Cara Mengatur Suhu AC agar Lebih Dingin dan Sejuk Maksimal

jasa-service-ac

AC atau air conditioner merupakan salah satu alat elektronik yang memiliki fungsi guna menjaga suhu dalam ruangan agar tetap nyaman dan sejuk. AC ini memakai menggunakan remote kontrol untuk mengatur suhu dan bisa kamu dapatkan ketika kamu membeli AC tersebut.

Akan tetapi, supaya bisa mendapatkan suhu paling dingin maka tentunya kamu harus memperhatikan berbagai macam hal terutama di dalam melakukan pengaturan suhu AC dengan remot. Penasaran Bagaimana caranya? Nah, berikut ini beberapa cara mengatur suhu AC agar ruangan lebih dingin dan sejuk maksimal.

1. Turunkan Suhu AC dengan Bertahap

Cara untuk mengatur mode AC paling dingin yaitu dengan menurunkan suhu AC secara bertahap. Jika kamu masih merasa bahwa suhu AC di ruangan kamu masih kurang maksimal, maka kamu bisa melakukan cara dengan menurunkan suhu AC tersebut secara bertahap hingga menemukan suhu yang cocok. Turunkan 1 derajat dan 1 derajat sampai kamu menemukan suhu yang tepat.

2. Tentukan Suhu Standar pada AC secara Tepat

Cara mengatur suhu AC adalah dengan menentukan suhu standar yang paling tepat untuk ruanganmu. Sesuaikan suhu tersebut dengan kondisi suhu di luar ruangan. Biasanya suhu standar AC adalah sekitar 22 sampai 25 derajat Celsius (°C) .

3. Arahkan ventilasi AC 

Jika ventilasi AC diarahkan sepenuhnya ke satu sisi, segera pindahkan menghadap ke tengah ruangan. Ini membantu mengarahkan udara dingin ke dalam ruangan.

Namun, apabila udara diarahkan ke bagian belakang sofa atau ke gorden, sebagian besar daya pendinginannya akan terbuang sia-sia. 

4. Fitur kipas 

Banyak unit menawarkan tiga pengaturan kipas, yakni tinggi, sedang, dan rendah. Tinggi biasanya paling efektif untuk pendinginan selama cuaca hangat normal.

Namun, ketika cuaca sangat lembap, lebih baik menjaga kipas angin dalam pengaturan rendah karena efektif mendinginkan ruangan dan mensirkulasikan udara lembap secara perlahan melalui AC sehingga dapat menghilangkan kelembapan udara dengan lebih efisien. 

5. Gunakan Mode Swing terhadap AC

Yang berikutnya cara mudah untuk mengatur mode AC paling dingin yaitu dengan memakai mode swing pada AC itu sendiri. Di AC ada bagian kisi pada indoor-nya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatur arah semburan angin pada AC itu sendiri. Nah, dari situlah kamu bisa memaksimalkan suhu AC di dalam ruangan.

Lalu untuk apa sebenarnya mode swing tersebut? Pada suling itu sendiri memiliki manfaat guna menggerakkan gizi pada AC supaya naik dan turun dengan terus-menerus. Dengan begitu, maka hembusan angin pada AC akan lebih cepat merata dalam suatu ruangan akan lebih cepat terasa dingin.

6. Pastikan AC Sudah dalam Mode Cool

Cara yang selanjutnya untuk bisa mengatur mode AC paling dingin yakni dengan memastikan bahwa A c berada di mode cool. Hal tersebut dikarenakan, itu akan memungkinkan bahwa kamu telah bekerja sebagai pendingin ruangan secara maksimal. Pada umumnya, mode cool pada AC ditandai dengan menggunakan simbol “❆” ataupun dengan menggunakan tulisan “cool”. Sehingga mampu untuk membuat suhu di dalam ruangan kamu menjadi lebih cepat sejuk.

7. Jangan Paksa AC untuk Bekerja Lebih Keras

Cara mudah untuk mengatur mode AC paling dingin yang terakhir yaitu Jangan memaksakan kamu untuk bekerja lebih keras lagi. Hal tersebut disebabkan kesalahan yang paling banyak orang lakukan yakni memaksakan suhu AC sampai mencapai tidak ideal, terlebih ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Misalnya suhu pada siang hari sangat panas yakni lebih dari 30 derajat Celcius, akan tetapi kamu memaksakan AC di dalam ruangan dengan atur suhunya hingga mencapai angka 18 derajat Celcius. Nah, itulah yang bisa membuat AC di dalam ruangan kamu bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Sementara suhu idealnya tidak mencapai suhu terendah itu.

Jadi, sebaiknya ketika cuaca di siang hari sedang panas-panasnya, lebih baik kamu tidak melakukan pengaturan pada suhu AC sehingga mencapai di bawah 20° Celcius. Sebaiknya kamu atur suhu AC tersebut hanya sampai di angka sekitar 24 derajat celcius sampai dengan 25 derajat Celcius. Tentunya itu akan jauh lebih baik dibandingkan dengan mengatur suhu sampai dengan di bawah 20° Celcius yang justru hanya akan membuat AC di ruangan kamu mudah rusak.

Nah, itu dia beberapa cara mudah mengatur suhu AC agar dingin dan sejuk maksimal. Selain cara di atas, ada cara lain untuk membuat ruanganmu menjadi dingin lebih maksimal, yaitu dengan cara memilih AC dengan besar PK yang sesuai dengan luas ruangan.

Booking jasa Service AC atau Bongkar Pasang AC melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan