Cara Menggunakan Laptop untuk Pelajar

laptop touchscreen

Sekarang, sebagian besar pelajar membutuhkan laptop untuk menjalani aktivitas pembelajaran baik itu di sekolah maupun di rumah. Mereka harus tahu cara menggunakan laptop untuk pelajar yang benar agar laptop tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Beberapa Cara Menggunakan Laptop Untuk Pelajar

Supaya laptop bisa dipakai maksimal untuk kebutuhan belajar, simak beberapa cara menggunakan laptop di bawah ini:

– Cara menggunakan laptop untuk pelajar untuk pelajar dengan mempelajari operasi dasarnya

Operasi dasar contohnya yaitu untuk menyalakan laptop dan shut down. Biasanya tombol untuk operasi nyala/ mati tersebut ada di atas kanan papan keyboard. Tombol tersebut harus ditekan terlebih dahulu untuk menyalakan perangkat.

Sedangkan untuk shut down, bisa melalui menu Windows. Temukan menu ini di pojok bawah kiri layar, lalu cari opsi Shut Down, bisa juga tekan Alt + F4 untuk memilih opsi shut down. Selain shut down, ada juga fungsi lain seperti Sleep, Restart, dan sebagainya.

– Pahami fungsi dasar tombol keyboard

Untuk mengerjakan tugas atau mempelajari materi, perlu diketahui fungsi tombol-tombol yang ada pada keyboard laptop. Misal saja Caps Lock untuk mengetik dengan huruf kapital, dan Space Bar (tombol paling panjang di bagian bawah) untuk membuat jarak atau spasi saat mengetik.

Pelajari sisanya agar Anda bisa memakai laptop dengan benar. Lalu pelajari juga kombinasi tombol pintasan agar pengoperasian keyboard lebih efektif dan efisien. Salah satu contohnya misal copy yang bisa dilakukan dengan Ctrl+C lalu paste dengan kombinasi Ctrl+V. Pelajari kombinasi lainnya untuk mempermudah Anda mengerjakan tugas.

Baca Juga: Service Laptop dan Tips Memilih Jasa Service Terbaik

– Memakai aplikasi

Beberapa software mungkin perlu diinstal untuk kebutuhan pembelajaran Anda. Umumnya suatu laptop yang baru dibeli, sudah terpasang Microsoft Office yaitu sekumpulan software penting untuk belajar dan bekerja. Tapi jika ada software lain yang belum ada di laptop, harus diinstal, bisa memakai link website, atau CD.

Pelajari dengan baik fungsi-fungsi yang ada pada perangkat lunak tersebut dan setiap software bisa berbeda-beda fungsinya. Untuk Microsoft Office itu sendiri, software turunan yang perlu dipelajari yaitu Word, Power Point, dan Excel. Ada pun software alternatif untuk Microsoft Word tersebut yaitu seperti WPS Office. Seperti itulah kurang lebih cara menggunakan laptop untuk pelajar.

Butuh order jasa service laptop atau kursus komputer via online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan