Cara Merapikan File di Komputer Atau Laptop

cara-service-komputer

Bingung bagaimana cara merapikan file di komputer? Yuk, simak di sini!

Tentu saja kita sangat frustasi dan pusing, ketika kita tidak dapat menemukan file yang kita cari. Padahal, anda sudah mencarinya kemana-mana, mulai dari folder satu ke folder lainnya. Mungkin saja, file yang anda cari hilang, atau lebih parahnya lagi, sudah terhapus. Di Windows, sudah tersedia Windows Search untuk mencari file. Tentu saja, mengandalkan search di Windows, anda harus mengetahui nama file tersebut.

Rapikan' Komputer agar Kinerja Anda Makin Super | Rumah dan Gaya Hidup |  Rumah.com

Namun, tidak selamanya anda harus mengandalkan Windows Search di Windows. Bagaimana jika anda lupa nama filenya? Cara yang paling tepat adalah dengan mengorganisir file dan folder di Windows Explorer. Windows Explorer sama saja seperti meja kerja anda. Jika meja kerja anda berantakan, maka anda akan susah mencari berkas yang anda inginkan. Untuk itu, merapikan file dan folder akan menjadi solusi yang sangat tepat. Anda tentunya tidak ingin menghabiskan waktu, hanya untuk mencari file bukan?Berikut saya bagikan tips dalam memanajemen file di laptop / komputer Anda dengan baik.

1. Jangan Menunda untuk Menyimpan File di Tempat yang Seharusnya

Kebanyakan orang menunda untuk segera menyimpan filenya di tempat yang seharusnya, malah kita sering mengatakan nanti saja dirapikannya, simpan disini aja dulu biar cepat. Alhasil, kita lupa dan file kita pun berserakan bahkan tidak jarang kita menyimpan file di desktop dengan asumsi agar cepat ditemukan namun membuat desktop kita penuh dan membuat kita sulit menemukan file tersebut dikarenakan terlalu banyaknya file. Prioritaskanlah kerapian dan keteraturan penyimpanan file sebelum menyimpan file karena jika kita terus menunda-nunda dan file yang berserakan sudah menumpuk maka kemalasan pun melanda dan terus begitu.

2. Cara Merapikan File di Komputer dengan Gunakan folder 

Simpan file Anda didalam folder, agar lebih terorganisir. Kelompokkan file-file Anda dan beri nama pada folder sesuai pengelompokkannya. Buatlah sub-sub folder agar lebih detail, jelas dan rapi. Berikan penamaan folder dan sub-sub folder agar lebih jelas dan detail. Untuk membantu keperluan Anda, Anda bisa mengkategorikan folder dan file Anda baik berdasarkan nama, tanggal, ukuran, tipe dan sebagainya.

3. Aturlah Letak Penyimpanan File Download

Cara Mudah Merapikan File Di Komputer | HIASANRUMAH

Sebaiknya Anda mengatur browser agar mengirimkan konfirmasi saat akan menyimpan file yang didownload agar dapat menentukan di folder mana, file akan disimpan. Hal ini akan membuat semua file download tidak tertumpuk pada satu folder. Cara Pengaturannya di Firefox adalah klik Alat > Pengaturan > Umum > Unduhan > Selalu tanyakan lokasi penyimpanan berkas (ditandai).

4. Cara Merapikan File di Komputer dengan Hapus File Tak Penting

Anda sebaiknya tidak menunda untuk menghapus file yang tidak penting agar tersedia lebih banyak space kosong di diskdrive Anda dan Anda pun pada akhirnya Anda lupa menghapusnya sehingga banyak file yang tidak penting mengisi memori.

5. Memberikan nama File dan Folder: Pendek, namun tepat

Aspek penting lainnya dalam mengorganisir file dan folder adalah penamaan folder. Cobalah memberikan nama folder yang pendek, namun sedetail mungkin anda langsung mengerti, apa saja isi dari folder tersebut. Jika anda ingin membagikan folder tersebut kepada orang lain, anda tentu saja tidak mau direpotkan orang itu bertanya kepada anda, dimana file tersebut ditaruh. Dengan penamaan yang pendek, namun mendetail, orang lain dapat mencari file dengan mudah. Sebagai contoh, janganlah memberi nama folder “berkas – berkas sekolah”, namun berilah nama folder “Sekolah”. Selain itu, penamaan dengan memberikan kapitalisasi pada awal kata, aka menjadikan folder terlihat lebih rapi.

Lalu, didalam folder Sekolah, anda bisa menaruh folder lagi, menurut file apa saja yang ada. Misalnya, anda bisa menaruh folder SD, SMP, atau SMA anda, sehingga anda bisa membedakan, mana file sewaktu anda SD, dan mana file sewaktu anda SMP.

5. Mengganti Ikon Folder

Jika bisa, Ada sebaiknya mengganti ikon folder Anda dengan ikon yang menggambarkan kategori dari folder Anda tersebut sehingga Anda lebih mudah mengenali folder tersebut.

6. Lakukan Backup Data

Untuk file-file penting, sebaiknya Anda melakukan backup file agar terhidar dari masalah kerusakan ataupun kehilangan data. Anda bisa memindahkannya ke folder lain, upload ke internet sepeti google drive, cloud, dan sebagainya.

2 Cara Backup Data di Laptop untuk Pemula (Lengkap+Gambar)

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merapikan file digital yang ada di laptop atau PC. Jika memiliki folder yang rapi, kan, tentunya kamu jadi lebih mudah mencari dokumen yang ingin digunakan. Setelah melihat cara merapikan file komputer di atas, sekarang saatnya kamu mempraktikkan, tuh! Apakah anda sedang mencari jasa Servis Komputer atau Perbaikan Laptop ?

Booking jasa service atau perbaikan Komputer melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan