Cara Membersihkan Kursi Sofa Mudah dan Tepat

cara-membersihkan-kursi-sofa

Sofa menjadi salah satu furniture yang sering digunakan baik itu untuk bersantai hingga untuk menjamu tamu. Tak heran jika sofa di rumah seringkali banyak debu dan noda karena memang sering digunakan.

Sofa yang kotor dan banyak noda tentu akan membuat orang yang duduk tidak merasa nyaman. Oleh karena itu Anda perlu membersihkan sofa di rumah sehingga tetap nyaman untuk digunakan.

Cara Membersihkan Kursi Sofa

Bingung bagaimana cara untuk membersihkan kursi sofa? Berikut ini merupakan beberapa tips bersihkan sofa dengan tepat.

Gunakan Deterjen Cair

Pertama untuk membersihkan kursi sofa yang harus dipersiapkan yaitu detergen cair. Debu dan noda yang diperoleh dari makanan atau minuman bisa membuat sofa jadi penuh dengan bakteri dan juga kuman. Sehingga untuk membersihkan sofa perlu menggunakan detergen cair.

Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan air hangat dan detergen cair secukupnya lalu usapkan kebagian kursi sofa yang kotor.

Apabila noda membandel maka Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan. Gosok secara perlahan sehingga tidak akan merusak sofa.

Menggunakan Pasta Gigi

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk membersihkan kursi sofa yaitu dengan menggunakan pasta gigi. Oleskan pasta gigi ke bagian kursi sofa yang kotor atau terkena noda. Diamkan selama 3 sampai 5 menit dan usap menggunakan kain bersih.

Cara Membersihkan Kursi Sofa Menggunakan Alkohol

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk membersihkan kursi sofa yaitu dengan menggunakan alkohol. Alkohol dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada kursi sofa Anda. Semprotkan alkohol di bagian kursi yang terkena noda atau bagian putih yang kotor lalu diamkan dan tunggu hingga sofa kering.

Baca Juga: Alat Pembersih Sofa Kain dan Cara Membersihkannya

Gunakan Vacuum Cleaner

Jika Anda memiliki vacuum cleaner maka bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sofa. Vacuum cleaner digunakan untuk. Jika menggunakan vacuum cleaner ini Anda hanya perlu membersihkan satu minggu sekali membersihkan debu yang ada pada sofa.

Gunakan Tisu Basah

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk membersihkan kursi sofa yaitu dengan menggunakan tisu basah. Tisu basah ini dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama saat kursi terkena noda. Cara ini dapat membantu untuk mencegah noda menempel permanen pada sofa.

Gunakan Campuran Cuka dan Air

Cara membersihkan sofa selanjutnya yaitu dapat menggunakan campuran air dengan cuka. Selain dengan alkohol ternyata Anda bisa menghilangkan noda yang membandel pada sawah dengan menggunakan campuran air dan cuka ini.

Caranya juga bisa dibilang cukup mudah karena Anda hanya perlu meneteskan campuran tadi pada bagian sofa yang dirasa kotor. Setelah itu gosok dan bersihkan dengan menggunakan kain kering secara perlahan.

Tips dan Trik Cara Membersihkan Kursi Sofa

Setelah mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan sofa berikut ini ada juga beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk membersihkan sofa sehingga sampah tidak mudah rusak.

  • Pertama setelah selesai membersihkan bagian dalam sofa jangan lupa untuk membersihkan bagian permukaan Sampah juga.
  • Kedua jangan membersihkan dudukan sofa atau permukaan sofa setiap minggu karena dapat membuat otak menyusut cepat berbulu dan cepat terlihat usang.
  • Jangan menggunakan bahan kimia pemutih seperti contohnya klorin karena punya kandungan kimia yang bisa membuat sofa cepat rusak.
  • Hindari menjemur sofa di bawah sinar matahari langsung untuk mempertahankan warna sofa. Warna sofa akan cepat pudar jika dijemur langsung di bawah sinar matahari.
  • Kenali bahan sofa sehingga Anda bisa mengetahui cara membersihkan kursi sofa dengan tepat.

Bingung untuk cari jasa cuci sofa? Klik Suwun.co.id untuk mencari jawabannya! Anda bisa mendapatkan berbagai jasa profesional sesuai dengan pencarian pada kolom pencarian. Unduh aplikasi Suwun untuk mendapatkan berbagai kemudahan pencarian jasa yang Anda butuhkan!

Artikel yang Direkomendasikan