Cara Merawat Smartphone agar Tidak Cepat Rusak

cara-merawat-smartphone

Smartphone merupakan jenis gadget yang memiliki banyak sekali manfaat besar dalam kehidupan modern seperti sekarang ini. Tak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, smartphone memiliki fungsi yang sangat luas. Seringnya penggunaan HP bisa membuatnya rentan rusak apalagi jika penggunaannya terlalu diporsir dan serampangan. Kerusakan smartphone bisa berupa layarnya yang retak, boros baterai, sistem operasinya yang mulai lemot, sampai sering nge-hang saat digunakan. Untuk mencegah hal itu tentunya amat penting bagi kita untuk mengetahui cara merawat HP Android dengan baik agar awet.

Selain itu, tidak ada jaminan bahwa smartphone berharga mahal lebih awet dibanding yang harganya lebih murah. Awet atau tidaknya sebuah perangkat elektronik tentunya amat bergantung pada si pemakai. Terkadang kita perlu mengetahui berbagai kebiasaan buruk yang membuat smartphone menjadi cepat rusak. Tujuannya supaya tidak sering bergonta-ganti smartphone karena pemakaian yang buruk.

Selain pentingnya pengawasan terhadap HP maka perlu juga merawatnya dengan baik dan benar. Tips Merawat HP dengan baik.

Cara Merawat HP dengan Baik agar Awet

1. Beri casing dan pelindung layar

Salah satu cara merawat smartphone memang benar-benar harus kamu jaga, terutama bagian body dan layarnya. Mengeluarkan sedikit uang untuk membeli casing dan pelindung layar rasanya tidak masalah. Lagi pula sekarang ini aksesori HP sudah sangat murah.

Jika memberikan perlindungan pada body dan layar HP, maka smartphone kamu tidak mudah tergores dan terlihat seperti baru meski penggunaan sudah bertahun-tahun.

2. Gunakan Charger Original

Bagaimana cara merawat baterai HP Android agar awet? Salah satunya dengan menggunakan charger original. Pasalnya menggunakan charger abal-abal atau KW yang kualitasnya di bawah standar dan belum tentu cocok dengan spesifikasi baterai bisa merusak smartphone.

Penggunaan powerbank dalam mengisi daya baterai juga tidak disarankan terlalu sering karena panas dari powerbank berpotensi memicu kerusakan. Bukannya tidak boleh, melainkan cukup atur penggunaannya yakni saat kamu dalam kondisi benar-benar mendesak.

3. Selalu Rutin Membersihkan HP dari Debu

Penggunaan HP yang fleksibel membuat kamu sering membawanya ketika bepergian dari rumah. Hal ini sontak membuat HP kamu rentan sekali terkena debu. Pasalnya, debu yang mengendap terlalu lama di HP akan mengakibatkan perangkat HP cepat panas. Jadi, setelah digunakan keluar rumah kamu harus rutin membersihkannya. Untuk alat pembersihnya sendiri sebenarnya cukup dengan menggunakan apapun jenis lap. Namun, jika menginginkan hasil pembersihan yang maksimal, gunakanlah lap microfiber atau lap kacamata.

4. Hindari Penggunaan Smartphone di Tempat Panas

Hindari penggunaan smartphone di ruang terbuka yang sangat panas bila kamu suka beraktivitas di luar ruangan. Suhu yang dianjurkan untuk menggunakan smartphone yakni 16 sampai 30 derajat celcius. Prosedur cara merawat HP tetap awet pada teks di boks smartphone biasanya juga merekomendasikan hal ini, supaya HP tidak terpapar langsung oleh matahari oleh api.

Jadi kamu bisa menyimpan/menggunakan smartphone di tempat cukup aman. Ruangan tertutup yang memiliki suhu normal mampu menjaga kinerja dan performa smartphone dibanding bila terlalu sering terpapar matahari.

5. Jangan Bermain Games saat HP Sedang Mengisi Daya

Main games adalah kebiasaan mayoritas anak zaman sekarang. Tak heran jika anak muda zaman sekarang menggunakan HP setiap waktu dan terkadang tanpa henti. Saat pengisian daya pun mereka tetap bermain games.

Ini harus kamu hindari, karena jika kamu melakukan pengisian daya sambil main HP, beban daya baterai akan membesar, sehingga menyebabkannya jadi lebih mudah drop. Kamu juga harus sering memfilter aplikasi apa saja yang menghabiskan RAM dan CPU dalam ponsel.

6. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Penting

HP kamu pasti sering mengalami slow respons saat membuka ataupun menutup aplikasi. Ini disebabkan karena adanya beberapa aplikasi yang memakan RAM dan CPU cukup besar. Kamu harus menghapus aplikasi yang kira-kira tidak penting dan membuat performa HP menurun.

7. Agar speaker tidak mudah rusak

Speaker merupakan bagian dari smartphone yang sangat diandalkan, baik untuk menelepon maupun mendengarkan musik. Agar speaker HP tidak mudah rusak, maka yang perlu kamu lakukan adalah untuk tidak mendengarkan musik atau video dengan volume speaker full, cukup maksimal 90 persen saja.

8. Hindari meletakkan HP di atas benda berbau magnet.

Tanpa kita sadari kebiasaan yang dilakukan dan dapat membuat smartphone kamu berumur pendek. Biasanya penyebabnya karena meletakkan smartphone di atas TV, radio dan sesuatu yang berbau magnet lainnya.

9. Mengisi Daya Sesuai Kebutuhan

Banyak yang mengira mengisi daya HP 100 persen akan membuatnya menjadi lebih awet. Namun, itu semua salah, karena baterai ponsel sendiri berbahan dari lithium-ion (Li-on) yang kapasitasnya bisa menurun bila mendapatkan tegangan yang tinggi.

Perlu kamu ketahui juga lapisan lithium metalik baterai jika terus mendapat arus listrik, akan memicu baterai HP menjadi tidak stabil. Disarankan melakukan pengisian daya di rentang angka 30-80 persen agar voltase baterai tetap rendah, sehingga membuat baterai HP menjadi lebih awet tahan lama.

10. Menggunakan Antivirus

Smartphone bisa terkena virus yang berasal dari aplikasi, pesan teks, atau lampiran email. Jadi kamu sebaiknya gunakan antivirus untuk mencegah masuknya virus atau malware ke smartphone. Cara merawat HP Android dengan benar ini yakni rutin membersihkan smartphone dengan antivirus minimal tiga hari sekali.

Booking jasa Service atau Perbaikan Smartphone melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan