6 Jenis Bahan Sofa yang Berkualitas dan Sesuai Kebutuhan

jasa-cuci-sofa

Sofa merupakan salah satu furnitur penting dalam sebuah ruangan di rumah. Sofa yang baik bisa dilihat dari segi warna, model serta kualitas bahan pelapisnya. Menentukan sofa untuk dibeli dan digunakan didalam rumah bukan hanya sekedar melihat faktor harga dan keindahan tampilannya saja. Sebab jenis bahan sofa sangat penting untuk kamu perhatikan sebelum membeli.

Jenis bahan sofa tersebut nantinya akan mempengaruhi kenyamanan dan tingkat keawetan sofa yang telah dibeli. Lalu seperti apa jenis bahan sofa yang bisa kamu pilih?

Berikut beberapa jenis bahan sofa yang telah kami rangkum :

1. Sofa Bahan Chenille

Sedang Cari Sofa? 6 Bahan Sofa Yang Bagus Ini Patut Diperhitungkan

Jenis bahan sofa yang pertama ada chenille. Bahan chenille tengah populer di pasaran dan sudah banyak orang yang meletakkan sofa berbahan chenille di rumahnya. Teksturnya yang mirip dengan bahan corduroy terasa sangat halus dan tidak mudah robek.

Pada umumnya, sofa dengan bahan chenille untuk digunakan bergaya klasik. Jenis bahan sofa yang satu ini mendapatkan nama demikian dikarenakan terlihat seperti rajutan dan memiliki tekstur pilinan benang yang cukup tebal. Tapi sayangnya bahan chenille sukar untuk dibersihkan jika terkena noda.

2. Bahan Katun

Bahan yang satu ini menjadi material yang sering kali digunakan pada kebanyakan furnitur salah satunya adalah sebagai lapisan sofa. Sofa yang memiliki bahan katun memiliki tekstur yang halus dan juga lembut, namun meskipun demikian tetap taham lama dan kuat untuk kamu gunakan.

Ingin Sofa Tetap Awet? Coba Pakai Pelapis dari Kain Bekas : Okezone  Lifestyle

Kualitas katun dipengaruhi juga dari kerapatan jalinan benangnya, semakin rapat maka semakin baik juga kualitas katun tersebut. Kelemahan bahan katun, adakah?

Tentu saja ada, jenis bahan sofa yang terbuat dari katun tidak mampu tahan terhadap kusut, api, dan juga tanah. Dikarenakan hal itulah bahan katun pada sofa sering kali dikombinasikan dengan bahan yang lainnya agar mampu menutupi kekurangan yang ada.

3. Bahan Linen

Jika Anda menginginkan jenis bahan sofa yang kuat, tidak mudah robek, tidak mudah pudar, dan lembut maka pilihlah linen sebagai bahan pelapis tempat duduk.

sofa bahan linen - Viku Furniture Bandung

Linen merupakan serat alami yang lebih sulit untuk menyerap tinta dibandingkan dengan jenis bahan yang lainnya. Oleh karena inilah, sofa yang berbahan linen seringkali tampil tanpa motif atau polos. Kekurangannya, jenis bahan yang satu ini dapat kotor dan mengkerut.

4. Bahan Polyester

Selanjutnya ada jenis bahan sofa yang merupakan serat buatan manusia dan tidak tersedia di alam yang bernama polyester.

6 Jenis Bahan Lapisan Sofa | Fabelio ®

Kelebihan dari jenis bahan ini adalah lebih awet, tidak mudah kusut, dan juga tidak mudah sobek. Jenis bahan polyester juga sering kali dikombinasikan dengan jenis bahan yang lain atau disebut sebagai material polyester campuran. Polyester tersebut sering kali dicampur dengan jenis bahan seperti wool dan juga rayon.

5. Bahan Kain Fabric

Selanjutnya ada kain fabric yang merupakan jenis bahan sofa yang cukup banyak digunakan oleh pabrikan. Jenis bahan ini memiliki ciri berupa pori-pori yang cukup besar yang akhirnya kemungkinan untuk dimasuki debu dan hewan kecil dapat terjadi.

Mengenal 10 Bahan Sofa Bed yang Paling Nyaman

Oleh karena itu, jenis bahan ini sangat tidak cocok kamu gunakan jika memiliki masalah berupa gangguan pernafasan akibat paparan debu. Namun, jika kamu masih tetap ingin menggunakan jenis bahan ini, kami menyarankan untuk membersihkan tempat duduk secara rutin minimal satu minggu sekali menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu.

Kelebihan yang dimiliki oleh jenis bahan ini adalah lebih dingin dan sangat nyaman untuk kamu gunakan dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan jenis bahan yang memiliki pori-pori yang lebih besar dari biasanya.

6. Bahan Oscar

Jenis bahan sofa yang terakhir adalah Oscar yang memiliki karakteristik mirip dengan kulit. Kelebihan dari jenis bahan yang satu ini adalah lebih mudah untuk dibersihkan jika terkena tumpahan kotoran. Cukup menggunakan lap basah, setiap noda seperti tumpahan minuman dan debu dapat kamu hilangkan dengan mudah.

Dengan kelebihannya inilah Oscar bisa kamu jadikan pilihan jika memiliki anak-anak yang masih kecil dan sangat aktif bermain. Sehingga saat mereka bermain di dekat sofa dan tidak sengaja menumpahkan kotoran dapat dibersihkan dengan mudah.

sofa bandung bahan oscar - Viku Furniture Bandung

Namun disamping kelebihan yang dimilikinya, jenis bahan yang satu ini tidak terlalu nyaman untuk digunakan untuk duduk dalam waktu yang relatif lama. Sebab Oscar tidak memiliki pori-pori, sehingga akan terasa panas jika digunakan dalam waktu yang lama.

Demikianlah ke enam jenis bahan untuk tempat duduk di sebuah ruangan. Pilihlah kain sofa yang sesuai dengan kebutuhan atau konsep ruangan di rumah kamu. Apakah anda sedang mencari jasa Cuci Sofa ?

Artikel yang Direkomendasikan

Promo April Suwun 2022 untuk Area Jabodetabek

promo-suwun-april