OTP Kepanjangan Dari One Time Password, Apa Kegunaannya?

otp

Anda tentu pernah menerima kode OTP ketika berusaha masuk pada akun website maupun aplikasi tertentu. Namun tahukah Anda apa kepanjangan dari OTP? OTP kepanjangan dari One-Time Password.

Jadi OTP dapat diartikan sebagai password sementara maupun password yang digunakan untuk satu kali pakai. Masih penasaran tentang OTP, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Kode OTP? OTP Kepanjangan Dari?

Kode OTP dapat disebut sebagai kode rahasia yang cukup sering dijumpai pada internet ketika melakukan transaksi online. Selain itu kode OTP merupakan kode keamanan yang dapat menjadi proses autentikasi dua akun ketika melakukan transaksi juga. Untuk lebih jelasnya mengenai kepanjangan dari OTP simak di bawah ini.

– Pengertian OTP kepanjangan dari

Kode OTP merupakan singkatan dari One-Time Password. Kode ini bersifat sementara jadi hanya bisa dipakai sekali dalam kurun waktu tertentu juga. Jadi biasanya Anda akan dibatasi waktu untuk menggunakan kode OTP yang diberikan.

Ketika batas waktu yang diberikan habis maka Anda perlu meminta dikirim kode OTP yang lain pasalnya kode OTP tersebut sudah tidak berlaku. Kode ini juga disebut sebagai kode verifikasi yang dikirim melalui SMS, WA, e-mail hingga telepon. Umumnya kode ini terdiri dari 6 digit angka dan akan hangus dalam 2 sampai 5 menit saja.

Baca Juga: 12 Cara Memilih Jasa Service HP Terdekat

– Kegunaan kode OTP

Adapun fungsi dari kode OTP yaitu untuk memberikan lapisan keamanan terhadap data pribadi para pengguna internet. Kode biasanya diperlukan dalam memproses autentikasi transaksi bank baik itu mobile banking maupun data log in masuk ke aplikasi e-wallet.

Perlu diketahui dan diingat juga ya bahwa kode OTP ini sifatnya rahasia. Jadi jangan pernah bagikan kode yang Anda dapat ke siapapun bahkan orang yang Anda percaya. Pasalnya kode OTP ini bertujuan untuk menghindari adanya pencurian data ataupun penyalahgunaan akun.

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang kode OTP. Kini Anda sudah mengetahui bahwa OTP kepanjangan dari One-Time Password. Jangan lupakan juga mengenai fungsi dan kegunaannya ya. Semoga bermanfaat.

Mau bikin aplikasi tapi belum tahu caranya? Order aja jasa pengembang aplikasi secara online. Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan