Cara Memilih Kontraktor yang Baik, Tepat, dan Berkualitas

jasa-kontraktor

Cara memilih kontraktor yang baik memang tidak mudah. Yuk, simak informasi lengkapnya di sini!

Perusahaan kontraktor sekarang ini sangat mudah untuk Anda temukan, namun jasa konstruksi yang berkompeten tidak mudah didapat. Anda perlu memperhatikan hal yang satu ini sebelum menentukan jasa mana yang akan dipilih. Hal yang paling penting untuk Anda perhatikan ialah mulai dari keahlian yang mereka miliki hingga tingkat pengalaman.

Karena, pasti Anda sebagai pemilik rumah ingin mendapatkan bangunan yang sesuai dengan harapan. Apalagi bagi Anda yang mungkin tidak memiliki basic yang cukup dalam hal memahami yang mana jasa terbaik yang bisa dipilih. Meski Anda harus menentukan jasa tersebut dalam jangka waktu singkat, jangan sampai hal buru-buru ini malah menjadi awal yang tidak baik untuk kedepannya.

Persiapan untuk pembangunan rumah dan juga bangunan lain, sebenarnya memakan waktu yang bisa sangat lama. Karena, ada banyak sekali persiapan yang harusnya Anda lakukan agar tidak ada yang namanya pengeluaran darurat dalam jumlah terlalu banyak. Perlu Anda catat, bahwa ada banyak sekali kalangan yang harus menghentikan proses pengerjaan rumah dengan alasan kehabisan dana.

Maka, coba semaksimal mungkin untuk menghindari hal tersebut yang bisa saja terjadi. Meski nantinya Anda diharuskan untuk menyewa jasa arsitektur, tidak masalah jika hal ini menjadi keputusan yang tepat. Kemudian yang terpenting ialah proses pembangunan bisa berjalan dengan maksimal dan sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Memilih Jasa Kontraktor yang Tepat dan Berkualitas:

1. Tentukan Kontraktor Dulu, Baru Kemudian Konsep

Dalam banyak kasus, kontraktor akan bekerja sama dengan beberapa pihak lain seperti desainer interior dan penyuplai material bangunan. Akan lebih efisien jika Anda tahu dan mengenal dari awal siapa anggota ‘tim’ di balik pembangunan rumah impian Anda. Dengan begitu, semua pihak yang terlibat dapat duduk bersama dan merancang segalanya dari awal secara terperinci. Hal ini lebih baik ketimbang Anda terlebih dahulu fokus dengan konsep atau desain sendiri padahal belum tentu pihak yang terlibat nantinya dapat menyanggupi hal tersebut dan membuat Anda harus merevisi kembali segalanya yang berujung terhambatnya proses pengerjaan.

2. Memiliki Legalitas yang Jelas

Salah satu tips memilih kontraktor rumah terbaik adalah cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kontraktor yang hendak Anda gunakan jasanya. Kontraktor yang berkualitas biasanya memiliki situs website atau kantor yang bisa Anda kunjungi. Ketahui badan usaha yang mereka miliki, beserta izin usaha yang masih berlaku.

Kontraktor yang berkualitas biasanya juga menawarkan jasa konsultasi dan memiliki layanan pelanggan yang memuaskan. Dengan demikian pertanyaan ataupun keluhan Anda bisa direspon dengan cepat.

3. Mengenali spesialisasi dari kontraktor tersebut

Merumuskan konsep mendetail memang tidak dianjurkan untuk dilakukan sebelum memperoleh kontraktor yang tepat, namun setidaknya kita miliki ‘gambaran besar’ dari keseluruhan ekspektasi yang kita harapkan dari pengerjaan. Ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam proses memilih kontraktor yang tepat yakni dengan mengenal spesialisasi mereka. Ada yang terkenal pro dalam menggarap proyek minimalis, ada yang terbukti selalu berhasil mewujudkan hunian skandinavian yang cocok untuk situasi di Indonesia. Pilih kontraktor dengan spesialisasi yang sesuai dengan konsep utama hunian impian Anda.

4. Berpengalaman dengan Hasil Kerja Berkualitas

Setelah mengetahui legalitas perusahaannya, tips memilih kontraktor rumah terbaik selanjutnya adalah ketahui proyek-proyek yang sudah pernah mereka kerjakan sebelumnya. Kemudian ketahui hasil kerjanya dengan langsung mengunjungi proyek yang pernah dikerjakannya. Anda bisa melihat kualitas pengerjaan kontraktor dari pemasangan lantai keramik, aplikasi cat dinding, sampai dengan pemasangan pintu dan jendela.

Jika ingin mendapat informasi lebih lengkap, Anda juga bisa bertanya kepada klien kontraktor tersebut. Semakin banyak klien yang memberi rekomendasi positif, maka semakin bagus pula kualitasnya.

5. Penawaran Harga yang Pas

Untuk mengetahui harga yang pas, maka Anda perlu melakukan survei harga pasaran di kota Anda terlebih dahulu. Tidak perlu memilih kontraktor yang mahal, namun hindari juga memilih kontraktor dengan penawaran harga yang sangat murah karena khawatir akan mengorbankan kualitas atau durasi pengerjaan.

Pilihlah kontraktor dengan penawaran harga yang wajar dan disusun dalam rencana anggaran dan biaya (RAB) yang jelas. Dengan demikian Anda bisa berdiskusi dengan kontraktor mengenai rincian biaya agar bisa disesuaikan.

6. Pilih kontraktor yang terikat kontrak resmi dengan Anda

Saat mengadakan perjanjian kedua belah pihak Anda harus memastikan bahwa kontraktor yang Anda pilih terikat kontrak resmi dengan Anda. Kemudian Anda harus merumuskan isi perjanjian dengan kontraktor mengenai pengerjaan proyek, kontrak yang dapat Anda lakukan dapat mengenai waktu pengerjaan, biaya, jenis material, metode pembayaran, dll.

7. Memberikan Garansi

Kontraktor yang baik harus memberikan garansi atas hasil pekerjaannya. Tanyakan kepada kontraktor tersebut apakah mereka menyanggupi jika ada kerusakan pada bangunan, seperti kebocoran atap rumah atau talang air.

Menurut banyak contoh kasus, atap adalah hal yang paling sulit dijangkau pada pemeriksaan akhir. Tentunya memeriksa kebocoran tidak bisa dilakukan saat musim kemarau. Untuk itulah jaminan garansi sangat penting untuk disepakati bersama.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda jadikan pegangan sebelum memilih kontraktor yang tepat untuk wujudkan rumah hunian Anda.

Booking jasa General Contractor atau Pemborong Umum melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan