yang sama. Seri yang berbeda, meski mereknya sama, biasanya akan memiliki fitur dan spesifikasi yang berlainan. Dan tentu saja harga yang berbeda.

Anda harus memahami fitur-fitur yang tersedia dalam sebuah tv LED. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga yang murah, tapi spesifikasi dan fitur yang tersedia tidak sesuai dengan yang diinginkan. Semakin lengkap fitur yang dimiliki, akan berbanding lurus dengan harga jual tv LED.

Ambil contoh, sebuah tv LED yang sudah tergolong smart tv pasti akan dijual lebih mahal dibanding tv LED biasa. Karena sebuah smart tv memang butuh komponen yang lebih banyak dan lebih canggih dibanding tv LED biasa.

3. Refresh Rate 

Tips memilih TV LED lainnya adalah tidak membeli televisi dengan refresh rate kurang dari 120 Hz, karena mata bisa menjadi lelah saat menonton.  Hal ini sama saja ketika kamu berada di depan laptop, refresh rate berpengaruh kepada mata yang melihatnya. 

4. Pertimbangkan Konsumsi Listrik

Menjadi hal yang krusial bagi kita semua untuk memperhatikan masalah konsumsi listrik pada sebuah televisi baru. Dari ketiga jenis televisi yang ada di pasaran, TV Plasma merupakan jenis paling boros dibandingkan yang lainnya. Sebagai gambaran, TV Plasma membutuhkan konsumsi listrik 50% lebih besar dari kebutuhan TV LCD. Sementara jenis paling ekonomis adalah TV LED, dimana nilai konsumsi listrik yang dibutuhkan hanya sekitar 40% dari konsumsi total yang dibutuhkan TV LCD.

5. Pertimbangkan Harga

Bila putusan untuk mengganti tv lama dengan tv LED sudah mantap, maka mulailah dengan melakukan survei harga. Jangan langsung tergiur dengan harga murah yang ditawarkan sebelum Anda mengecek produk yang sama di toko yang lain. Bisa jadi harga yang ditawarkan toko sebelah ternyata lebih murah.

Lakukan perbandingan dengan tenang, tidak perlu terburu-buru. Selisih 100-200 ribu rupiah juga sudah cukup menguntungkan bagi Anda. Karena itu, lakukan survei harga ini secara jeli dan selektif. Pertimbangkan juga program pembelian yang ditawarkan sebuah toko dengan toko yang lain. Biasanya toko elektronik besar akan menawarkan harga miring dalam periode tertentu, seperti Hari Kemerdekaan atau menjelang akhir tahun.

6. Sesuaikan dengan Luas Ruangan

Tips dalam memilih tv LED berikutnya adalah menyesuaikan dengan luas ruangan tempat menyimpan tv tersebut. Sebagai ilustrasi, akan aneh rasanya menonton tv dengan ukuran di bawah 21 inci dalam ruangan yang luasnya mencapai 45 meter persegi. Sama anehnya dengan menonton televisi ukuran 50 inci di ruangan 9 meter persegi.

Selalu sesuaikan ukuran tv LED yang dibeli dengan luas ruangan. Dapatkan perbandingan yang tepat sehingga kenyamanan Anda tidak akan terganggu saat menonton. Apalagi ada jarak minimal menonton tv sejauh 2 meter agar mata Anda tidak cepat lelah dan mengalami iritasi.

7. Memanfaatkan Teknologi Pintar 

Tips memilih TV LED lainnya adalah semua televisi saat ini tergolong televisi pintar dan punya akses mudah untuk segala jenis aplikasi.  Saat ini, televisi sudah bisa digunakan untuk layanan streaming sehingga bisa menonton dari internet. 

8. Prioritaskan TV Bergaransi

Sudah menjadi etika belanja sejak dulu, bahwa barang yang memiliki garansi jauh lebih utama dibandingkan barang sejenis yang dijual tanpa garansi. Selalu pastikan bahwa televisi yang Anda beli memiliki dokumen-dokumen lengkap berkaitan dengan fasilitas garansi yang tersedia.

Jangan sampai pada kemasan tertulis ‘Bergaransi 1 Tahun,’ tapi tidak ada satu dokumen pun yang Anda bawa pulang sebagai prosedur utama untuk menebus garansi di kemudian hari. Selain itu, usahakan garansi yang berlaku dari toko tempat pembelian TV adalah garansi resmi dari sang vendor, bukan sekedar garansi dari pemilik tokonya.

9. Desain yang Menarik

Terakhir, Anda tentu tidak bisa lepas dari desain dari tv LED yang diinginkan. Desain ini terkesan tidak memberi banyak manfaat dibanding fitur dan teknologi yang dimiliki tv LED. Tapi, akan memberi nilai estetika yang bagus jika sesuai dengan desain ruangan tempat menyimpan tv.

Ada sejumlah produsen tv yang merancang desain yang futuristis, ada juga yang masih konvensional. Desain yang menarik tentu akan lebih enak dipandang daripada desain standar yang cenderung kaku. Anda pun akan merasakan hal yang berbeda ketika melihat sebuah tv dengan desain cantik dibanding yang berbentuk biasa-biasa saja.

Booking jasa service atau perbaikan TV atau Electronik lainnya melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan